Thursday 1 January 2015

Pertama-tama saya ingin mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2015". Alasan saya memposting artikel ini adalah entah kenapa saya merasa bahwa tidak lama lagi lagu ini akan dibawakan oleh grup idola lokal kita. mungkin cuma perasaanku saja sih....  ( ° -`ω´-)




"Beginner"
(dari single "Beginner")
AKB48 senbatsu members (Team A: Kojima Haruna, Maeda Atsuko, Sashihara Rino, Shinoda Mariko, Takahashi Minami, Takajo Aki / Team K: Itano Tomomi, Minegishi Minami, Miyazawa Sae, Oshima Yuko / Team B: Kasai Tomomi, Kashiwagi Yuki, Kitahara Rie, Watanabe Mayu / SKE48: Matsui Jurina, Matsui Rena)

words: Akimoto Yasushi
music: Inoue Yoshimasa
sudut pandang: penekanan bahasa dari sudut pandang orang laki-laki, namun arti lagunya dapat digeneralisasikan secara umum (pria atau wanita)
tema: lagu perjuangan/dukungan





In your position set!
Semua pengalaman yang kamu buat hingga hari kemarin
Dan pengetahuanmu itu hanyalah sebuah beban
Angin akan selalu berlalu
Dan tidak meninggalkan sesuatu apapun
Carilah jalan yang baru!
Jangan ikut-ikutan peta jalan orang lain!
Ketika kamu memalingkan matamu ke arah bawah maka kamu akan menjadi ZERO!
Apakah kita sedang bermimpi?
Apakah kita memimpikan masa depan?
Tidak perlu menjadi takut, tidak perduli dimana posisi kita sekarang
Jadilah nekatlah saja
Apakah kita sedang bermimpi sekarang?
Kita seharusnya menjadi baru seperti anak kecil
Ayo hancurkanlah rantai yang mengendalikan kita
Change your mind
Change your mind
Kita tidak perlu untuk mengetahui segalanya. Beginner!
Orang dewasa yang gagal dan merasa malu
Menjadikan penderitaan sebagai trauma mereka
Pemikiran bahwa mereka tidak mau merasakan kesakitan itu lagi
Mereka pikir itu adalah bijaksana


CHALLENGES sedang menertawakan
Apa yang sedang kamu lindungi dengan perhitungan bodohmu itu.
Dalam rangka untuk menghindari resiko?
Apakah kita ini hidup?
Apakah kita ingin hidup di hari esok?
Kita berpura-pura telah mengerti, berpura-pura terlihat sudah mengetahuinya
Sementara kita telah lama tidak lagi berani bermimpi
Jadi, apakah kita ini hidup?
Apakah kita menyia-nyiakan hidup kita?
Rasakan sekarang irama denyut yang mengalir di nadimu!
Stand up! Together!
Ingatlah hari dimana kamu dilahirkan!
Semua orang adalah BEGINNER!
Stand up! Right away!
Ini memang bukanlah hal yang mudah dijalani
Sejak pada awalnya
Stand up! Together!
Kamu hanya perlu kembali ke titik awal
Dan menjadi BEGINNER!
Stand up! Right away!
Tantanglah!, Tantanglah!
Bagaimanapun juga, Kamu pasti bisa melakukannya
Robeklah halaman lama
Ayolah, mari kita mulai!
We can be reborn all the time (Kita bisa dilahirkan kembali kapanpun juga)
Apakah kita sedang bermimpi?
Apakah kita memimpikan masa depan?
Tidak perlu menjadi takut, tidak perduli dimana posisi kita sekarang
Jadilah nekatlah saja
Apakah kita sedang bermimpi sekarang?
Kita seharusnya menjadi baru seperti anak kecil
Ayo hancurkanlah rantai yang mengendalikan kita
Aku tidak dapat melakukan apapun
Aku tidak cakap melakukan itu
Terus kenapa?
Kita ini masih muda
Aku tidak bisa melakukan apapun
Aku tidak bisa melakukan itu secara benar
Karena itulah kita masih memilki berbagai kemungkinan.
Hujan telah berhenti
Angin telah berhenti
Cahaya yang tidak pernah kita lihat sebelumnya
Telah bersinar
Sekaranglah waktunya
Kamulah orang yang dilahirkan kembali... sang BEGINNER!



