Friday 10 October 2014

Sepertinya sudah lama aku tidak pernah menuliskan posting tentang ini, jadi hari ini kita akan membahas lagu coupling dari single ke-7 JKT48, ehh single ke-19 AKB48 ding, "Kurumi to Dialogue". Sebenarnya aku sudah lama ingin memposting tentang ini, tapi aku tidak menyangka jika JKT48 juga berani merilis lagu semacam ini di dalam single mereka.

*catatan: Lirik disini bukanlah lirik resmi lagu versi JKT48, tapi sudut pembahasan lain dari makna lagu AKB48 (mungkin agak sedikit berbeda dengan terjemahan dari stage48)



"Kurumi to Dialog" (Dialogue Dengan Kenari)
(dari: Single ke-19 AKB48 - Chance no Junban)

lirik: Akimoto Yasushi
musik: PJ, aransemen: Muto Seiji
sudut pandang: wanita
tema: Lagu sexy

    Apa yang ingin kamu lakukan?

    Setelah kamu memecahkan kenari, yang keras kulitnya itu
    Apakah yang ada di dalamnya?
    Jika aku membuka hatiku
    Apakah aku harus memahami
    Yang akan terjadi selanjutnya, begitu?

    Do! Do!…Do! Do!

    Saat mata kita bertemu,
    Entah kenapa, aku bisa merasakan sesuatu
    Bahkan meskipun kamu berusaha menghapus sinyal itu.
    Aku masih bisa merasakan detak jantungmu
    Walaupun kamu berada di tempat
    Yang sedikit jauh dariku
    Dan kamu berusaha tidak menunjukkan itu sama sekali
    cool

    Apa yang harus aku lakukan?

    Setelah kamu memecahkan kulit kenari itu
    Aku bisa mendengar
    Sebuah suara yang terkurung...
    Setelah kamu mengetahui kebenarannya
    Kamu tidak bisa kembali lagi, yah kan?

    Non! Non! ... Non! Non!

    Digenggam oleh tanganmu,
    Dipermainkan dengan perlahan-lahan,
    Aku mulai bangkit dan berteriak
    Seolah-olah cinta itu berayunan.
    Aku tidak perduli lagi,
    Jika kamu menggunakan sedikit paksaan
    Aku benar-benar tidak bisa menolaknya

    Yes! Yes!…Yes! Yes!

    Apa yang mau kamu lakukan?

    Merahasiakan ini dari papa dan mama
    Mereka sudah memberitahuku tidak boleh melakukan itu
    Ini hanya boleh jika itu hanya sekedar mimpi,
    Tapi bisakah aku menghancurkannya?

    Do! Do!…Do! Do!

    Apa yang harus aku lakukan?

    Setelah kamu memecahkan kulit kenari itu
    Ini adalah permulaan dari
    Moral yang hancur
    Perbuatan yang lebih bodoh daripada Adam dan Hawa
    Tapi entah kenapa aku ingin melakukannya

    Setelah kamu memecahkan kenari, yang keras kulitnya itu
    Apakah yang ada di dalamnya?
    Jika aku membuka hatiku
    Hal yang terlarang itu memang lezat

    Do! Do!…Do! Do!
    Do! Do!…Do! Do!

Komentar

Ini adalah salah satu lagu AKB48 yang menarik untuk di dengarkan. Effect sound vocal yang ditambahkan di track lagu ini membuat lagu ini terkesan "deep" dan "dark" ketika di dengarkan. Hal terbaik dari lagu ini menurutku adalah lirik lagunya yang walaupun membahas sesuatu yang sensitif tapi tidak vulgar. Untuk makna lirik lagu ini, kita bisa mengetahui dengan jelas bahwa ini adalah lagu yang menceritakan tentang "hilangnya keperawanan", Agak menarik juga, Aki-P mengambil kata metafora tentang itu dengan kata "memecahkan buah kenari",  sementara di indonesia, istilah ini malah dikenal dengan "Belah Duren". Buah Kenari memang salah satu buah yang dikenal memiliki kulit yang keras, untuk bisa menikmati isinya, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menghancurkan kulit luarnya, untuk bisa menikmati isi dagingnya yang lembut.

Di single terbaru JKT48 yang ke-7 ini, lagu ini juga dimasukkan sebagai track coupling single. Ada perasaan kagum juga, bahwa JKT48 menyanyikan lagu ini dalam versi indonesia! Awalnya aku pikir akan menjadi sesuatu yang heboh, tapi ternyata tidak juga. Lagipula, JKT48 sudah pernah menyanyikan lagu bertema "keperawanan" seperti "Virgin Love" di lagu theater terakhir mereka. Di PV AKB48 sendiri lagu ini juga bertemakan tentang "godaan" walaupun bukan tentang hal seksual, tapi menariknya diceritakan bahwa semua membernya jatuh terhadap godaan tersebut


About Song:

Ini adalah lagu yang menceritakan pertemuan seseorang cewek dengan cowoknya yang selanjutnya kita ketahui bahwa si cewek sengaja "main api" dengan pacarnya. Awalnya mungkin dia berpikir hanya sekedar menggoda cowoknya untuk berbuat nekat walaupun si cowok tidak berniat melakukan itu, akan tetapi pada akhirnya dia sendiri yang malah kehilangan kendali dan berakhir dengan hubungan seks. ada bagian lagu yang mengatakan "Setelah kamu mengetahui kebenarannya, Kamu tidak bisa kembali lagi, yah kan?". Ini berarti walaupun si cewek ini sadar dengan resiko yang akan terjadi akibat melakukan itu dan tidak ada cara untuk kembali lagi tapi dia pada akhirnya memilih untuk tenggelam dalam nafsunya.

Miris, tapi yah memang seperti ini kan realitas gaya berpacaran anak jaman sekarang? hmm..... "Hal yang terlarang itu memang lezat".


http://media.firebox.com/pic/p2170ex2.gif

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^