Saturday, 12 March 2016




CaxUrv6UsAA2FJ6
  

Graduation (Kelulusan) untuk para idol biasanya berarti bahwa mereka telah memilih untuk keluar dari pekerjaan mereka saat ini atau meninggalkan kelompok mereka saat ini. Biasanya keputusan dibuat oleh mereka sendiri. Jika ada idola yang meninggalkan kelompok tanpa mengumumkan 'kelulusan' dia atau mengadakan acara perpisahan maka itu bisa berarti ada 'sesuatu' yang terjadi disana. Mungkin saja mereka telah dipecat dari agensi mereka, atau memiliki masalah yang menghalangi mereka untuk mengadakan acara kelulusan. (misalnya, terserang penyakit).

Di postingan ini kita akan mengulik beberapa alasan mengapa para idol lulus bahkan lebih dari itu kita juga akan mencari tahu alasan mengapa para otaku juga melakukan hal yang sama, 'lulus' dari hobi mereka?

Seperti halnya saat kelulusan dari sekolah, yaitu ketika kita melakukan upacara wisuda di setiap akhir tahun pelajaran untuk kelulusan kelas, begitu juga dengan para idol ketika mengumumkan kelulusan maka mereka biasanya akan mengadakan  acara kelulusan. Seorang idola biasanya akan mengumumkan kelulusan mereka beberapa hari/bulan sebelum acara kelulusan mereka, berbeda dengan acara kelulusan sekolah yang dapat terjadi setiap saat di sepanjang tahun. Beberapa idol akan memberi tahu alasan mereka untuk lulus, namun ada juga yang memilih untuk tetap diam tentang hal itu. Bagaimanapun juga itu adalah hak mereka.

Biasanya bagi mereka yang tetap bungkam tentang hal itu, alasan mereka untuk lulus bisa jadi karena:


1. Memutuskan untuk Freelance

Mereka memutuskan untuk menjadi Freelance Idol (Idola Kerja Lepas), yang berarti mereka memutuskan untuk bekerja tanpa ada agensi yang mengatur mereka.

Para Idol yang menjalani langkah ini biasanya akan menghilang untuk beberapa waktu (bisa harian / mingguan / bulanan) dan kemudian muncul kembali lagi dengan nama panggung yang berbeda. Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa mereka memutuskan untuk tampil tanpa manajemen. Selain mereka sendiri yang mengungkapkan alasannya yah cuma Tuhan doang yang tahu. Tapi tentu saja kita dapat menebak-nebak. Mungkin saja idola tersebut memiliki arah atau tujuan yang berbeda yang ingin dia capai atau mungkin dia hanya menginginkan kebebasan untuk dapat memilih mana dan kapan dia tampil dan tidak terikat oleh manajemen.

Contoh idola yang melakukan Freelace adalah Miyuna Shindo (神堂 祐奈) dari Moso Calibration, dia saat ini dikenal sebagai Miu Yuzuki ( ). Dia lulus dari Moso Calibration pada bulan Oktober 2014 dan kemudian keluar dari Akihabara Dear Stage pada pertengahan awal 2015. Dia menghilang dari media sosial untuk beberapa saat dan kemudian muncul lagi sebagai seorang solo idol, Miu Yuzuki. Dia telah menulis dan merilis sebuah lagu solo berjudul Erunato ( ). Kalian dapat menyaksikannya di bawah ini.




2. Direkrut Talent

Para Idola yang direkrut oleh grup lain biasanya tetap bungkam tentang hal ini dan hanya mengumumkan kelulusan mereka dari tempat mereka berada saat ini. Mereka juga mirip dengan mereka para idol yang memutuskan untuk freelance, menghilang dari media sosial (jika memilikinya) dan muncul kembali dengan nama panggung yang berbeda. Contoh: Mui Rinne yang merupakan mantan member dari Akihabara Dear Stage dan sekarang dikenal sebagai Rin Wada di maison book girl.





3. Perbedaan Daya Cipta (Kreatifitas)

Sulit untuk mengungkapkan hal ini. Siapa juga yang bakalan mau mengungkapkan konflik internal dalam suatu grup? Hal itu hanya akan merusak reputasi grup jika terungkap alasan bahwa idola tersebut lulus dari grup dikarenakan oleh konflik internal. Meskipun dia mungkin akan meninggalkan beberapa petunjuk tapi itu hampir tidak diungkapkan secara langsung.

Nah, yang tadi adalah beberapa alasan yang jarang terungkap sebagai alasan untuk keluar sebelum sang idola benar-benar lulus. Sekarang kita beralih ke alasan yang mungkin atau biasanya bakalan terungkap.

4. Mencari Peluang Karir Yang Lebih Baik di Dunia Showbiz

Tidak terkait dengan menjadi idola. Biasanya ini lebih sering terjadi pada para member grup idola mainstream, dimana para idola yang meluluskan diri tersebut sudah memiliki tingkat ketenaran / jumlah fans yang lumayan banyak. Mereka ingin / menjadi lebih terkenal lagi dari tempat mereka berada saat ini melalui karir baru mereka, ada yang jadi penyanyi solo, aktris, atau bisa juga seiyuu (jarang banget sih!)

5. Sekolah

Entah lulus karena ingin fokus pada pendidikan sekolah selanjutnya ataupun ingin  berkonsentrasi untuk pendidikan sekolah mereka saat ini. Kebanyakan dilakukan oleh para idola yang masih muda, beberapa bahkan masih SMP. Sehingga tidak terlalu mengherankan jika mereka memilih untuk lulus karena sekolah. Beberapa idola mampu menyeimbangkan waktu untuk belajar dan kegiatan idola mereka, bagaimanapun juga itu memerlukan beberapa keterampilan untuk melakukan kedua bidang tersebut dengan baik dan tidak banyak orang yang bisa melakukan itu. Lulus dari menjadi seorang idola untuk sekolah bukan berarti bahwa itu adalah akhir dari kegiatan idola mereka. Mereka mungkin saja akan kembali lagi setelah menyelesaikan pendidikan mereka.

