Tuesday 12 March 2013

-Untuk para fans, menonton JKT48 seperti mendukung tim olahraga favorit mereka. Mereka melakukan chant, berteriak, menari dan melakukan hal bodoh dengan semua orang pada umumnya, tetapi di dalam teater, mereka bebas melakukan apa saja. (Foto milik dari jkt48.com).-

Saya lebih suka mengalami sesuatu oleh diriku sendiri sebelum memberi penilaian atas segala hal. Saya tidak mempercayai apa yang orang katakan sampai aku langsung mengalaminnya sendiri. Saya sudah mendengarkan album Justin Bieber dan berulang kali mendengarkan "Fifty Shades of Grey," jadi saya tahu bahwa kedua item ini adalah industri pulp yang terbaik. Saya tidak akan mengatakan mereka adalah sampah - karena rasa adalah masalah pribadi - tetapi jika seseorang meminta pendapat atas mereka kepada saya, saya akan memberikan kepada mereka sebuah ekspresi wajah yang berteriak "Apakah kamu lagi ngelawak?"

Seperti halnya aku yang menjalani umur pertengahan dua puluhan, mungkin aku sudah terlalu tua untuk mendapatkan hype seputar fenomena pop Asia yang terbaru . Saya tidak mengerti tentang K-Pop, J-Rock atau genre musik lainnya yang dilengkapi dengan huruf yang ditulis dengan tanda penghubung. Jadi jangan berbicara kepada saya tentang Super Junior atau Girls 'Generation. Grup pop Asia yang saya tahu hanyalah F4, sebuah sensasi boyband lama dari Taiwan yang pernah mengusai isi benua di awal 2000-an. Dari SMA saat tinggal di rumah ibuku, mereka tahu tentang F4, tapi Tuhan tahu apa yang terjadi pada kuartet personel berambut panjang dari Formosa semenjak saat itu.

Karena pengetahuan saya di industri pop Asia sedikit hampi tidak ada, saya tertarik ketika seorang teman mengajak saya untuk menonton JKT48 teater di sebuah pusat perbelanjaan di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Aku pernah mendengar tentang JKT 48 sebelumnya, sekelompok gadis remaja yang bernyanyi dan menari secara bersama-sama dan telah menarik sebuah kultus yang mengikutinya di sini. JKT48 dibentuk setelah sister groupnya di Jepang AKB48 memperoleh kesuksesan komersial. Singkatnya, aku pernah melihat di TV dan JKT48, terus terang, aku tidak bisa memahami bagaimana semua orang akan menyebut apa yang mereka lakukan sebagai suatu seni.

Meskipun demikian, aku berkata ya untuk undangannya - hanya untuk bertujuan mengamati. Aku tiba di teater 1,5 jam lebih awal dari acara yang dijadwalkan dan menemukan antrian sekitar 50 orang. Teman saya mengatakan kerumunan ini agak sedikit karena acara ini ada di hari Kamis dan itu adalah waktunya tim cadangan, atau (bukan) Tim J sebagaimana yang disebutkan, yang ditampilkan.

Jadi kelompok ini memiliki tim-B? Aku merasa agak lucu. Saya pikir hanya tim olahraga memiliki tim cadangan, namun untuk sebuah grup musik? Saya diberitahu bahwa tim pemulanya adalah kelompok kedua dari grup ini. dan sementara mereka tidak pada tingkat yang sama seperti senior mereka, mereka sebenarnya cukup memberikan hiburan.

Wikipedia mengatakan bahwa awalnya AKB48 memiliki empat tim yang berbeda, sehingga mereka dapat tampil secara terpisah di tempat yang berbeda. Saya pikir itu jenius. Kenapa tidak Mick Jagger dan Keith Richards melakukan ini? Mengatur Rolling Stones A dan B Rolling Stones, dan masalah penjadwalan ini dapat dipecahkan.

Saya telah diperingatkan sebelum memasuki teater bahwa penggemar JKT48 adalah salah satu penggemar musik yang paling gila. Saya berhasil selamat dari sebuah moshpit di sebuah acara metal, tapi bagaimana bisa ini dapat dilakukan fans pop?

