Tuesday 21 January 2014

JKT48 tampilkan setlist baru, "Demi Seseorang"


Team J
yang merupakan tim utama Grup Idola JKT48 menampilkan setlist baru berjudul Dareka no Tame ni atau Demi Seseorang yang ditampilkan perdana di Teater JKT48 di FX Senayan, Jakarta. Pertunjukan ini selanjutnya akan ditampilkan secara reguler di JKT48 Theater.


Sebagai sister idol group dari AKB48 di Jepang, tentu saja setlist baru JKT48 itu tak lepas dari langkah yang telah dilakukan AKB48. Setlist ini sebelumnya juga dibawakan oleh Team A di AKB48 dan Team N di NMB48, di Jepang.

Berbeda dengan pertunjukan JKT48 sebelumnya, setlist ini mempertontonkan 14 lagu, termasuk 1 lagu medley beberapa lagu. Setlist ketiga JKT48 itu memiliki beragam variasi lagu, mulai dari yang bernada ceria, imut, sampai lagu bernuansa sedih. Bahkan, ada juga satu nada lagu dengan monolog panjang dari salah satu anggotanya.

Saat membawakan lagu pertama hingga ketiga pada setlist baru itu, Team J JKT48 mengenakan kostum berwarna biru dengan paduan bot berwarna hitam. Pada lagu berikutnya mereka mengganti kostum sesuai dengan variasi lagu yang dibawakan.

Berikut susunan lagu setlist "Dareka no Tame ni - Demi Seseorang":

1. Tsukimisou
2. Warning
3. Tanjoubi no Yoru - Malam Ulang Tahun
4. Bird
5. Nage Kissu de Uchi Otose - Jatuhkan Dengan Kiss Bye
6. Shinkirou - Khayalan
7. Rider
8. Seifukuga Jamawo Suru - Seragam Ini Sangat Mengganggu
9. Natsugalcchatta - Summer Has Gone
10. Koike - Adyth
11. Tsuki no Katachi - Bentuk Sang Rembulan
12. Dareka no Tame ni - Demi Seseorang
13. Medley
14. Namida Uri no Shoujo - Gadis Penjual Air Mata


Dalam membawakan lagu pertama hingga ketiga, JKT48 Team J mengenakan kostum berwarna biru dengan paduan boot berwarna hitam. Pada lagu berikutnya mereka mengganti kostum sesuai dengan variasi lagu yang dibawakan.

source: antaranews

Lagu di setlist baru JKT48 lebih bervariasi



Grup Idola JKT48 Team J menampilkan lagu-lagu yang lebih bervariasi dalam setlist terbaru berjudul "Dareka\ no Tame ni - Demi Seseorang". Di setlist terbarunya, Variasi lagu yang ditampilkan adalah ceria, imut dan sedih yang menuntut perubahan beragam ekspresi. Para anggotanya mengaku lebih tertantang dalam membawakan masing-masing lagu.

JKT48 memang dituntut harus lebih ekspresif sehingga semua member pun harus lebih banyak bergerak. Bahkan, menurut salah satu personelnya, Beby, setlist ketiga ini bisa bikin orang cepat kurus.  “Setlist baru artinya naik satu tingkat lagi. Setlist ini benar-benar berkeringat dan bikin kurus. Harapannya aku nggak mau kurus,” ujar Beby.

Sementara Beby enggan punya tubuh yang kelewat kurus, Haruka yang notabene personel asli Jepang ini malah senang dengan setlist ketiga yang bisa membuat tubuhnya lebih langsing. "Aku latihannya telat empat hari karena ada syuting TV di Jepang. Tapi nyanyinya susah. Tapi aku suka soalnya jadi bisa kurus,"  katanya.

Setlist ketiga yang terdiri dari 14 lagu ini sepertinya cukup membuat para member JKT48 kewalahan, mulai dari persiapan hingga saat tampil di konser mereka. Banyak kesulitan yang harus dihadapi personel idol grup tersebut, tapi bagaimanapun juga mereka tetap senang dan berusaha sebaik mungkin demi para fans. Melody bahkan khawatir penampilan pertamanya membawakan setlist baru ini tidak bisa maksimal. "Deg-degan, shonichi-nya bakal bagus apa nggak. Tiap hari latihan, lagi ujian dibela-belain buat latihan," kata Melody.

"Kita menyanyikan demi seseorang, kita nyanyi buat yang ulang tahun. Aku senang banget dikasih setlist ini, jadi kalian harus rajin nonton ya,"
timpal Kinal.

“Deg-degan banget, deh. Mengungkapkan ekspresinya agak sulit, tapi kita mencoba menampilkan yang terbaik,”
ujar Veranda.

"Suasana lagunya beda-beda, mengekspresikannya lebih susah karena bervariasi gitu," kata Ayana Shahab saat penampilan perdana setlist itu di teater JKT48 di FX Senayan, Jakarta, Sabtu.

Sedangkan bagi Delima, setlist ini menjadi pelajaran yang berharga baginya. Sebab ia bisa belajar mengeksplor ekspresi di berbagai lagu yang ada di dalamnya. Apalagi ini kali pertama baginya ikut di shonichi setlist. "Ini pertama kalinya ikut shonichi setlist. Setiap lagu punya makna berbeda. Jadi di sini aku belajar ekspresi yang berbeda dari lagu-lagu di setlist ini," tuntas Delima.