Ini mungkin adalah lagu AKB48 dengan lirik terkuat di antara single mereka lainnya. Secara singkat, kita bisa mengatakan bahwa lagu ini memiliki tema tentang "Ouenka" (lagu perjuangan/dukungan), namun inti lagu ini tidak bisa diterjemahkan sesederhana itu.

Untuk mengerti arti lirik lagu ini, kita bisa mengupas lagu ini ke dalam tiga lapisan.

Lapisan pertama adalah "Jadilah Kuat Dan Langsung Saja "Lakukan Itu".
Jika kamu merasa bahwa itu layak untuk dilakukan, maka jangan pernah berpikir ulang bahwa kamu bisa gagal, jangan pernah memikirkan resikonya, lakukan saja!. Dengan cara seperti inilah maka kamu bisa melepaskan diri dari kehidupan yang membosankan dan membuat itu menjadi sesuatu yang bernilai.

Dengan memahami hal ini, maka kita bisa mengetahui bahwa di dalam lagu ini terkandung pesan yang kuat untuk ukuran sebuah grup idol, mengingat bahwa pada umumnya musik idol cenderung sangat konservatif, dan lagu-lagu idol mengenai "Oeunka" biasanya hanya sebatas mengenai lagu-lagu "Ganbatte!!" yang dibawakan secara imut. Selanjutnya, mari kita melihat lapisan makna lainnya:

Ada salah satu pembahasan bagus yang ditekankan oleh artikel Oricon:
Lagu idol adalah suatu sarana untuk berkomunikasi. Mereka adalah alat untuk membentuk suatu pesan. Tapi, jika para idola ini yang berdiri di depan tidak menyerempakkan diri mereka dengan pesan tersebut, maka pesan itu tidak akan tersampaikan. (skip) Ini adalah lagu AKB48, dan pada saat yang sama ini bukanlah lagu AKB48. Ini tidak seperti AKB yang telah menguasai seluruh Jepang melalui badai dan menaklukkannya, tapi inilah kenyataan yang selaras dengan cara berpikir dari masing-masing member. (skip) Sebuah keinginan yang kuat itulah sisi kebalikan dari keceriaan dan kualitas tinggi. Para Idola, juga, agar dapat tetap menampilkan senyuman mereka kepada para fans, haruslah menjadi kuat. AKB bisa menyanyikan pesan ini justru karena mereka melakukan yang terbaik untuk menjadi kuat. Inilah alasan mengapa pesan ini menjadi rasa sakit yang bisa menusuk kepada perasaan kita yang mendengarkan, mungkin itu karena kita telah berhenti berusaha untuk menjadi kuat. (full artikel bisa dibaca dibagian bawah)

Saya rasa dari pembahasan diatas tadi itu sudah jelas dan langsung pada poinnya. Beberapa member AKB48 memposting di blog mereka tentang bagaimana mereka merasa lirik lagu ini mencerminkan cara berpikir mereka sendiri. Tidak bisa dipungkiri bahwa ini memang hal yang sengaja dilakukan oleh Akimoto untuk mendorong para gadis ini untuk semakin maju, sehingga mereka terus mengejar mimpi mereka dan tetap menjadi kuat.

Selanjutnya, ada sudut pandang lain dimana kita dapat melihat arti lirik ini. PV kontroversial untuk lagu tema ini adalah "untuk bisa memahami arti 'menjadi hidup' melalui rasa sakit". Singkatnya: sampai anda dapat merasakan sakit, sampai anda tahu apa itu rasa sakit, anda masih belum bisa memahami apa artinya menjadi hidup. Dengan kata lain, khususnya bagaimana itu ditunjukkan dalam bait lirik keduanya, menghindari rasa sakit itu berarti menghindari kehidupan. Hanya dengan rasa sakit maka kita dapat dilahirkan kembali (menurut saya, inilah arti sebenarnya dari kata "BEGINNER" yang digunakan dalam lagu ini).
Selain itu, tidak mengetahui arti dari rasa sakit berarti telah menuntun anda kepada pemikiran sempit dimana itu berarti anda telah menyakiti orang lainnya (kata "orang dewasa yang menganggap dirinya telah menjadi bijaksana" itu mungkin mengacu kepada orang tua yang menjadi "over protective").

