Sunday 28 September 2014

Ini adalah Artikel lanjutan dari



WOTA dan WOTAGEI Trivia

Kali ini kita akan mempelajari sedikit banyak tentang istilah-istilah di dunia wota dan wotagei. Nemu Yumemi, member idol group Dempagumi.Inc juga turut memberikan penjelasan singkat terhadap hal ini. Semoga setelah membaca ini kalian mengerti apa alasan kalian datang ke konser idol dan alasan kalian melakukan wotagei.

  • Wotagei:
Wotagei didefinisikan sebagai gerakan tarian unik dan setiap sorakan yang dilakukan oleh para wota di konser idol dan ani-song (lagu anime). Jenis perilaku ini pernah dianggap sebagai gangguan publik di masa lalu namun untuk sekarang ini wotagei bisa diterima sebagai salah satu bentuk rasa wujud cinta untuk menunjukkan dukunganmu terhadap sebuah grup atau idol tertentu. Namun, perlu dipastikan bahwa kamu tidak boleh terlalu hanyut dengan melompat atau melakukan gerakan yang menghalangi ruang bagi orang lain ketika melakukan wotagei, dan juga harus diingat bahwa di beberapa tempat wotagei itu dilarang. Seorang wotaku sejati akan mengamati aturan dan suasana dari setiap ruang acara sebelum mereka memutuskan untuk melakukan wotagei. Dan menyadari bahwa di setiap daerah yang berbeda juga terdapat aturan-aturan dan cara memulai wotagei yang berbeda-beda. Untuk penjelasan selengkapnya bisa dibaca di .

Istilah lainnya yang berkaitan dengan Wotagei:


1.  Utsu (打つ)                                        : Istilah untuk melakukan Wotagei
2.  Wotageishi (オタ芸師)                      : Sebutan untuk orang yang melakukan Wotagei
3.  Uchi-kyoku (打ち曲)                         : Sebutan lagu yang dimainkan untuk wotagei.
4. Furimane (振りマネ) Furikopi : Isitilah dalam wotagei untuk tindakan wota yang menirukan setiap gerakan performers di stage.

  • Wotaku:
Meskipun kamu juga bisa mengejanya sebagai "otaku" tanpa "w" - tapi mungkin bentuk kata ini yang lebih sering ditulis - semua orang di industri mengejanya sebagai "wotaku" Untuk penjelasan selengkapnya bisa dibaca di .

  • Wotakin:
Gerakan wotagei melibatkan banyak gerakan dance dan lompatan yang menakjubkan, sama seperti orang yang menekuni bidang olahraga secara intensif sehingga membentuk otot yang khas, demikian pula dengan para wota ini ketika melatih gerakan penampilan mereka. Kami menyebut para wotaku yang memperoleh otot melalui gerakan wotagei sebagai "wotakin." (бωб)

  • TO (Top Otaku)
TO dibaca sebagai "Tee - Ooh" 

Ini adalah sebutan untuk "cheers captain", fans yang bertugas mengatur kegiatan perfomance wotagei dalam suatu penampilan panggung idol. Posisi ini secara umum diputuskan secara mufakat oleh kalangan fans sendiri, jadi ini bukanlah mengenai wotaku yang paling dihormati, tetapi mengenai orang yang mampu mengatur dan membantu jalannya kegiatan sang idola di suatu acara.

TO tampil untuk "mengatur" segmen perkenalan diri dari para idol, ini berarti jika pada suatu lagu ada bagian dimana seorang idol bersiap untuk muncul di hadapan para penonton maka biasanya sang TO akan memberi aba-aba dengan menyerukan "Seino (bersiap), *~(nama member)~*-chan !"  dan dia juga berperan untuk menginstruksikan waktu untuk chant MIX dilakukan, termasuk ketika Encore diserukan. Dalam beberapa kasus di acara idol juga sering dijumpai TO yang bertugas dengan membagikan sebuah "call book (chant notes)" yang akan diedarkan kepada seluruh penonton yang berisikan mengenai catatan frase yang disusun sedemikian rupa dalam sebuah lagu untuk memanggil nama masing-masing idol. Pada khususnya, Kamu akan cukup sering melihat ini di konser seiyuu.