Sementara personil lain, Nabilah Azalia menyatakan kegembiraannya saat setlist baru ini rampung dan siap ditampilkan. "Kesannya di setlist baru ini senang banget, deg-degan dan lebih menantang. Menyiapkannya dalam waktu singkat, apalagi harus diseimbangkan dengan jadwal sekolah, semoga saja berkesan nonton setlist ini." kata Nabilah.

Walaupun lebih menantang, Nabilah mengungkapkan bahwa setlist yang ketiga ini merupakan yang paling menarik karena tidak monoton dengan satu konsep. Selain itu, dalam setlist yang berisi 14 lagu itu, konsep dasar kostum yang ditampilkan tetap konsep seragam sekolah yang diberi variasi dan aksesoris. "Untuk lebih beragam dan menarik, kami dari para anggota juga bisa memberi masukkan ke penata busana," kata Nabilah.

source: antaranews | sidomi | merdeka


JKT48 : Setlist Baru Lebih Menantang


Penampilan tim J idol grup JKT48 pada Sabtu, 18 Januari 2014 berbeda dari biasanya. Pasalnya untuk pertama kalinya mereka mempersembahkan penampilan teater lagu atau Setlist berdasarkan single terbaru mereka “Dareka no Tame ni” (Demi Seseorang) yang bertempat di Teater JKT 48, FX Mall, Senayan, Jakarta. Setlist ini sebelumnya pernah dibawakan juga oleh sister grup mereka, Team A dari AKB48 dan Team N dari NMB48 di Jepang.

Dalam setlist tersebut, terdapat 14 lagu yang dibawakan yaitu : Tanjoubi no Yoru (Malam Ulangtahun), Bird, Rider, Seifuku ga Jama wo Suru (Seragam Ini Sangat Mengganggu), Dareka No Tame Ni (Demi Seseorang), dan beberapa lagu lainnya.

Menurut anggota Tim J JKT48, setlist ini memiliki kesulitan tersendiri dari dua setlist sebelumnya. Di setlist pertama yang berjudul Pajama Drive, lagu-lagu mereka dibawakan secara ceria. Sedangkan di setlist kedua yang berjudul Renai Kinshi Jourei, lagu mereka dibawakan secara dewasa. “Kalau yang ini ada seksinya juga,” kata Melody.

Tim J JKT48 telah menyiapkan latihan selama dua minggu sebelum menggelar penampilan mereka. Setlist teater terbaru ini dapat disaksikan di teater JKT 48, FX Senayan, Jakarta hingga batas yang belum diketahui.

Kinal melanjutkan, mereka tak tahu berapa lama setlist ke-3 ini akan bertahan dimainkan di teater. Semua tergantung kepercayaan manajemen terhadap mereka dalam membawakan setlist Dareka no Tame ni (Demi Seseorang).

"Waktu Pajama tujuh bulan, RKJ setahun, kalau yang ini belum tahu. Bisa enam bulan, atau setahun juga bisa. Jadi Tergantung dipercayanya," tukas Kinal.

Salah satu member JKT48 asal Jepang, Haruka mengaku kesulitan untuk mendesah lantaran dituntut memberikan ekspresi seksi di lagu Seifuku ga Jama wo Suru. Pasalnya di lagu itu terdapat part di mana semua member yang ambil bagian menampilkan kesan seksi.

“Di setlist ini banyak ekspresinya, ada seksinya, dewasanya, susah banget. Dari dance sama nyanyinya juga. Ada nyanyi yang ‘ah, ah, ah’ gitu (mendesah) jadi susah akunya,” ungkap Haruka di Teater JKT48, FX Sudirman Jakarta Selatan.

Tak hanya dari cara bernyanyi, Haruka melanjutkan, kostum yang diusung di lagu itu pun sangat seksi. Member yang terlibat mengenakan padanan seragam sekolah dan rok mini dengan kaitan kancing yang dibiarkan berantakan.

Dalam membawakan lagu pertama hingga ketiga, JKT48 Team J mengenakan kostum berwarna biru dengan paduan boot berwarna hitam. Pada lagu berikutnya mereka mengganti kostum sesuai dengan variasi lagu yang dibawakan.

source: tempo | merdeka






 
Veranda ikut sumbang ide untuk kostum baru JKT48

 Salah satu personel JKT48, Veranda mengaku suka dengan dunia desain busana. Bahkan ia juga ikut memberi masukan untuk kostum terbaru di setlist ketiga JKT48 bertajuk Dareka no Tame ni (Demi Seseorang).

Meski begitu, Veranda mengaku tak banyak memberi masukan untuk kostum yang diusungnya di setlist itu. Dirinya hanya sekedar memberi masukan tentang aksesoris yang dipakai saat perform di depan para fans.

"Mau di-arrange bagaimanapun kita tetap pakai baju sekolah. Palingan aku bantu kasih masukan buat yang lain. Bagusnya pakai aksesoris apa, aku kasih solusi saja," kata Veranda di Teater JKT48, FX Sudirman Jakarta Selatan, Sabtu (18/1) malam.

Ditambahkan Melody, para member tidak terlalu banyak ambil bagian untuk urusan kostum. Pasalnya, selama ini JKT48 sudah memiliki desainer yang mengurusi busana mereka.

"Karena baju kita ada yang mendesain sendiri," pungkas Melody.

source:  merdeka

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^