Friday 21 November 2014



Dengan perkembangan dunia idola Jepang yang semakin jenuh selama 3 dekade terakhir ini, tidak mengherankan bahwa kultur fans idol juga menjadi sangat beragam dan bahkan rumit untuk mata orang awam. Hello! Project adalah salah satu grup yang telah ada sejak lama dan masih tetap eksis di pasar idola Jepang memiliki skema golongan fans yang luas. Mari kita lihat berbagai tipe fans yang ada.


Fans Kasual  (Fans Iseng)

Pada dasarnya istilah ini mengarah kepada orang yang menunjukkan sedikit minat pada seorang idola atau grup karena hal popularitas atau trend. 

Tipe fans ini biasanya tertarik dengan sang idola karena melakukan penelusuran di forum-forum ataupun secara iseng melakukan browsing di internet. Orang yang berada di golongan ini kemungkinan akan membeli sebuah CD ataupun sekedar mendownload satu atau dua lagu digital yang mereka sukai, tetapi kebanyakan mereka cuma akan berhenti di tahap ini dan segera pergi ketika mereka mendapati sesuatu yang menarik lainnya. 

Mereka mungkin akan kembali lagi (menjadi fans) di lain waktu ketika mereka menjumpai lagu lain yang menarik perhatian mereka. Di dunia Barat, Golongan orang ini dikenal sebagai Bandwagoner (Ikut-Ikutan). Meskipun banyak orang dari tipe ini yang berhenti sebagai fans setelah popularitas sang idola menurun, tetapi tidak jarang juga para fans kasual ini pada akhirnya menunjukkan peningkatan minat di mana mereka kemudian maju ke tingkat fans selanjutnya.


Tipikal H!P Wota

Kebanyakan fans berada dalam kategori ini. Orang-orang yang mengabdikan sebagian dari kehidupan sehari-hari mereka untuk mendukung idola mereka secara mental dan/atau finansial. Pada umumnya fans Hello! Project akan membuat diri mereka tetap up-to-date melalui banyak sumber daya online resmi yang tersedia serta menghadiri konser dan acara bila memungkinkan. Berikut ini adalah tiga sub-tipe tersebut:

Wota Acara
Ini adalah Tipe orang yang kebahagian utama dalam hidupnya adalah untuk menghadiri konser dan acara lainnya. Mereka mendefinisikan tingkat pengabdian mereka melalui berapa banyak acara yang mereka hadiri sepanjang tahunnya. Melihat idola mereka secara nyata adalah bagian hidup mereka. 

Wota Kontak
Ketika melihat gadis-gadis mereka secara langsung rasanya tidaklah cukup. Maka fans akan menghadiri langsung acara seperti event jabat tangan dan acara yang melibatkan interaksi tinggi lainnya seperti wisata klub penggemar. Kontak fisik dengan idol adalah apa yang mereka perjuangkan. Mereka ingin keberadaan mereka diakui oleh idola mereka.

Wota Rumahan
Fans yang jarang berani terlibat langsung untuk melihat idola mereka, kemungkinan besar karena kendala waktu atau alasan pribadi lainnya. Mereka menunjukkan dukungan mereka dengan membeli CD dan merchandise secara teratur.


Sementara wota dibagi menjadi 3 jenis utama yang di atas, orang yang berada di tipe ini masih bisa didefinisikan menjadi kategori lainnya yang berhubungan dengan selera mereka terhadap sang idola.


DD

DD atau Dare-demo Daisuki (誰 で も 大好 き), secara harfiah berarti orang yang menyukai semua orang. Sederhananya, jika anda adalah seorang idola, Wota ini akan menunjukkan ketertarikannya bagi anda.

Hako Oshi (箱 推 し)
Secara harfiah diterjemahkan sebagai Kotak Supporter. Kotak dimana kotak itu sendiri ada di dalam suatu grup. Sebagai contoh, jika ada seseorang yang merupakan S/mileage hako oshi maka dia adalah seorang fans yang menyukai semua orang yang ada di dalam grup S/mileage. Orang yang menyukai sebagian besar member grup juga dimasukkan di dalam kategori ini.

Cross Groups (Lintas Grup)
Orang yang menyukai sebagian besar member dari beberapa grup termasuk dalam kategori ini. Pada kenyataannya, isitilah inilah yang banyak digunakan oleh para fans Hello! Project. Jika kalian berpikir tentang hal itu, itu membuatnya menjadi masuk akal mengapa Up-Front seringkali mengadakan acara tahunan konser tour Hello! Project dan memiliki Hello! Project TV dan acara online. Karena disana seringkali ada interaksi antara member grup H!P yang berbeda, jadi sangat mudah untuk memicu minat fans untuk mencoba tindakan lainnya di dalam payung H!P.

Kids/Berikyuu Wota
Penggemar Hello! Project Kids atau Berryz Koubou dan C-ute.

Eggs Wota
Fans dari mantan member Hello! Project Eggs yang telah memulai debutnya, terutama para fans S/mileage dan Juice=Juice.

