Friday 30 October 2015



Pada hari rabu (29/10) jam 22.00 JST, Sayashi Riho, member Morning Musume '15 telah mengumumkan melalui blog pribadinya mengenai hari kelulusannya. Dan hal ini juga telah dikonfimasikan melalui situs resmi Hello! Project.

Riho adalah member generasi ke-9 dari Morning Musume. Dia pertama kali melakukan debut lewat single "Majidesuka Suka" pada tahun 2011 dan meneruskan karirnya hingga hari ini. Pada tahun 2012, dia masuk dalam grup duo "Peaberry" bersama dengan Wada Ayaka. Riho dikenal sebagai member yang ahli dalam hal menari, berkali-kali dia pernah mengatakan untuk terus berlatih meningkatkan kemampuan tariannya.

Untuk kedepannya, meskipun dia akan lulus dari Morning Musume.'15, namun dia akan tetap menjadi member Hello! Project.


Berikut adalah isi blog dari Sayashi Riho.

(terjemahan dengan beberapa penyesuaian mengikuti isi blog)


いつもモーニング娘。’15を応援していただきありがとうございます。
(Terima kasih untuk kalian semua karena terus memberikan dukungan kepada Morning Musume. '15.)


皆様にお伝えしなければいけないことがあります。
(Saya harus membuat pengumuman untuk kalian semua.)





私、鞘師里保は、
今年の1231日をもってモーニング娘。を卒業します。
(Aku, Riho Sayashi,
Pada tanggal 31 Desember pada tahun ini. Akan meluluskan diri dari Morning Musume.)






幼稚園の時から憧れだったモーニング娘。に小学6年生で加入して約5年間、
つんく♂さんをはじめ、多くのスタッフの皆さん、モーニング娘。とハロー!プロジェクトのメンバーの皆さん、そして何よりファンの皆さんに支えられて今日まで走り続けてきました。
(Saya selalu ingin bergabung di grup Morning Musume sejak dari TK. Dan, sudah 5 tahun aku bergabung disini, semenjak dari kelas 6 SD, berkat bantuan dari Tsunku♂-san dan banyak staf lainnya, seluruh member di Morning Musume dan Hello! Project, dan berkat dukungan dari semua fans hingga hari ini.)



ですが、その走り続けている中で今後の人生を考えることが今年に入り多くありました。
一人の人間として強く生きていくために経験しなければいけないことがあるのでは?と思うようになりました。
(Meskipun demikian, selama satu tahun ini saya sudah berkali-kali memikirkan apakah harus terus seperti ini untuk kehidupan masa depanku.
Aku mulai berpikir, apakah ada suatu hal yang harus aku alami dalam rangka membentuk kepribadianku menjadi lebih kuat? )






事務所の方々と何度も相談し、今年から本格的に始動した12期メンバーの後輩達の成長が確認できたこのタイミングでモーニング娘。を卒業する事を決めました。
(Saya telah berkali-kali membahas ini bersama dengan orang-orang dari perusahaan, dan setelah yakin melihat perkembangan dari para "kohai" kami, para member generasi ke-12 pada tahun ini. Aku memutuskan untuk lulus.)


卒業日に関しても、モーニング娘。に加入して丸5年、
「モーニング娘。’15」として最後の日、1231日のカウントダウンライブで卒業することを決めさせて頂きました。
モーニング娘。のツアーは、12月7日、8日の日本武道館公演が最後となります。
(Mengenai hari kelulusan saya di Morning Musume. Sebagai akhir dari perjalanan karir 5 tahun saya, maka saya memutuskan bahwa hari terakhir saya bersama "Morning Musume '15' adalah pada saat Countdown Live pada tanggal 31 Desember.
Mengenai Tour bersama Morning Musume, penampilan pada tanggal 7 dan 8 Desember di Budokan akan menjadi pertunjukanku yang terakhir.)






突然の発表になってしまってごめんなさい。
驚かせてしまったと思います。
でもこれまで私の中でずっと思い悩み続けていました。
その中で導き出したのが、今回の決断です。
(Saya benar-benar menyesal untuk berita dadakan ini.
Saya rasa ini cukup mengejutkan.
Namun hal ini telah terus menimbukan rasa khawatir kepadaku hingga saat ini.
Dan itulah yang membuat saya sampai kepada keputusan ini.)



今後は、英語やダンスを学ぶために留学をしたいと考えています。
そのなかで、たくさんの経験を積んで大きく成長し、早く戻ってこられるように頑張っていきたいです。
(Di masa depan, aku berkeinginan untuk belajar di luar negeri dan belajar lebih banyak tentang bahasa Inggris dan tarian.
Bersama dengan itu, aku akan semakin bertumbuh dewasa dan menambah banyak pengalaman, aku akan berusaha keras supaya bisa kembali secepat mungkin. )





卒業まで2ヶ月と限られた時間となってしまいますが、
それまで、メンバー達と共に「モーニング娘。’15」を全うしたいと思います。
(Meskipun waktunya menjadi semakin terbatas, dan masih ada 2 bulan tersisa sampai hari kelulusan,
Hingga saat itu, aku akan melakukan segalanya yang harus kita lakukan untuk "Morning Musume.'15" bersama dengan para member.)


1231日まで全力で駆け抜けていきたいとおもいますので、皆さんよろしくお願いします!
(Karena aku ingin terus melakukan semuanya dengan kekuatan penuh hingga tanggal 31 Desember, Jadi, Semuanya tolong aku yah!)


モーニング娘。’15
鞘師里保
(Riho Sayashi)

Source: [EN] Concerning Riho Sayashi (UP-FRONT LINK)

di bawah ini adalah tulisan ghoib - gak usah repot2 buat bacanya.


Orzzz.... Entah kenapa aku paling tidak suka dengan alasan seorang idola lulus dari grup oleh karena dia ingin "belajar di luar negeri". Itu adalah hal paling non-sense yang pernah aku dengar hingga saat ini - karena kesempatan itu untuk benar-benar terjadi cukup kecil.

Bagaimanapun juga, aku tetap menghargai keputusan Riho ini, meskipun berita ini benar-benar membuatku SANGAT TERKEJUT!!! karena dia adalah member pertama dari generasi ke-9 yang mengumumkan kelulusannya.WHY???!!!!

Sayashi Riho adalah orang yang membuatku mengenal grup Morning Musume, dia adalah role-mode ku untuk memilih Oshi di JKT48 (err... sepertinya gak usah di bahas deh =O=")

Mengenai alasan mengapa harus bahasa inggris? sepertinya itu ada hubungannya dengan wawancara di link ini: intinya dia lebih tertarik untuk belajar bahasa inggris setelah menyanyikan lagu terbaru mereka One and Only. 

Maaf buat postingan blog berantakkan ini, mungkin isinya tidak seperti yang kalian inginkan - hanya saja hati saya masih krompyang-krompyang mengetahui kabar mengejutkan ini - harap maklum yah.

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^