Monday 26 May 2014


Mungkin ini sudah sangat terlambat untuk mengatakan ini, tapi aku ingin mengatakan bahwa blog ini sudah berjalan 1 tahun semenjak blog ini resmi di launching pada tanggal 5 Mei 2013 \(´▽`)/.

FAN48

Mungkin banyak yang penasaran kenapa blog ini dinamakan FAN48BACKUP. Karena dari awal blog ini memang berasal dari fanpage facebook yang bernama FAN48. Kenapa dinamakan FAN48? entahlah sejujurnya tidak ada seorangpun yang mengetahui tentang hal ini. mungkin hanya penciptanya dan Tuhan yang tahu. ( ´(oo)`)


Tapi bagaimanapun juga fanpage FAN48 pada akhirnya didirikan pada tanggal 17 desember 2012 (yang sengaja) bertepatan dengan tanggal resmi ulang tahun pertama JKT48 yang ke-1. dan kemudian proyek ini diperluas dengan membentuk akun twitter resmi @officialfan48 pada tanggal 16 desember 2013.

Kenapa dinamakan FAN48BACKUP? 

Pada awalnya blog ini didirikan adalah untuk (back up data) mengumpulkan semua tulisan yang sudah pernah dipublikasikan di fanpage FAN48. Oleh karena itu jika kalian mengikuti blog ini sejak awal, maka pada isi posting awal blog ini pada akhir tulisannya akan terdapat tautan link facebook yang merupakan tempat post itu ditulis. Namun bagaimanapun juga proyek ini tidak berhasil dijalankan karena deadline post yang semakin banyak di hari-hari selanjutnya. forget it ┐(´_`)┌

Pada perkembangan selanjutnya, seiring berjalannya waktu aku menyadari bahwa mempublikasikan tulisan melalui blog jauh lebih mudah dan praktis daripada melalui facebook. Apalagi tulisan yang di posting di blog dapat lebih mudah dicari di internet sehingga lebih banyak dibaca oleh lebih banyak orang daripada melalui facebook saja.

Selain itu FAN48 sejak awal memang didirikan untuk menjadi wadah untuk mengumpulkan berita tentang J-idol. Hal ini memang sengaja dilakukan karena pada masa itu masih belum ada portal berita yang lebih fokus membahas dunia J-Pop Idol, atau meskipun ada beberapa blog yang membahasnya tetapi tidak ada yang benar-benar spesifik membahas tentang itu. Untuk itulah kenapa aku juga tertarik untuk memberitakan berita tentang Idol Group selain Grup 48 saja. Well, setidaknya aku berharap lewat blog ini bisa membuka mata para (orang yang dengan bangganya menyebut dirinya) wota di indonesia bahwa idol group itu bukan hanya tentang AKB48G saja! Oleh karena itu aku senang karena saat ini di indonesia sudah mulai banyak portal media / blog yang mau mengangkat artikel tentang dunia J-POP Idol.

Pada awalnya FAN48 dibentuk dengan konsep seperti "klipping" atau sebagai tempat untuk mengumpulkan segala berita yang telah di publikasikan di media internet ke dalam satu posting utama. dengan begitu akan lebih mudah untuk membaca satu berita tersebut. namun dalam perjalanannya aku lebih suka mengangkat artikel yang belum pernah dibicarakan sebelumnya, walaupun kedengarannya ini adalah suatu hal yang asing, tapi ini adalah cara terbaik untuk menghasilkan berita yang original.

Untuk itulah blog ini ditulis dalam bahasa indonesia, sebetulnya lebih mudah untuk menuliskan berita ini dengan bahasa inggris, dan membuat blog ini bisa dibaca lebih luas oleh para netizen di seluruh dunia. Tapi aku pikir bukan itulah tujuan yang terutama, justru dengan menuliskan dalam bahasa indonesia. Aku berharap agar bahasa indonesia bisa lebih menonjol di dunia internasional. 

Hingga hari ini aku berharap masih bisa terus menulis di FAN48 walaupun sepertinya hal ini akan semakin sulit, karena semakin sibuknya aku di di kehidupan sehari-hari. oleh karena itu aku mulai berpikir untuk merekrut orang baru untuk menulis disini, jadi jika kalian memiliki visi yang sama denganku dan tertarik menulis di blog ini, kalian bisa meminta informasi lebih lanjut di kolom komentar dibawah ini, di twitter ataupun di facebook (via message)



-lee-

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^