Kenshuusei Wota
Fans dari Hello! Project kenshuusei (研修 生 (Nama Team Trainee Idol untuk grup H!P), kebanyakan orang yang berada di golongan ini adalah mantan fans Hello! Project Eggs.

__ki Wota
__ki 期 atau wota generasi (ke-**), ini mengacu pada para fans Morning Musume yang menyukai member Morning Musume dari generasi tertentu. Untuk tingkat yang lebih kecil, ini juga dapat diterapkan untuk setiap grup yang menggunakan sistem generasi, seperti S/mileage.

Hal ini juga memungkinkan bagi seseorang untuk menjadi DD terhadap grup yang bukan dari Hello! Project dan kepada grup idola lain yang berasal dari perusahaan lainnya (Cross Company DD). 
Meskipun di Jepang, hal ini juga bukanlah sesuatu yang disukai karena ini menunjukkan bahwa orang itu tidak memiliki loyalitas kepada para idola mereka dan perusahaan yang mereka hormati. 
Mereka yang berani untuk melakukan "DD lintas perusahaan" biasanya menyimpan fakta itu untuk diri mereka sendiri atau menghindari menyebutkan itu kepada sesama teman Wota mereka. Orang yang melakukan DD lintas perusahaan biasanya orang itu lebih cenderung untuk menjadi fans kasual yang berpura-pura menjadi wota hardcore (wota yang berusaha keras untuk menyatakan kesetiaan dia terhadap seorang idola atau suatu grup tertentu).


Hitosuji (一筋)

Sebuah istilah yang dipopulerkan oleh Michishige Sayumi, arti dari Hitosuji adalah mengabdikan (*inggris: devoted). Fans yang mampu memfokuskan sebagian besar energi mereka pada satu idola tertentu seringkali akan bangga karena menjadi hitosuji. Para Idola seperti Michishige Sayumi dan Tsungunaga Momoko dikenal sebagai orang yang menginginkan perhatian dan kedua orang ini sebelumnya pernah menyebutkan bahwa mereka lebih menyukai fans mereka hanya memberikan perhatiannya kepada mereka saja. Meskipun demikian, kedua idola ini cuma sekedar menyebutkan ini secara santai dan tidak pernah bermaksud untuk menjauhi orang yang tidak mengabdikan diri sepenuhnya untuk salah satu dari mereka. Kebanyakan idol akan berterima kasih kepada setiap fans walaupun tanpa pengabdian sekalipun tetapi kebanyakan idol akan bahagia jika ada fans yang menjadi hitosuji.

Michishige Hitosuji
Secara harfiah berarti, mengikuti Michishige sepenuhnya.

Otomomochi
Sebuah permainan kata dari Otomodachi (お 友 達) (yang berarti teman kesayangan) dan julukan Tsugunaga Momoko, Momochi. Otomo + mochi, alias, Teman Momochi.

Darling
Sebutan untuk fans Iikubo Haruna. Karena Iikubo mengambil warna Madu sebagai warna member dia, dia ingin membangun hubungan yang lebih dekat dengan fansnya dengan menyebut mereka sebagai Darling, sementara dia menjadikan dirinya sebagai "Madu" untuk semua orang.

Itsumen (い つ め ん)
Yang berarti anggota yang biasanya, adalah sebutan untuk fans Katsuta Rina. Kata Itsumen adalah singkatan dari "Itsumo no member (い つ も の メ ン バ ー)", yang secara harfiah memiliki arti "anggota yang biasanya atau anggota tetap". Ini adalah istilah yang digunakan terutama oleh siswa SMA Jepang ketika membicarakan tentang kelompok teman-teman bermain mereka yang biasanya. Rinapu sering menggunakan istilah ini di blog-nya saat sedang membicarakan mengenai teman-temannya di sekolah. Para wota yang ingin merasa lebih dekat dengan dia mengambil kata itu untuk diri mereka sendiri.

Bakuwara Friend.
Istilah lain untuk Rinapu wotas. Bakuwara (ば く わ ら) secara harfiah berarti LMAO (ngakak keras). Bakuwara juga merupakan istilah slang yang sering digunakan oleh siswa SMA di Jepang dan Rinapu pernah menggunakan itu di blog-nya pada tahun 2012. Jadi fans dia juga dikenal sebagai Bakuwara Friend.


Selain Itu

Selain dari tipe yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak bentuk lain dari kelompok fans yang kurang pas jika harus dikategorikan menurut kelompok di atas.
Fans Old School
Para wotas yang lebih menyukai dan tetap bertahan kepada member OG (old generation/generasi awal) favorit mereka bahkan setelah mereka lulus dari Hello! Project atau setelah meningalkan bisnis hiburan. Mereka yang memiliki idola favorit yang telah dipindah ke klub M-Line akan dengan mudah beralih ke M-Line bersama dengan idola-idola mereka. Saya menyebutkan grup ini di sini karena jauh di dalam hati mereka, karena secara keseluruhan mereka masih memiliki minat atau memiliki perasaan nostalgia untuk Hello! Project, selalu mengingat kejadian di masa lalu ketika idola favorit mereka masih menjadi member.

