Friday 22 March 2013


Ledakan di idol grup wanita, yang dipimpin oleh AKB48, tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti. Baru-baru ini, banyak dari grup-grup yang bermunculan dari daerah-daerah di luar Tokyo, dengan beberapa grup-grup lokal yang menangkap hati para fans di kalangan nasional.

LinQ, grup idola dengan 29 member yang berbasis di Prefektur Fukuoka, merilis sebuah single pada label independen pada bulan Januari, akhirnya mencapai posisi kelima di chart mingguan Oricon. Kelompok ini berencana untuk membuat debut major label pada bulan April dengan merilis single "Chime ga Owareba" (Ketika denting Chime berakhir).

Penonton bergemuruh sesegera saat member LinQ muncul di panggung di sebuah konser di Tokyo pada tanggal 2 Maret. Begitu banyak orang berteriak pada waktu yang sama, itu hampir seolah-olah para penggemar telah berlatih atas itu.

Member LinQ menanggapinya dengan menari dan bernyanyi secara energik. Untuk meminta encore, anggota penonton berteriak, "Kaedama mo Ippai!" (minta Mie-nya lagi) berulang-ulang.

Ungkapan Ini adalah bagaimana pelanggan di restoran atau yatai terbuka warung mie meminta lebih banyak mie di daerah Hakata, kota Fukuoka, yang terkenal dengan ramen Hakata.

Tempat konser yang kecil, dan para fans yang begitu dekat dengan member group, mereka sepertinya bisa mendengar saat mereka bernapas. Kerja keras para anggota LinQ 'membuat penonton ingin mendukung mereka.

Perasaan seperti menjadi bagian dari para fans membuat ini menjadi jelas mengapa AKB48 telah menjadi sukses - AKB48 memiliki teater tersendiri di kawasan Akihabara Tokyo dan telah difokuskan pada konser live.

Member LinQ mengungkapkan semangat mereka untuk fans mereka, dan kasih sayang spesial mereka untuk Fukuoka dan prefektur lainnya di wilayah Kyushu, dalam sebuah wawancara baru-baru ini. "Saya ingin menjadi idola untuk merevitalisasi masyarakat setempat," kata salah satu member ketika ditanya mengapa ia bergabung dengan LinQ.

Yang lain lagi berkata, "Saya menikmati saat-saat kita sedang menciptakan sebuah konser bersama-sama dengan fans kami."

Mungkin kunci keberhasilan Group idol adalah kedekatan antara penonton dan member grup idolanya.


===

Bahan bakar produksi Idol Group


Produksi rekaman pada tahun 2012, meliputi CD, LP dan kaset, naik dari tahun 2011, kenaikan tahun-ke-tahun pertama dalam 14 tahun. Sementara salah satu alasannya adalah penjualan yang kuat dari album hits terbesar untuk penyanyi veteran, seperti Yumi Matsutoya, hal yang lainnya adalah karena meledaknya grup idola.

Pada chart single Oricon tahunan untuk tahun 2012, AKB48 memiliki semua tempat teratas dari pertama sampai kelima. Keenam ke peringkat ke-10 semuanya diisi oleh single dari Arashi boy-band yang diproduseri Johnny Office, dan SKE48 sister group dari AKB48.

"Group Idol tetaplah kuat, jadi wajar bagi perusahaan rekaman untuk membawa lebih banyak group-group seperti ini di industri pasar,"
kata seorang wakil dari perusahaan rekaman.

Dalam lingkungan ini, group idola yang berbasis di daerah setempat telah mengumpulkan perhatian. Beberapa telah ada sebelum AKB48 menjadi sensasi, sementara yang lain dibentuk di tengah booming grup idola baru-baru ini.

Team Shachihoko
, sebuah grup idola yang berbasis di Nagoya, dinamai atas patung shachihoko emas - sebuah hewan mitos ikan dengan kepala seperti singa, memiliki sisik tajam seperti naga di sepanjang punggung - ada di atas atap Nagoya Castle.