Tiga tingkat penjelasan yang saling tumpang tindih ini dan saling menjalin ini pada akhirnya membentuk gambaran yang lebih luas dari lagu ini. Melodi lagu yang berulang, dinyanyikan dengan suara yang dalam dan beat yang keras membuat lagu ini begitu memaksa, sehingga ada rasa sedikit kecemasan yang membekas ketika mendengarkan lagu ini, dan gambaran keadaan seperti inilah yang menjadikan musik ini sangat cocok terhadap liriknya.

Secara makna bahasa, lagu ini dinyanyikan dengan menggunakan cara pandang orang laki-laki, karena adanya konotasi "kuat" didalam lagu ini. Di bagian akhir lirik lagu ini juga tampak seperti terjadi diskusi dari dua orang yang saling kontradiksi. Namun, apakah orang pertama yang disinggung dalam lagu ini adalah anak laki-laki atau perempuan, itu sama sekali tidak ada hubungannya ketika karakter orang ini dimasukkan ke dalam makna dari kata "Beginner".

Sejujurnya, meskipun saya sudah memaparkan penjelasan tentang makna lagu yang sepanjang ini, namun ada banyak sisi dari lagu ini yang sebenarnya ingin saya bahas, mungkin saya akan melakukannya di blog saya yang lain, Namun, Lagu ini memang menuntun saya untuk menjadi mawas diri, bahwa dengan mengambil keputusan nekat maka itu dapat mengubah seluruh kehidupanku. Memang, ini hanyalah sebuah lagu biasa, tetapi ada semacam kekuatan yang terkandung didalamnya, dan oleh karena itulah saya memutuskan untuk memposting artikel di awal tahun yang baru ini dengan lagu ini. semoga kalian bisa mengerti tentang apa yang ingin aku sampaikan ini.








Full Artikel Oricon:



Di tengah-tengah sebuah taman hiburan di mana semua orang sedang bermain, Anda merasakan ada sesuatu yang menekan ke dalam lehermu.
Itu tampaknya adalah sesuatu yang terbuat dari logam, dan berbentuk tajam.
Merasakan sesuatu yang tidak terlihat, dingin untuk disentuh, dan rasa sakit berikutnya membuat Anda menjadi membeku.
Kepada siapakah benda ini dimasukkan ke dalam leher seseorang, kepada Maeda Atsuko yang seharusnya sedang tersenyum, atau kepada Shinoda Mariko, ataukah......


Single terbaru AKB48, "Beginner".
PV lagu ini pertama kali ditampilkan di Nippon Budoukan dimana turnamen Janken tersebut diadakan, dan itu menyebabkan kegemparan diantara penonton.
Video yang disutradarai oleh Nakajima Tetsuya, yang terkenal atas film "Kiraware Matsuko no isshou" dan "Kokuhaku" ini memiliki tema "Berjalan melalui rasa sakit untuk menemukan makna 'menjadi hidup'".
Tentu saja arti dari pesan ini adalah, "mempertanyakan apakah artinya untuk menjadi hidup", yang juga dinafaskan dalam lagu ini.


"Apakah kita ini hidup? Apakah kita ingin hidup di hari esok?"


AKB48 telah menjadi grup idola populer, dan setelah hits besar dengan lagu-lagu idola yang ceria dan bahagia, seperti "Ponytail to Shushu" dan "Heavy Rotation", kini mereka merilis lagu serius ini.
Sebelumnya, ketika mereka belum terkenal, mereka pernah merilis lagu serius semacam ini, "Keibetsu Shiteita Aijou" yang bertema bullying dan bunuh diri, tapi tidak ada orang yang pernah menyangka meskipun sekarang ini mereka telah menjadi pusat perhatian publik, mereka sekali lagi akan memainkan kartu ini lagi.