Tentu saja ada juga yang memilih untuk tidak kembali menjadi idola karena mereka lebih memilih mengejar karir yang berhubungan dengan studi mereka setelah lulus dari universitas.

Dan ini membawa kita kepada poin terakhir dari postingan ini.


6. Mendapatkan Pekerjaan Kantoran yang Normal

Mereka telah menyelesaikan pendidikan kuliah mereka, mungkin setelah satu tahun ataupun lebih dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan pengetahuan yang mereka pelajari secara keras untuk bekerja. Atau mungkin sebelumnya mereka telah mencapai tujuan mereka sebagai seorang idola di masa lalu. Jadi yang ngapain juga mereka menyia-nyiakan gelar mereka setelah susah payah belajar selama bertahun-tahun?

Ada banyak idola di dunia, tetapi tidak semua orang bisa mencapai tingkat yang sama dengan Dempagumi.inc ataupun Momoclo. Mendapatkan pekerjaan kantoran  normal yang sesuai dengan kualifikasi mereka kemungkinan besar lebih berguna untuk kehidupan masa depan mereka. Contohnya adalah Miu Atobe dari Dempagumi.inc (bertahun-tahun yang lalu) dan yang baru-baru ini adalah Meru Amena dari Dearstars di Akihabara Dear Stage.



Meru Amena
Meru Amena


Dia mengumumkan kelulusannya pada bulan Februari saat acara ulang tahunnya yang mengatakan bahwa dia akan lulus dari Dear Stage pada akhir Maret, tepat pada saat kelulusan massal (dari universitas / SMA) / waktunya mencari kerja pada bulan April. Dia mengatakan bahwa dia mulai berpikir tentang lulus sejak November lalu ketika sesama member lainnya memutuskan untuk lulus karena sekolah. Dia memutuskan untuk memanfaatkan kualifikasi yang dia miliki untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan normal (kerja 8 jam (dari jam 9 pagi sampai 5 sore).



Itulah berbagai alasan mengapa para idol memutuskan untuk lulus.
Punya contoh lainnya? Silahkan berikan komentarnya.




Nah, Sekarang mengapa alasan mengapa kamu bakalan berhenti dari hobimu! Jangan dibaca kalau nggak mau baca.


Mengapa kamu bakalan berhenti hobimu? Pernahkah kamu berpikir tentang berapa lama kamu dapat terus melakukan hobimu tanpa kehilangan minat? Pernahkah kamu berpikir tentang apa yang akan kamu lakukan jika misalnya seiyuu favoritmu pensiun, atau idola yang kamu dukung lulus dan kamu telah memutuskan bahwa cukup sampai sejauh ini kamu akan melakukan hobi ini?

Akan datang suatu titik dalam hidupmu dimana kamu akan memutuskan untuk beralih kepada kegiatan lain. Sesuatu yang lain yang berhasil menangkap minatmu dan kamu tidak dapat mengimbangi itu dengan hobi anime / manga / yang berkaitan dan perlahan-lahan kamu akan terpisah dari dunia itu. Jika itu telah terjadi kepadamu maka....

Selamat kamu sudah lulus dari menjadi Otaku anime / manga / yang berkaitan!!

Alasan inilah yang biasanya terjadi pada wota idola. Ketika idola favoritmu memutuskan untuk lulus dari grup dia saat ini dan berhenti menjadi idola. Dan kamu telah memutuskan untuk hanya mendukung dia seorang, tidak perlu dibicarakan lagi bahwa kamu juga akan lulus sebagai seorang idol wota.

Mungkin alasan kelulusanmu dari menjadi seiota / idol wota adalah karena grup atau sosok idola yang kamu dukung telah berubah arah. Kamu tidak menyukai gaya mereka saat ini, dan begitulah pada akhirnya kamu memutuskan untuk 'lulus' dari mendukung mereka.

Atau

Kamu tidak bisa menyeimbangkan pekerjaan / studi dengan hobimu sehingga memutuskan untuk berhenti. Terkadang hal seperti itu memang terjadi dalam hidup.





http://vignette4.wikia.nocookie.net/spongebob/images/9/95/''Normal''_Spongebob4.jpg/revision/latest?cb=20130617200616 

Dan itu Normal


disadur dari tulisan Hiromi dan tentunya tanpa seijin penulisnya. semoga dengan ini kalian bisa memahami alasan mengapa blog ini jarang aktif lagi sekarang. terima kasih.

*PS: Ah iya, seharusnya saya pake contoh menggunakan idola AKB48 dan semacamnya, sayangnya saya kekurangan informasi, mungkin kalau ada yang mau menambahkan info silahkan tulis di komentar yah. ^_^
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

1 comments:

  1. Kelulusan seharusnya disambut dengan kegembiraan. Btw, ini beda konteks, bukan "kelulusan" yang sebenarnya atau bisa disebut dengan "keluar". Buktinya, dunia entertainment barat masih menganggap 48 & 46 group itu bukan idol group tapi girlgroup (permanen). Mungkin ada benarnya juga tapi yang jelas, kalau menurut saya... sebagian besar member grad karena adanya aturan yang tidak spesifik utk masa depan mereka :3

    ReplyDelete

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^