Team Shachihoko berada di naungan agensi entertainment yang sama dengan grup idola wanita Momoiro Clover Z, yang muncul di NHK Kohaku Utagassen (Festival Lagu Tim Putih dan Merah di Malam Tahun Baru) tahun 2012.

Negicco adalah grup idola yang berbasis di Niigata Prefecture. Namanya berarti gadis bawang, dan mengacu pada jenis negi, atau bawang panjang hijau, yang merupakan khas daerah di Prefektur Niigata. Kelompok ini merilis lagu pada T-Palette Records, label dari Tower Records Japan Inc

"Bahkan jika sebuah grup idola yang berbasis di wilayah regional, dengan mudah dapat mengeluarkan informasi melalui internet,"
kata Hiroko Katsuragi, managing editor hiburan Keyakinan majalah bisnis Asli.

"Pertama, kelompok tersebut mengadakan konser untuk memenangkan fans lokal, dan kemudian strategi promosi diri mereka ke penjuru nasional diri melalui internet," kata Katsuragi. "Jika mereka dapat menarik perhatian publik dengan cara ini, media massa akan segera mengikuti," tambahnya.

Menurut Ikuo Minewaki, presiden Tower Records Jepang, "Bahkan jika sebuah grup idola muncul di TV berulang kali, itu tidak akan menjadikannya populer kecuali memberikan konser live yang bagus."

"Banyak penggemar menikmati melihat idola mereka sukses sebagai hasil dari dukungan mereka,"
tambah Minewaki. Idol lokal menjadi populer karena fans mereka langsung dapat melihat proses dimana mereka menjadi bintang besar.

Keberhasilan member lain dari grup AKB48 - termasuk SKE48 di Nagoya, NMB48 di Osaka dan HKT48 di Fukuoka - yang berakar di wilayah setempat, telah menjadi dorongan besar untuk group-group regional lainnya.

===

"Tidak ada tempat seperti di rumah''


Trio Idol Negicco, yang berbasis di Niigata Prefecture, merilis "Ai no Tower of Love" single di bulan Februari.

Group ini dibentuk pada tahun 2003 dengan tiga wanita yang telah menghadiri sekolah hiburan setempat. mereka mengadakan konser live terutama di Prefektur Niigata, serta di Tokyo dan daerah lainnya.

Berikut ini adalah kutipan dari wawancara dengan para anggota.

===

Nao

"Pada awalnya, kami diberitahu bahwa kami hanya akan tampil selama satu bulan, untuk mempromosikan bawang negi dari prefektur tersebut. Namun, kantor kami pikir itu akan sia-sia untuk membubarkan grup tepat setelah kampanye berakhir, jadi kami akan terus melanjutkannya.

Lalu telah diputuskan untuk merilis sebuah CD, tapi pada saat itu kami hanya melakukan apa yang kami diberitahu, tanpa mengetahui sesuatu yang konkret.

Setelah itu, kami mulai menyanyikan lagu-lagu yang disediakan oleh komposer connie, yang telah menjadi fans Negicco sejak awal kegiatan kami. Pada awalnya, saya khawatir tentang masa depan ini, namun secara bertahap lagu kami telah tersebar di seluruh Prefektur Niigata. "


===

Kaede

"Kami secara bertahap diundang ke berbagai acara di Prefektur Niigata aku pernah terjatuh sekali sambil bernyanyi di atas panggung yang terbuat dari salju yang terkompresi,. Tapi aku terus melakukannya sampai akhir. Saya merasa tidak baik ketika orang mengatakan Negicco telah lupa dengan fans Niigata ini karena group memiliki lebih banyak kesempatan untuk bekerja di Tokyo. "


===

Megu

"Beberapa fans mengatakan kepada kami bahwa mereka suka Negicco karena cara kita santai, cara hati hangat yang dibudidayakan di daerah setempat, bukan Tokyo. Kami selalu memiliki rasa kasih sayang yang kuat untuk Niigata. Kami ingin membawa Niigata di pundak kami karena kami maju ke pentas nasional. "


(22 Maret 2013)

source: yomiuri

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^