Lagu idol adalah salah satu sarana untuk berkomunikasi. Mereka adalah alat untuk membentuk suatu pesan.
Tapi, jika para idol yang berdiri di depan ini tidak menyerempakkan diri mereka dengan pesan tersebut, maka tersebut tidak akan tersampaikan.
Di bagian sampul album dan PV ini dapat terlihat bahwa para member mengenakan make up yang kuat.
Pada bagian awal, Takahashi Minami mengatakan "In Your Position, Set!" (berada di posisimu, grak!) dan dia mengirimkan sebuah tanda, dan menurut penjelasannya, terdapat 6 formasi yang berbeda. "Beginner" memiliki melodi yang monoton yang diulang-ulang di bagian bait liriknya, yang sangat bergantung erat pada bagian vokal-nya.
Aransemen lagunya menyajikan nada kegelisahan atas melodi yang penuh stylish.
Dan kemudian, bagian chorus yang dinyanyikan dalam lapisan yang tebal, menghapus segala macam yang menghiasinya, sehingga memungkinkan kita untuk bisa sungguh-sungguh bisa merasakan lagu ini tepat pada intinya.


"Apakah kita sedang bermimpi?" "Ayolah kita menghancurkan rantai yang mengendalikan kita"


Ini adalah lagu AKB48, dan pada saat yang sama ini bukanlah lagu AKB48.
Ini tidak seperti AKB yang telah menguasai seluruh Jepang melalui badai dan menaklukkannya, tapi inilah kenyataan yang selaras dengan cara berpikir dari masing-masing member.
Walaupun mereka ini sejatinya adalah orang yang berasal dari trend populer, tetap saja para member ini masih mengatakan "Aku penasaran siapakah orang yang akan membeli (single) ini?", ketika mereka mendengar tentang satu juta kopi penjualan, Bahkan, secara polos mengatakan, "Kami tidak yakin akan bisa menjual habis (tiket) ini" pada saat konser mereka di Yokohama Arena. Trauma tentang konser pertama mereka, di mana penonton masihlah jarang, itu masih kuat.


AKB48 tidak seharusnya menjadi tujuan utama bagi para para membernya di tempat pertama. Ini hanyalah tempat numpang lewat, sebagaimana yang dicontohkan oleh Takahashi Minami yang mengatakan selama acara hasil pengumuman Pemilu "Mimpi saya adalah untuk debut sebagai penyanyi solo". Bahkan jika grup ini memiliki terobosan besar, masing-masing setiap membernya hanyalah seorang "pemula" yang mimpinya baru saja dimulai...


"Robeklah halaman lama, ayolah mari kita mulai!"


Kehidupan AKB48 itu menyenangkan. Mereka adalah kualitas hiburan utama yang disediakan oleh sejumlah besar orang yang menari dan bernyanyi dengan luar biasa. Dan kemudian, para membernya yang memiliki senyuman yang bersinar. Tapi sebelumnya mereka harus bisa berdiri di atas panggung.
Yamashita Tatsuro pada saat waktu ketika ia masih menyanyikan lagu-lagu pop selama masa jayanya, pernah berkata "Saya membuat musik yang ceria dengan meletakkan cara berpikir yang sangat kuat."
Sebuah keinginan yang kuat itulah sisi kebalikan dari keceriaan dan kualitas tinggi.
Para Idola, juga, agar dapat tetap menampilkan senyuman mereka kepada para fans, haruslah menjadi kuat.


"Aku tidak bisa melakukan apapun", "Terus kenapa?"


AKB bisa menyanyikan pesan ini justru karena mereka melakukan yang terbaik untuk menjadi kuat. Inilah alasan mengapa pesan ini menjadi rasa sakit yang bisa menusuk kepada perasaan kita, mungkin itu karena kita telah berhenti berusaha untuk menjadi kuat.
Namun, kita masih memiliki kesempatan. Ketika kita dilahirkan kembali, kita semua adalah "Beginners".
Benda dingin yang ditekan ke dalam leher kita ini bisa berubah menjadi panas.







Tidak Lupa saya menyertakan credit beserta bunga-bunganya untuk:  akb48songs,  stage48.net,  kiwi musume, oricon style dan kome48.

Butuh waktu 3 minggu untuk menuliskan ini semua, sorry for the long post!

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^