Thursday 2 January 2014


DEMPAGUMI.inc
adalah grup idola yang berbasis di Akihabara Dear Stage live house and bar di Tokyo. Terdiri dari enam member, dimana setiap membernya memiliki kisah tersendiri untuk diceritakan - cerita yang mewakili setiap sisi lain kehidupan masyarakat Jepang yang lebih gelap.

Hari-hari ini saya bekerja sama dengan DEMPA. Sudah delapan tahun sejak aku sudah begitu dekat dengan dunia grup idola - terakhir kali adalah ketika saya menjadi original visual director untuk grup idol AKB48. Pertemuan awal saya dengan para gadis itu bukanlah suatu kebetulan. Itu terjadi sekitar satu bulan setelah gempa besar berskala 3,11 (Maret 2011) yang mengguncang wilayah Tohoku timur laut, Jepang.


Pada waktu itu, saya mengadakan acara pengumpulan dana amal yang disebut "ONE SNAP FOR LOVE," di mana pada saat itu aku meminta Kyary Pamyu Pamyu untuk tampil sebagai bintang tamu di atas panggung tersebut. Di acara inilah saya bertemu dengan Nemu yumemi dari DEMPAGUMI.inc untuk pertama kalinya, dan aku masih ingat dengan jelas pada saat menerima kartu nama dia pada hari itu dan kemudian mencari URL mereka dan berpikir bahwa para gadis ini pasti hidup dan bekerja dari dunia underground Akihabara.

Pada saat itu, dan tentu saja bahkan hingga sekarang ini, minat terbesar yang membuat saya tertarik adalah pada bagian fashion Harajuku "aomoji-kei". Ini sangatlah blak-blakan, aomoji-kei adalah jenis fashion untuk anak perempuan - dimana mereka tidak memperdulikan tentang apa yang para anak lelaki pikirkan, sesuatu hal dimana inspirasi ditemukan dari pemikiran mereka sendiri. Karena alasan inilah sehingga jenis ini bukanlah jenis "seksi" yang biasa dicari oleh para anak lelaki. Tema mereka ini adalah "Same Sex Kawaii (Kesetaaraan Gender Kawaii)."


Setelah bertahun-tahun bekerja dengan konsep "para gadis yang menarik perhatian untuk para gadis lainnya," Aku secara alami mendapati diriku telah berada di tempat yang benar  sekarang. Kalian mungkin berpikir bahwa para maid yang berseragam dari Harajuku dan Akiba itu terlihat sama, tetapi perbedaannya akan terlihat ketika kalian membandingkan kepada siapa mereka sedang menjadi kawaii untuk - para anak perempuan atau para anak lelaki. Saya selalu berpikir bahwa para gadis di Akiba yang ada dalam fantasi para otaku lelaki itu tidak akan menarik bagi saya ...

(Sedikit melenceng disini, dan sebagai catatan: Ketika saya bekerja dengan AKB, pekerjaan saya adalah untuk membuat para gadis itu menjadi populer di kalangan anak perempuan. Produser AKB Akimoto Yasushi sepenuhnya paham bahwa jika kamu ingin menjadi besar, maka kamu harus menarik bagi mereka. Pemikiran seperti itulah yang kita miliki ketika selanjutnya itu diteruskan dalam bentuk visual, dan aku yakin itulah alasan di balik kesuksesan mereka ini.)



Jadi, pada saat ketika tahun 2012 sedang berlangsung, saya mulai melihat DEMPAGUMI.inc di acara aomoji-kei seperti HARAJUKU KAWAii. "Gabungan dari Akihabara dan Harajuku" - itu adalah sesuatu yang kamu banyak dengarkan pada hari ini. Namun kenyataannya adalah tidak sesederhana itu. Seperti yang saya sebutkan di atas, meskipun dua gaya diatas mungkin tumpang tindih, perbedaan antara menarik perhatian untuk para pria dan wanita itu sangatlah berbeda jauh.

DEMPA memiliki sebuah lagu yang berjudul "WWD," dan itu bercerita tentang kisah sebenarnya dari para gadis ini yang diejek di sekolah dan menjadi orang yang menutup diri. Secara umum, status quo untuk para idol di Jepang adalah untuk memenuhi fantasi dari para pria - untuk "menjadi pacar yang tidak kalian miliki."

Tetapi DEMPA tidaklah seperti itu. Mereka adalah anak gadis biasa yang hanya mengeluarkan kerumitan mereka di tempat terbuka - Bagi mereka, Akihabara bukanlah tempat untuk ilusi bagi beberapa anak cowok, tetapi tempat realitas sebenarnya bagi mereka sendiri. Para member ini terus bekerja dengan konsep untuk mengekspresikan diri mereka seperti jati mereka sendiri, tanpa berusaha untuk menarik perhatian para pria ataupun wanita, melalui metodologi menjadi seorang idola.



Jenis Kawaii semacam ini adalah untuk menjadi diri sendiri. Berlawanan dengan plot dunia idol yang telah ada yaitu untuk memenuhi fantasi dari para fans, ini adalah sebuah pergeseran paradigma. "Jangan menilai dengan singkat orang-orang yang memulainya di level minus!" (Lirik dari WWD) Itulah kata-kata yang DEMPAGUMI.inc lemparkan kepada setiap orang yang tidak peduli kepada orang-orang dengan memberikan awalan yang negatif, seperti halnya mereka ini.

Selama aku bekerjasama dengan para member DEMPA, aku mempunyai harapan yang kuat bahwa kerangka pikiran orang jepang yang hanya bisa menjadi seseorang yang secara penuh diatur oleh kesadaran (dan persetujuan) dari orang lainnya, bisa beralih, meskipun sedikit demi sedikit, menjadi seseorang yang menaruh dirimu sendiri menjadi pusat dari kehidupanmu sendiri.


source: DEMPAGUMI.inc: Same Sex Kawaii (MTV81)

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^