Ex-fans
Kebanyakan fans berhenti dari fandom ini karena beberapa hal seperti kelulusan idola favorit mereka dari H!P ataupun mereka yang baru saja kehilangan minat pada grup H!P dan/atau para idolnya. Terkadang mereka masih tetap ngumpul di sekitar komunitas fans yang menginginkan hal yang lebih, namun tidak mampu merasakan kepuasan dikarenakan gadis favorit mereka sudah tidak ada lagi disana.

T-O
T-O atau Top wOta, adalah orang yang unggul dalam pengetahuan tentang idol dan/atau dapat sering ditemukan di berbagai acara. Banyak fans dari golongan ini membanggakan diri mereka sebagai orang yang paling menonjol ketika datang untuk mendukung idola mereka. Beberapa orang "memberikan gelar" ini untuk fans yang terlalu banyak memamerkan diri.

Antis
Pembenci grup atau idola tertentu. Fans yang blak-blakan, biasanya para hitosuji atau hako oshi yang memiliki ketidaksukaan yang kuat terhadap para idol yang tidak mereka minati. Sebagian besar kegiatan mereka dilakukan secara online, sangat jarang bahwa hal itu terjadi dalam kehidupan secara nyata. Tindakkan paling parah yang dilakukan oleh mereka adalah pada saat seseorang Antis sengaja melewati para idola yang tidak mereka minati di acara handshake.

Wota-Wota
Wota dari Wota lainnya; Fans dari fans lainnya. Biasanya ini adalah ciri-ciri anak cowok muda yang menghadiri acara idola hanya untuk menemui wota cewek. Karena alasan ini, kebanyakan besar orang yang digolongkan sebagai Wota-Wota adalah fans idola kasual. Beberapa bahkan menyebut mereka sebagai fans palsu oleh para wota lainnya. Pada umumnya wota-wotas adalah orang yang berkecil hati.

Meiwaku (迷惑)
Yang berarti pembuat masalah. Fans yang mencoba terlalu keras untuk mendapatkan perhatian dengan berteriak atau menjerit terlalu keras, melakukan chant secara tidak sinkron, berteriak atau melompat untuk mengganggu orang di atas panggung (terutama saat MC), dan tindakan mengganggu lainnya. Perilaku Meiwaku tidak hanya terbatas pada saat acara event saja. Melakukan fitnah di dunia online atau membuat trending terhadap klaim palsu juga dapat dianggap sebagai meiwaku (contohnya insiden Yakiniku S/mileage).


Fans Overseas

Jika kamu sedang membaca blog ini, kemungkinan besar kalian berada di golongan ini. Tidak seperti fans Jepang, para fans yang tinggal di luar Jepang terdiri dari banyak etnis dan budaya. Namun satu hal bisa saling berbagi diantara kita yaitu kecintaan kita untuk Hello! Project.

Crusader
Keberuntungan tidak berada di pihak kita, sangat sulit bagi fans luar negeri untuk menghadiri acara H!P karena perbedaan geologi. Namun, hal ini tidak menghentikan banyak orang untuk terbang ke Jepang untuk menemui idola mereka. Seorang Crusader sangat dihargai di mata para fans Jepang karena usaha keras yang mereka lakukan dengan perjalanan melalui darat dan laut hanya untuk melakukan interaksi beberapa saat dengan idola favorit mereka.

Collector
Mereka yang puas hanya dengan mengumpulkan CD, foto dan barang-barang dari idola-idola mereka. Mereka menghindar untuk meninggalkan zona kenyamanan mereka dengan tinggal di negara asal mereka, dan sangat-sangat berharap agar idola mereka suatu hari dapat datang ke kota mereka. Sebuah keberuntungan bagi para fans yang tinggal di negara-negara tertentu dari Asia, Amerika dan Eropa dimana keinginan mereka menjadi kenyataan, tetapi kebanyakan fans masih terus menunggu itu. Seorang kolektor lebih akan menghabiskan sebagian besar pendapatan mereka untuk membeli barang-barang daripada proaktif menyimpan uang itu untuk perjalanan ke Jepang dan melihat idola mereka. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, seorang kolektor menjual kembali sebagian atau seluruh koleksi mereka untuk mendanai perjalanan ke Jepang.

Omong Besar
Orang yang berbicara secara tegas dan keras di internet tentang cinta indah mereka untuk para idol meskipun dia tidak benar-benar mendukung para idol itu secara fisik ataupun finansial, walaupun mereka seharusnya mampu melakukan itu. Jadi hal yang mereka bisa lakukan hanyalah: Mengeluhkan mengenai penjualan single yang sedikit meskipun dirinya bahkan tidak turut membeli kopian single tersebut.

Selain dari tipe yang diatas juga ada jenis yang lebih spesifik mengenai definisi fans tergantung pada variabelnya, tapi saya hanya akan menuliskan hal ini saja untuk kalian untuk saat ini.

Tipe fans seperti apakah kamu?



Admin Notes!


Saya tidak menjamin jika klasifikasi fans ini benar, saya hanya tertarik dengan istilah-istilahnya. ^_^

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^