Friday 5 September 2014

Mulai hari ini blog ini akan secara reguler memposting tulisan yang diberikan label "FAN48 BACKSTAGE". Lewat label ini aku sengaja menuliskan beberapa "curhat" yang terjadi selama menjalankan blog ini. Hal-hal yang mungkin tidak ada seorangpun yang tahu selain pemilik blognya sendiri. Anyway, kalian boleh melewatkan tulisan ini karena ini juga bukan sesuatu yang penting.
 


Aku kira, Sebagai seorang blogger sudah menjadi sebuah rahasia umum jika di dunia netizen ini ada aturan tidak tertulis tentang "kamu harus siap jika tulisanmu "dibajak", dan dilarang menuntut hal itu". hal inipun juga sempat menjadi masalah tersendiri untukku ketika selesai menuliskan sebuah postingan di fan48backup.

Dari hasil google yang aku lakukan selama ini, blog FAN48BACKUP jelas bukan blog populer untuk pencarian kata AKB48 ataupun JKT48, akan tetapi hal itu akan berubah jika kalian menambahkan keyword "2ch" disana. Sejujurnya menulis terjemahan dari forum 2ch adalah salah satu hal yang paling tidak aku sukai - seandainya bisa, aku tidak mau melakukannya - akan aku bahas diwaktu berikutnya, akan tetapi yang terjadi adalah lewat keyword itu juga aku bisa menemukan banyak posting "copas" dari blog ini yang sengaja dilakukan oleh pemiliknya.

Ketika pertama kali aku menemukan tentang "kasus" ini, ada beberapa perasaan yang bercampur aduk ketika membacanya. di satu sisi, aku benar-benar tidak peduli dengan hal ini. karena alasan dari pertama kali aku membuat blog ini adalah agar kalian bisa membaca tulisan yang belum pernah dibaca sebelumnya (aku pernah menuliskannnya disini). Walaupun aku seorang blogger tetapi aku begitu buruk dalam hal promosi blog, entah apa itu SEO, dan cara mempromosikannya via iklan di google, yang jelas aku gagal dalam hal satu ini. Oleh karena itu terkadang aku juga merasa begitu bersyukur jika ada yang copas blog ini, setidaknya ada yang membacanya #huee. Dan mau menyebarkannya untuk dibaca oleh orang lain.

Akan tetapi disisi lain, aku juga merasa sangat sedih ketika membaca tulisan copas tersebut. ada bagian di hati ini yang merasa bahwa hasil jerih payah untuk menulis itu terasa sia-sia (terkadang aku harus menghabiskan waktu hingga 8 jam ataupun 2-3 hari untuk melakukan ini). yah, walaupun harus diakui bahwa itu adalah tulisan terjemahan google translate, akan tetapi untuk menulis itu kamu tidak hanya serta merta copas terjemahannya langsung lho... Mungkin ada beberapa orang yang mengerti hal ini, bahwa ketika kamu menuliskan tulisan terjemahan, hal yang paling diperhatikan disini adalah "apakah isi tulisan ini bisa dipahami dengan mudah?", prinsip ini adalah hukum penting ketika aku menuliskan post khususnya yang berhubungan dengan terjemahan forum 2ch. (remember, aku sering mengatakan bahwa kebenaran tulisan ini hanya 70%)



RENA IS MY BIG DEAL!

Ambilah sebuah contoh kasus yang pernah membuat merah mataku sendiri, saat itu aku memposting tulisan tentang Rena Nozawa yang diwawancarai oleh sebuah portal berita online di jepang (kalian bisa membacanya disini), sejujurnya pada saat itu aku sedang merasa senang karena berhasil menyelesaikan tulisan ini. hingga suatu ketika munculah sebuah posting komen yang berisikan sebuah link yang berasal dari fansite jkt48fansite yang ternyata mengutip tulisan post di blog ini tanpa ijin.

http://jkt48fans.com/rena-nozawa-tolak-gravure.html

kenapa aku keberatan?, simpel sih, karena waktu itu jumlah view dari post itu masih sangat rendah (´・ω・`) , artinya jarang ada orang yang tahu dan membacanya, selain itu, pada saat itu ada banyak orang yang salah mengartikan isi wawancara itu. Alhasil setelah baca postingan itu, aku sendiri yang jadi sukses meradang deh. dan setelah itu aku langsung mengajukan gugatan protes secara masif dan implementatif #halah (sampai aku harus menuliskan catatan khusus tentang itu di blog). beruntungnya, tanggapan itu dijawab dan ditanggapi secara baik oleh admin fansite jkt48fans.com.

tapi tidak selamanya gugatan itu selalu ditanggapi, terkadang banyak juga yang "cuek" dan tidak peduli akan hal ini

https://plus.google.com/+LeeSusanto/posts/9wedWFAPdVb

Well, ini cuma satu buah contoh kasus dimasa lalu, dan jelas masih banyak lagi yang "mirip2" seperti ini. dan yang jelas aku tidak bisa berbuat apa-apa jika hal ini terjadi! namun setidaknya ini adalah point yang ingin aku sampaikan disini:

1. Aku tidak pernah melarang jika kalian men-copas tulisan disini, TETAPI, setidaknya tuliskan sumber URL/nama blog ini!! apakah itu sulit?!
2. Minta ijinlah jika ingin melakukan itu! Setidaknya tuliskan link blogmu di kolom komentar post disini yang mau di copas sehingga ada feedback tersendiri. you know what, cara ini juga salah satu tata cara beradab dalam proses silahturami sesama blogger di dunia internet.
3. Jika kalian memang berminat dengan tulisan blog ini, apa salahnya untuk memasang bookmark link blogsite ini di blogmu. :)

sekian dan terima aja deh...

1 comments:

  1. Saya bekerja d portal berita daerah. Tapi kami sering menyadur berita dari artikel lain. Tapi disini kami punya regulasi untuk selalu menghubungi si pembuat artikel dahulu untuk mendapatkan izin.

    mungkin banyak fansite2 jkt48 ataupun akb48 yang mana para pembuatnya belom mengerti bagaimana rules dari media berita . . .

    ReplyDelete

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^