Tuesday 13 August 2013

"Rena Menolak Sesi Foto Gravure"

Tiba-tiba Moro-Moro Suddenly, mendadak issue ini menyebar dengan cepat di berbagai fanbase....

sebenarnya, jika kalian mengikuti fanpage ini, maka kalian akan sadar kalo berita ini BUKAN berita yang baru. ini adalah salah satu issue yang ditanyakan oleh livedoor kepada Rena setelah penampilannya di AKB Dome.

dan Faktanya RENA TIDAK PERNAH MENJAWAB "MENOLAK!", dia hanya mengatakan "AKU TIDAK TAHU"

anyway, tulisan ini tidak ditujukan dalam posisi mendukung atau menolak hal itu. berikut adalah kata2 yang sudah diterjemahkan oleh ‪#‎TeamPenulisCeritaFiksi‬ di FAN48BU:




- Ngomong-ngomong, aku pikir dalam melakukan pekerjaan di Jepang, juga terdapat kesempatan untuk melakukan gravure, bagaimana Anda menanggapinya? Namun nampaknya Fans JKT48 juga menjadi gelisah mengenai hal ini.

Budayanya memang berbeda, saya tidak menampilkan perut saya di hadapan orang banyak selama di Jakarta. Dan ketika saya tampil dalam pemotretan sesi pantai untuk JKT48 Guidebook, saya tidak memakai bikini melainkan hanya tank top dan celana pendek.


-
Tetapi aku pikir kamu harus memperlihatkan bagian perutmu dengan beberapa kostum stage di Jepang.

Gimana ya... mengenai para fans di Jakarta....
karena ada perbedaan kultur ini... aku masih belum  tahu tentang ini...


atau jika kalian ragu, silahkan men-check di jkt48stuff.com:




— From now you are going to work in Japan. And what would you do if you get a “gravure picture” offer? I hear that most of your fans in Indonesia are getting into a fuss about this slightly.
In Indonesia, you must not show your belly in front of others. When I took pictures for the official guide book of JKT48, I didn’t wear a bathing suit, I wore a tank top and shorts that time…

— But in Japan, you will find a midriff-baring costumes in AKB48…
Well, I have no idea… because I have many fans in Jakarta… cultural difference… I don’t know about that…


jadi untuk para admin fanbase! jika kalian ingin para fans JKT menjadi dewasa. tolong hentikan issue liar ini!

satu sumber yang sama, tapi interpretasi-nya bisa berbeda? (wtf?)


ini adalah salah satu komentar opini dari member #TeamPenulisCeritaFiksi (‪#‎ehh‬):

Ane gak perduli rena gravure atau nggak, karena pada dasarnya ane gak perduli. ‪#‎BodoAmat‬ ‪#‎ZuhdiStyle‬

tapi sebagai seorang yg terjun dlm dunia jurnalistik, ane paling sebel kalo liat artikel yg faktanya diputarbalikan oleh admin sehingga seolah-olah terlihat bahwa rena menolak gravure, padahal disana rena mengatakan TIDAK TAHU alias ragu (mungkin saat ini dia gak gravure, tapi siapa tau kedepannya).
karena gravure merupakan hal yang lumrah kalo seseorang bekerja di showbiz jepang, khususnya bagi seorang idol.

buat yang percaya sama status admin, coba deh dibaca itu artikel, jangan cuma nelen kata-kata admin.
males baca bikin orang jadi bodoh & gampang dibodoh-bodohi.

nb:
skenario terburuk dari berita-berita kayak gini adalah, jika ternyata rena nanti gravure, maka fans2 yang kemakan artikel kayak gini alias yang percaya bakalan gak cuma hilang respek sama rena, tapi malah balik memaki & menghujat. karena merasa seperti dikhianati oleh ketidaktahuannya sendiri ‪#‎AlaSinetron‬

So, Here is my Point:
1. Rena belum genap 1 bulan di Jepang. langsung ditanya mengenai hal ini, sangat wajar jika dia belum bisa memberikan jawaban yang tegas mengenai hal ini. 
2. Jika Rena berniat serius terjun di dunia entertainment jepang, kemungkinan dia untuk melakukan gravure juga pasti ada. apalagi dia juga berniat untuk menjadi model.
*Pertimbangkan hal ini: Di jepang, Gravure adalah salah satu cara bagi idol buat bisa tampil di majalah. semakin banyak tampil di majalah, maka peluang untuk dikenal masyarakat semakin besar, peluang mendapatkan fans juga akan semakin besar, dan itu pasti akan berpengaruh dengan track record perjalanan dunia idol-nya, yang jelas itu sangat diperlukan untuk mendukung karirnya di masa depan.

3. Gravure itu seni bukan aksi porno. idk, but imo, tolong jangan samakan model gravure dengan JAV. karena itu adalah hal yang sangat berbeda. tolong lihat definisi Gravure dulu: Gravure Idol
IMHO, jika nantinya rena jadi melakukan hal ini, aku gak bisa menerima kalo dengan alasan ini dia akan dicerca oleh media indonesia, 
lagipula dia bukan orang indonesia! dia tidak perlu mengikuti norma2 indonesia! (dia bahkan tidak tinggal di indonesia lebih dari 5 tahun?) 
lagipula majalahnya nanti juga gak dijual di indonesia, apa yg dikhawatirkan? merusak moral? pffttt.... 
Bahkan Akicha aja yang sampai sekarang saat menjadi member JKT masih tetap juga melakukan foto gravure. apa bedanya?