Walaupun demikian, posisi TO bukanlah bagian dari staff idol itu sendiri, bisa dibilang peran mereka adalah unofficial staff! TO biasanya berdiri di tempat yang mudah dilihat di sebuah acara idol (karena itu adalah peran dia untuk mengarahkan para fans), akan lebih terlihat lagi ketika kamu menyadari bahwa seseorang TO memiliki asesoris pakaian yang mencolok dibandingkan para fans lainnya. Jadi jika kamu melihat ada fans yang sok-sokan memimpin jalannya sebuah konser idol, jangan iri dengan dia yah, mungkin itu TO nya! kecuali kamu berniat menjadi TO itu sendiri (yang jelas kamu harus mufakat dulu dengan grup fans lainnya.)

  • MIX
"MIX" adalah sesuatu hal yang kamu dengar melalui teriakan yang dilakukan oleh para wota dalam pertunjukan idol. Untuk melakukan MIX kamu tidak perlu melibatkan gerakan tubuh apapun. Oleh karena hal inilah dalam beberapa kasus ada pendapat yang saling berlawanan mengenai status MIX, apakah ini bisa dimasukkan sebagai bagian dari wotagei atau tidak.

Di setiap tempat dan grup yang berbeda terdapat MIX versi mereka sendiri dan selalu berkembang namun yang paling umum digunakan adalah versi standar di bawah ini.


1. Standard Version
" Tiger ( taiga ) , Fire ( faiya ) , Cyber ​​( saiba ) , Fiber ( faiba ) , Diver ( Daiba ) , Viber ( Baiba ) , Jya Jya ( jyajya ) "

2. Versi Jepang
" Tora , Hi , Jinzo , Seni , Ama , Shindo , Kasenbijokyo "

3. Versi Ainu
" Chape , Ape , Kara , Kira , Rara , Tusuke , Myahottusuke "

Mudah di ingat kan?

Penjelasan tentang MIX, Ouen, dan  Call akan dibahas di artikel berikutnya.

  • Lightstick / Cyalume
Ketika berada dalam acara konser idol dan ani-song kalian akan sering menjumpai glow stick (tongkat berpijar) yang di acungkan oleh para fans selama lagu berlangsung. Benda ini juga dikenal sebagai chemical lights (lampu kimiawi), lumica dan lampu lumica , tetapi di Jepang semua jenis ini secara kolektif disebut sebagai "cyalume."

Pastikan untuk kalian memiliki cyalume di tangan ketika kalian pergi untuk mendukung idola kalian di dalam konser . Ada berbagai variasi warna dari cyalume namun harap diperhatikan bahwa setiap member grup juga memiliki warna perwakilan diri mereka sendiri, sehingga banyak orang menunjukkan dukungan mereka bagi member favorit mereka dengan melambaikan glow stick dalam warna tertentu sesuai dengan warna perwakilan sang idol.

Sebagai contoh Yumemi Nemu Dempagumi.inc diwakili dengan warna hijau, Sayashi Riho Morning Musume '14 diwakili dengan warna merah. Untuk Grup AKB48, Team A diwakili dengan warna pink, team K diwakili dengan warna hijau, team B diwakili dengan warna biru.

Kamu  juga bisa mendapatkan glow stick raksasa yang disebut "daisenko" yang mengeluarkan cahaya yang jauh lebih terang daripada cahaya glow stick yang biasa. Ini dapat dibeli di berbagai toko asesoris seharga 100 Yen di seluruh Jepang .

Cara normal menyalakan glow stick adalah dengan hanya menjentikkan dengan kedua tangan seperti pada gambar. 1 , tetapi untuk variasi lain, yang sering dilakukan oleh beberapa pro di acara konser, bisa juga dilakukan dengan meretakannya pada tanah di sela-sela penampilan wotagei rutin - Gbr.2 .

