Saturday 14 February 2015

Selamat Hari Valentine..... bagi yang bernama Valentine yang barangkali ulang tahunnya hari ini... #garing. Bagi para jomblo yang termasuk angkatan kelompok FFF, tidak perlu berkecil hati ini cuma hari sabtu biasa kok. Semoga nanti sore hujan deres, oh maksudku.... lagu ini bisa menghibur kalian. Anyway, ini pertama kalinya aku membahas lagu dari grup NMB48. Semoga berkenan.



"Mousou Girlfriend" (Pacar Delusi)

(dari single "Virginity")


words: Akimoto Yasushi
music: Haruyuki
Arrangement: Muto Seiji
sudut pandang: laki-laki
tema: lagu fantasi



Kamulah GIRLFRIEND (GIRLFRIEND)
GIRLFRIEND diriku (GIRLFRIEND)
Aku sangat mencintaimu selamanya
Panggilan cinta yang berasal dari dalam dadaku
Akhirnya telah sampai kepadamu
Dari layar TELEVISI
Senyumanmu itu
Itulah saat pertama kali aku bertemu denganmu
Dan seperti tersambar petir
Aku jatuh cinta kepadamu
Ah, Lebih indah dari bunga mawar
Kamu adalah wanita yang sangat cantik
Ah, di dunia yang luas ini
Masa depan penuh dengan harapan
Akulah BOYFRIEND (BOYFRIEND)
BOYFRIEND dirimu (BOYFRIEND)
Aku mau sedikit memamerkan tentang itu
Ini bukanlah kebohongan, bukanlah mimpi
Kita adalah pasangan yang sempurna
Akulah BOYFRIEND (BOYFRIEND)
BOYFRIEND dirimu (BOYFRIEND)
Kuteriakkan itu dengan suara keras
Bahkan meskipun kita tidak bertemu karena sibuk
Aku akan menunggu panggilan teleponmu hari ini juga
Jika aku menyentuhnya (Jika aku menyentuhnya)
Itu akan lenyap (Itu akan lenyap)
Sang bunga delusi
Engkaulah sang IDOLA
Hey, hanya kepadamu
Aku berbicara!
Please! Please! Please!
Kamulah GIRLFRIEND
GIRLFRIEND diriku
Karenanya, kita telah berjanji
Meskipun skandal adalah hal yang buruk
Cinta kita ini tidak akan berhenti, kan?
Kamulah GIRLFRIEND (GIRLFRIEND)
GIRLFRIEND diriku (GIRLFRIEND)
Aku sangat mencintaimu selamanya
Panggilan cinta yang berasal dari dalam dadaku
Akhirnya telah sampai kepadamu
Secara umum, aku bisa mengatakan bahwa makna lagu ini adalah menceritakan tentang dinamika hubungan cinta didalam fandom grup idola 48G, antara fans dengan idola mereka. Meskipun aku mengkategorikan lagu ini sebagai lagu fantasi, tapi sepertinya sudah jelas bahwa lagu ini menceritakan tentang delusi (tingkat akut) dari seorang fans terhadap idola favorit mereka. Fans ini jatuh cinta terhadap idola yang mereka lihat di TV dan menyatakan cinta abadi untuk mereka. Ingat, ketika dulu aku pernah menuliskan tentang Hitosuji (一筋)

Kita bisa melihat bahwa fans ini memiliki perasaan cinta yang mendalam terhadap idolanya, terlalu dalam, hingga dia sengaja mengabaikan fakta bahwa itu adalah sekedar delusi dirinya. Dan oleh karena efek delusi tersebut makanya dia masih terus menantikan respon cinta dari sang idola (pada titik ini kita bisa menyebutnya "waro(anyway, aku agak kaget waktu kata ini secara resmi masuk liriknya JKT48 - Simpati Gravitasi). Sayangnya, bagaimanapun juga pada kenyataannya ini adalah kisah cinta satu arah yang tidak mungkin berbalas. 

Pada lirik bridge terdapat makna bahwa setelah semua hal tersebut dia sebetulnya masih sadar bahwa "sang idola hanyalah bunga delusi", dan ilusi ini akan lenyap jika kamu menyentuhnya. Atau dalam arti lainnya dia memang sengaja membiarkan "cinta ilusi" tetap bertahan dalam hatinya. Karena terkadang memiliki sesuatu yang tidak kelihatan itu jauh lebih greget daripada telah memilikinya. Tidak heran oleh karena hal seperti inilah sehingga kita jadi sering mendengar berita tentang seorang fans yang nekat untuk melamar idolanya di acara handshake, ataupun membuat 1.000 origami untuk sang idolanya. Meskipun mereka tahu bahwa tindakan itu sia-sia, tapi ketika mereka berhasil menyampaikan "bentuk cinta" itu kepada idolanya, maka bagi mereka sendiri itu adalah hal yang memuaskan..

Secara pribadi aku menangkap bahwa lagu ini adalah salah satu gambaran yang tepat untuk memaknai kata "Kiyoku Tadashiku Utsukushiku (Jujur, Murni, dan Cantik)", salah satu kata sakral yang menjadi landasan prisip utama dalam pembentukkan Idol di dunia J-pop. Dengan kata ini seorang idola diperingatkan untuk menjaga tingkah laku mereka dalam berpenampilan, membangun hubungan dengan para fans, termasuk cara untuk mereka menyikapi hubungan dengan fans. Kata "Murni" ini dalam konteks idola adalah seorang idol dilarang untuk menjalin hubungan cinta apapun terhadap orang lain, selain mencurahkan perhatian "cinta mereka" untuk para fans. Seorang idola sejati tentu tidak akan mengkhianati kepercayaan telah diberikan oleh fans mereka. Walaupun aku juga masih meragukan "apakah semua idola di grup lokal kita benar-benar mengerti tentang hal ini". 

Terakhir, aku menangkap bahwa lagu ini sengaja di tulis oleh Yasushi Akimoto adalah untuk memberikan peringatan kepada para fans agar tidak terlalu menjadi delusional ketika memimpikan tentang idola mereka. walaupun bukan berarti aku tidak mau uangmu. #ehmm. Lagu yang serupa dengan ini adalah Enkyori Poster.




source: generasia | stage48

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^