Sebagian besar dari para fans adalah laki-laki. Beberapa dari mereka adalah remaja, beberapa orang adalah dewasa muda. Wanita adalah minoritas di antara kerumunan ini. Para fans ini dikenal sebagai Wota, pengikut setia atas grup idola. Mereka bernyanyi, menari, bertepuk tangan, mengayunkan-lengannya (kecha), chant, segala hal yang sepasang tangan dapat digerakkan untuk melakukannya, selama pertunjukan. Rangkaian gerakan tarian ini dikenal sebagai wotagei.

Beberapa wotas memiliki lightstick dengan mereka itu bagaikan semacam alat pentas ketika mereka melakukan tarian itu. Beberapa dari mereka mengenakan kaos sepak bola dengan nomor 48 di punggung mereka dan nama #kakidol favorit mereka (atau Oshi, sebagaimana mereka mengenalnya) di dalamnya.

Penggemar musik yang berbeda memiliki cara yang berbeda untuk mengaktualisasikan diri dalam konser. Metal melakukan moshpits (angguk-angguk) kepala, fans hip-hop mengangkat tangan mereka di udara, pecinta jazz menggelengkan kepala mereka seperti mereka sedang berada di semacam kebingungan, tapi cara wotas mengekspresikan diri mereka JKT48 teater lebih menyerupai penggemar sepak bola daripada penonton konser.

Setiap kali salah satu idola "bernyanyi" solo, wotas menempatkan diri mereka dan melakukan chant dengan nama #kakidol yang terdengar lebih seperti nyanyian teras sepakbola daripada jeritan remaja dalam sebuah konser pop. Roll Calls (panggilan bergiliran) yang berlangsung dari atas ke bawah, tergantung pada siapa yang mendapatkan sorotan. Kadang-kadang ada teriakan panjang "oi oi oi!" yang saya percaya tidak ada hubungannya dengan budaya punk. Sebagai seseorang yang menonton sepak bola secara teratur, saya harus mengakui bahwa saya sedikit terintimidasi.

Apa yang saya sadari kemudian adalah bahwa hiburan terbesar ini datang dari para penggemarnya bukan dari kelompok itu sendiri. Mungkin aku mempunyai sebuah rasa yang berbeda, tapi sulit untuk aku tidak merasa geli oleh sekelompok 16 gadis remaja yang melakukan lip-syncing dan menari dengan gaun mewah selama 2 jam. Pujian untuk mereka, aku cukup yakin mereka bekerja keras setiap hari, tapi saya tidak berpikir sesuatu ini cukup setara dengan olok-olok ringan adalah secangkir teh saya.

Kritik mengatakan bahwa jenis idola grup ini cenderung menyimpang mempertimbangkan atas penampilan gadis-gadis remaja ini dan penonton yang didominasi laki-laki. Saya mencoba untuk tidak masuk lebih lanjut kedalam kerusakan moral, tapi aku ada di sebuah horor setelah mencari tahu bahwa oshi saya - yang saya enggan untuk memilihnya setelah seorang teman mendesak saya untuk melakukannya - hanyalah berusia 15 tahun?

Bagaimana masyarakat bereaksi jika saya mengidolakan seorang gadis remaja yang 10 tahun lebih muda dari saya dan melihat dia di atas panggung dengan tingkat antusiasme tertentu? Dia bahkan tidak berada di usia dewasa.

Saya masih belum menangkap hype dari grup idola ini, tapi sekarang aku mengerti alasan di balik fandom yang tumbuh dengan cepat. Untuk para wotas, menonton JKT48 seperti mendukung tim olahraga favorit mereka. Mereka melakukan chant, berteriak, menari dan melakukan hal bodoh dengan semua orang pada umumnya, tetapi di dalam teater, mereka bebas melakukan apa saja.

Dengan alasan itu saja, saya akan mengatakan ya jika seseorang mengajak saya untuk pergi ke JKT48 theater lagi.

source: thejakartaglobe

ps: sebagai tambahan, aku menambahkan isi twit dari sang penulis:

"@pangeransiahaan: From now on, i shall stop writing football and switch to JKT48 instead."

-uhukk.... suka*cough*tapi*cough*masih*cough*idealis*cough*(y)- buat yang sering nonton bola, you know lah siapa dia. 


by: FAN48

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^