① Basic

● menjentikkan tongkat dengan kedua tangan adalah cara standar pencahayaan glow stick.

② Advanced

● Jika kalian sudah semakin ahli maka kamu dapat meretakkannya di tanah pada saat sela-sela wotagei rutin.

  • Wolverine

Nama ini diambil dari karakter komik Marvel, "X-men," istilah ini digunakan untuk menggambarkan gerakan wotagei yang dilakukan dengan light stick yang disisipkan di antara jari-jarimu - seperti cakar Wolverine.

  • Stardust

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan situasi ketika seseorang mengangkat light stick dan mengayun-ayunkannya ke udara. Ini disebut stardust karena kejadian ini terlihat seperti bintang jatuh . Ini akan terlihat keren jika kalian melihat peristiwa ini terjadi dari arah tempat kursi penonton di lantai atas dimana itu terlihat seperti terbang tepat ke arah depan panggung, tapi ini juga agak berbahaya jadi hati-hati yah. ( бωб )


Melakukan wotagei dari lantai atas adalah sangat beresiko!


Shizuoka (シ ズ オ カ): Peristiwa ketika gedung konser menjadi terlalu ramai dan mereka yang melakukan wotagei akhirnya jatuh terselip ke samping atau ke arah tangga. Pada tanggal 27 Januari 2007 di Yokohama Arena ada seorang pria terluka parah dalam satu insiden tersebut. Istilah ini memiliki arti yang sama seperti ningen stardust (人間 ス タ ー ダ ス ト).


  • Oshi-jan
Oshi-jan adalah peristiwa ketika para wota melompat saat para idol menyanyikan lagu. Kalian dapat sering melihat peristiwa ini di pertunjukan idol. Ketika member favorit kalian ("oshi -men" anda) memiliki bagian solonya sendiri di dalam sebuah lagu dan saat kamu ingin agar kehadiran dirimu dan perasaanmu diketahui oleh dia maka kamu harus melakukan oshi-jan ('Jan' adalah singkatan dari 'jump: melompat') . Semakin tinggi kamu melompat, maka semakin besar perasaan dirimu terhadap idola tertentu yang dapat dirasakan olehnya. Saya selalu melihat beberapa fans melakukan oshi-jan ketika itu menjadi bagian solo saya selama pertunjukan live. ♪

  • Oshi-men
Oshimen adalah singkatan dari, "ichi-oshi member". Oshi-men mengacu pada member favorit anda dan/atau seseorang member yang paling anda dukung di dalam grup tertentu. Istilah ini awalnya yang digunakan oleh grup yang berkaitan dengan Hello!Project dan AKB tapi sekarang itu berlaku untuk hampir untuk semua grup. Jika kalian kebetulan mengubah "oshi-men" anda, maka itu disebut sebagai "oshi-hen." (бωб)

  • DD dan MD
"DD" adalah singkatan dari "Daredemo Daisuki" (saya suka semua orang). Pada khususnya DD adalah seseorang yang tidak memiliki preferensi untuk salah satu member - mereka menyukai yang semua idol. Jika kamu adalah orang yang suka menghadiri beberapa atau seluruh konser idol, orang-orang mungkin akan berpikir bahwa kamu adalah seorang DD. Jika di AKB, maka DD berarti menyukai semua member disana.

Selain itu juga ada istilah MD yang merupakan Singkatan dari 'Minna no Daisuki' (suka semua member / mempunyai lebih dari satu oshimen). (бωб)

  • Maguro (Tuna)

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan orang yang hanya berdiri menatap panggung entah karena mereka tidak tahu cara melakukan wotagei atau karena grup sedang menampilkan sebuah lagu baru dan gerakan wotageinya masih belum diputuskan. Meskipun begitu kami harap kalian bisa masuk ke lagunya dan bergerak dengan secepatnya ( бωб )

Ini berbeda dengan istilah Jizo!