But, IMO, aku pikir dia tidak akan melakukan gravure dalam waktu dekat ini:
1. Mengingat dia di jepang belum terikat dengan agensi khusus manapun! jadi kesempatan dia bisa menjadi model majalah mungkin sangat kecil saat ini.
2. AKS pasti sudah mempertimbangkan hal ini. Aki-P sebagai otak utama dari status ganda Rena setidaknya pasti sudah memikirkan faktor ini, tentang fans di jakarta dan cara dia untuk menarik perhatian masyarakat jepang.
3. Mengingat umur dia, semua keputusan akhir tentang karir dia ada di orang tuanya. Mereka pasti tahu yang terbaik untuk Rena!
4. Faktor fans.

Sebagai fans kalian mungkin berhak untuk memberi saran buat karir idol kalian tetapi ingat segala keputusan akhir ada di tangan ‪#‎kakidol‬. dan kalian harus menghormati apapun yang sudah diputuskan oleh dia. lagipula oshihen itu bukan sesuatu yang diharamkan koq. lalala~~~

Reference: Rena Nozawa "Aku Gemetar Ketika Berdiri Di Theater Untuk Pertama Kalinya"



ps: untuk para blogger! aku sangat berkeberatan dengan kelakuan para penulis blog/web yang mengutip sebagian/seluruh artikel FAN48BACKUP tanpa memberikan sumber kepada kita. karena walaupun untuk post ini penerjemahan AWAL artikel ini dari bung andre, tetapi SELURUH tulisan ini (translate-edit-posting) dikerjakan oleh #TeamPenulisCeritaFiksi (tolong hargai usaha kita!). Ataupun jika kalian berkeberatan mencantumkan alamat URL blog, cukup mencantumkan nama FAN48BACKUP saja itu sudah cukup!

Terimakasih sudah membaca postingan ini, Sorry for the long post 
#TeamPenulisCeritaFiksi

read also: Artikel Mengenai Rena Nozawa Di AKB48 Grup Shinbun

by: FAN48

6 comments:

  1. Gwa setuju ama kata-kata lu di atas ,tapi misal ada salah satu member JKT48 yg lain seperti sonya atau lain nya di beri tugas ganda kaya rena berarti harus ikut peraturan sana dong??? Kalo gak mau gimana??? Tolong pencerahan nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. idk, but imo... 8-)

      1. peluang member lokal overseas (JKT&SNH) untuk mendapat kesempatan status ganda di grup jepang sangatlah kecil. mengingat 48G diciptakan hanya untuk orang jepang, bahkan hingga election terakhir sampai rencana AKB48 Draft belum ada tanda jika grup overseas akan dilibatkan dalam mekanisme 48G jepang
      2. seandainya jadi, apabila member lokal JKT tidak berniat terjun di dunia entertainment jepang, cuma menunaikan tugas sbg member group disana doank, aku pikir mereka juga gak bakal berani macem2. imo, gravure itu cuma sebuah kesempatan cara idol untuk dikenal, dan mereka punya hak untuk menolaknya. kecuali mereka sudah masuk di satu agensi khusus dan ada niat di agen tsb untuk men-push dia untuk menjadi idol di jepang, itu baru urusan lain. hal terburuk dari menolak kesempatan gravure ini di jepang yah cuma kurang dikenal masyarakat disana doank. aku pikir gak mungkin sampe ada pemecatan member dari group, asal mereka bisa berbahasa jepang, bisa memaksimalkan acara HS, MnG pasti ada celah untuk terkenal disana (walopun kecil)
      3. Ndak selamanya majalah gravure mengharuskan idol foto gravure koq. member momoiro clover z selama ini tampil di majalah YJ/WP juga gak pernah tampil gravure, karena agensi/manajemennya sudah memberitahu hal ini lebih dahulu kepada majalah seperti itu.
      4. ada kabar rencananya pemerintah jepang akan membuat undang-undang yg melarang foto gravure bagi anak dibawah umur.

      sekali lagi ini cuma opini. anyway, thx buat komennya. (c) :))

      Delete
  2. sebagai fans rena, dari sudut pandang saya sebagai muslim dan sebagai orang indo. jujur, saya tak setuju. tapi, saya sih berusaha dewasa aja.betul kata Anda, kan kultur di sana beda sama di sini. Kalo Rena, memutuskan untuk gravure, ya, saya pasti sedih. Tapi, ya sudah... toh gak akan disebarin di sini juga kan?

    artikel yan bagus.....

    ReplyDelete
  3. bukannya rena mau jadi penulis ? :3 entahlah

    ReplyDelete
  4. bukannya rena mau jadi penulis ? :3 entahlah

    ReplyDelete
  5. memang keputusan untuk gravure buat rena perlu di pertimbangkan mengingat rena kan pernah tinggal di Indonesia selama 4 tahun dan bersama JKT48 2 tahun, jadi mungkin cukup susah juga bagi rena menyesuaikan diri dengan di AKB48

    ReplyDelete

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^