Monday 24 February 2014


"Idola yang dapat kalian temui." Itulah motto dari unit idola Jepang, AKB48.

Dengan memiliki teater sendiri di Akihabara, AKB membuka pintu untuk para fans untuk secara langsung bisa datang bertatap muka dengan idola favorit mereka - lebih dari grup lainnya yang pernah ada dalam sejarah J-pop. Ini bukan berarti bahwa para idol lainnya tidak memiliki kata catchphrases mereka sendiri, ini adalah sesuatu yang telah berlangsung sejak tahun 1980-an dengan Akina Nakamori "Chotto ecchi na susu ko" ( kira-kira terjemahannya adalah " wajah baru dengan isyarat yang seksi") dan Kyoko Koizumi "Bishou shojo" ( "Gadis yang tersenyum"). Tagline ini adalah kalimat jargon andalan yang  membuat para idola ini semakin menjual dan memiliki ketertarikan sendiri dari dalam. Ini adalah kata catchphrases yang membuat para idol menjadi manusia dengan tingkat yang lebih tinggi, keluar dari jangkauan orang biasa .


Namun konsep idol kembali membumi pada tahun 2006 melalui konsep dari AKB tentang "menemui idola kalian" - dan mereka bahkan menonjolkan konsep tersebut dengan acara meet and greet dalam bentuk acara tkalian tangan dengan member, dan jabat tangan dan foto two-shot. AKB membuat sebuah fantasi kuno tentang idola yang "selalu ada di sisimu" menjadi kenyataan, dan itu adalah salah satu kunci utama keberhasilan popularitas besar mereka.


Pada tahun 2010, enam member dari grup idol BiS memulai debut mereka. Single pertama mereka terdiri dari para gadis yang berjalan telanjang (Dengan menggunakan teknik photoshopped tentu saja) di Hutan terlarang di Gunung Fuji yang disebut Sea of Trees, atau jyukai dalam bahasa Jepang, dan mereka juga melakukan dive di kerumunan dengan hanya mengenakan swimsuit. Bisa dimengerti, jika mereka dapat membuat kehebohan di antara beberapa kalangan penggemar idol - catchphrases mereka pada awalnya adalah "Para idol yang dapat kalian sentuh!?" Dan cukup benar, dengan para gadis ini yang melakukan dive antik, mereka menghidupi motto mereka ini.


BiS melangkah lebih jauh dengan membuat impian terliar dari para fans mereka menjadi kenyataan dengan melakukan acara meet and greet yang sangat pribadi, termasuk sesi pelukan dan meninggalkan bekas ciuman merah besar pada tiket mereka tersebut. Sekarang, hanya dengan membaca kata-kata ini, kalian mungkin berpikir bahwa para gadis ini adalah ampas dari dunia idola - dan harus diakui, mereka bahkan menyanyikan lirik yang seperti itu juga...



Tetapi bagi beberapa orang, ada hal yang tidak selalu tampak seperti apa yang mereka lihat, terutama bagi penggemar dunia idola. Para fans BiS tidak hanya datang karena melihat keseksian mereka dari luar - mereka datang untuk mengalami suasana idol "saat ini", dan fenomena dunia idola. Ini seperti dekadensi pada tahun 1960-an dengan munculnya aliran glam rock dan punk rock pada tahun 1970-an, Lou Reed dan Johnny Rotten (John Lyndon) - melalui lirik dan musik ini, mereka bisa mengungkapkan kenyataan yang ada sekarang terjadi secara modern.


Dan dengan cara yang sama , BiS dan lirik mereka berada di garis terdepan dari dunia idola saat ini. Mereka tidak sedang berusaha menjual mimpi, atau bahkan membuat impian itu menjadi kenyataan . Dengan memainkan bagian peran dari mekanisme untuk meremukkan mimpi dan fantasi, mereka mengekspresikan ikon yang terjadi sekarang. Gigs mereka tidak lebih adalah sekedar ritual untuk mengkonfirmasikan yang baik -dan yang buruk- dunia idola . Dengan demikian, motto "Idols yang kalian dapat sentuh!?" adalah sikap anti untuk motto "Idola yang dapat kalian temui."


Ini tidak berarti bahwa itu kegiatan gadis ini berjalan dengan mulus. Dari enam member asli mereka, hanya dua saja yang tetap, dengan melakukan rotasi member yang ada secara teratur. Dan waktu untuk pembubaran mereka (akan diumumkan tahun ini) semakin dekat. Mereka masih memiliki tur selanjutnya, namun semuanya dilakukan pada malam hari, sehingga mereka akan menghabiskan tidur di dalam mobil .

Dunia idola melihat para idol yang sekarang menjadi booming besar, dan menyorot pada para gadis ini, namun di mana ada sinar matahari yang kuat, maka terdapat bayangan yang jauh lebih jelas. BiS merupakan bagian integral dari dunia underground ini, sisi feminim yang ekstrim dari dunia idol.

source: BiS: The Anti Idol (mtv81)

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^