Jizō: Salah satu gaya wota untuk menikmati konser idola: untuk tetap berdiam diri tanpa bergerak seperti halnya patung Jizō yang hanya menatap panggung sepanjang konser, ataupun istilah untuk para wota yang menikmati konser dengan cara ini.

Selain itu ada juga istilah Tiger!


Tiger (タ イ ガ ー): Istilah untuk orang-orang yang berdiri dengan lengan disilangkan ketika menonton konser. 

  • Fashion

Seperti halnya dengan glow stick, mengenakan Happi (mantel tradisional untuk festival Jepang) dalam warna yang sama dengan "oshi-men" anda atau memakai t-shirt grup adalah cara lain untuk menunjukkan kasih sayang kalian dan merupakan cara yang baik untuk berkomunikasi dengan para fans lainnya . ( бωб )

Selain ini, ada juga perbedaan yang cukup menarik untuk asesoris baju yang sering dipakai oleh para fans idol yang di jepang dan di indonesia. Jika di jepang mereka lebih sering mencetak baju dengan tulisan idola mereka di t-shirt baju baseball sedangkan para fans di indonesia lebih sering memakai t-shirt dengan nama idola di kostum sepak bola kesayangan mereka.

Agaknya olah raga favorit juga mempengaruhi trend ini!


Istilah Lainnya dalam Dunia Wota!

Demachi (出 待 ち): 
Istilah untuk menunggu sang idola meninggalkan tempat lokasi untuk mengucapkan selamat tinggal, atau hanya untuk melihatnya. Aku pernah menuliskan sesuatu tentang ini: Read Here

Gyaku-dori (逆 ド リ): 
Menukar posis tempat duduk dengan orang lain yang ada dibelakangnya agar bisa duduk bareng dengan temannya. Ini juga berlaku ketika seseorang menukar posisi tempat duduknya dengan seseorang di belakangnya sehingga dapat memiliki ruang untuk melakukan otagei.

Hosu ​​(干 す): 
Istilah untuk memboikot, seperti pada saat seorang idola menolak untuk melihat fans yang sangat menjengkelkan. 

Houchi-play (放置 プ レ イ): 
Istilah untuk berpura-pura seperti anda tidak suka atau tidak tertarik pada sesuatu; mengabaikan sesuatu yang kamu tertarik sebagai sebuah bentuk kasih sayang yang jahat. Fans pikir hal seperti inilah yang dilakukan oleh kebanyakan idola kepada mereka dari waktu ke waktu, yang membuat hubungan ini menjadi sesuatu yang jauh lebih menarik.

Kan-copy (完コピ): 
Menirukan setiap gerakan dari sang idol atau talent di atas panggung secara persis. Istilah ini lebih tepat ditujukan untuk Grup Cover Dance Idol.

Train Free: 
Para otageishi amatir yang bergerak dengan mengandalkan semangat saja, yang gerakannya masih belum mahir, dan kurang memiliki pelatihan yang cukup dari senpainya. 

Urasenke (裏 千家): 
Perlakuan untuk memuji para wotaku muda ataupun yang baru mulai  melakukan wotagei setelah acara konser. Istilah ini sebenarnya berasal dari upacara kuno minum teh, yang digunakan ketika pelayan selesai menyajikan teh, adalah sopan dengan mengatakan bahwa tehnya yang enak (結構 な お 点 前 で た し). 

Yachounokai (野鳥 の 会): 
"klub penonton burung." Nama otageishi untuk kelompok orang yang hanya duduk dan menatap panggung tanpa bergerak (biasanya dengan memakai kacamata sehingga membuat mereka terlihat semua lebih seperti profesor culun). Mirip dengan tindakan yang cuma duduk-duduk saja dan berusaha terlihat tidak tertarik.


Song Of The Day!:


Dempagumi.Inc - W.W.D



source: Referensi IDOL 101: WOTA

part 5: next week

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^