Monday 30 December 2013


Setelah setahun, setlist teater tim J JKT48 yang berjudul Aturan Anti Cinta atau Renai Kinshi Jourei (RKJ) resmi berakhir. Pertunjukan terakhir atau yang biasa disebut dengan senshuraku itu digelar pada Sabtu (28/12) malam. Pertunjukan itu juga menjadi perpisahan dengan Stella Cornelia, member yang memutuskan lulus dari JKT48.

Dua hal itu membuat Teater JKT48 yang menjadi tempat berlangsungnya pertunjukan menjadi benar-benar ramai. Selama pertunjukan berlangsung, penonton meneriakkan chant (yel-yel, red) dengan semangatnya. Stella yang menjadikan malam itu sebagai hari terakhir bersama JKT48 juga tidak kalah semangat.

RKJ adalah setlist kedua tim J setelah Pajama Drive. Setlist ini pertama kali ditampilkan oleh Nabilah dan kawan-kawan pada tanggal 26 Desember 2012. Sekitar dua jam lamanya pertunjukan berlangsung. Aura perpisahan terasa dengan kental. Sebanyak 16 member yang tampil pada malam itu memberikan testimoni tentang setlist Aturan Anti Cinta. Malah, Sonia Natalia, mendedikasikan lagu Virus Tipe Hati untuk kakaknya, Stella Cornelia.

Dia menggubah potongan dialognya yang terdapat di lagu tersebut. Dalam penampilannya bersama Haruka Nakagawa, dan Ayana Shahab itu, dia mengungkapkan rasa sayangnya. ’’Ini sama sekali nggak mungkin. Kupikir begitu. Tapi, sepertinya, aku jadi makin sayang sama Ci Stella,’’ ucap Sonia disambut teriakan dukungan dari penonton.

source: jpnn


Renai Kinshi Jourei




Suasana haru mulai menyeruak saat jeda antara group song dengan unit song. Disitulah para member menceritakan apa saja kenangan termasuk apa saja yang sudah didapat dari setlist Aturan Anti Cinta. Umumnya, mereka mengaku senang karena setlist itu bisa memberi mereka banyak pengetahuan baru di banding setlist Pajama Drive.

Utamanya, soal bagaimana menghayati lagu, teknik bernyanyi, menari, hingga interaksi dengan fans saat di panggung. ’’Kalau lagi dance, suka lihat mulut fans yang ikut nyanyi. Meski nggak bisa dengar, senang karena pesan dari lagu bisa sampai,’’ ucap Devi Kinal Putri, Kapten Tim J.

"Pas bawain RKJ, ngerasa satu langkah lebih maju dari Pajama. Kita belajar agar show yang terus menerus itu nggak bikin bosen,"
kata Beby, di teater JKT48, Plaza FX, Jakarta, Sabtu (28/12/2013) malam.

Menurut Beby, di RKJ member ditantang bagaimana caranya agar berhasil menyampaikan maksud dari sebuah lagu ke penonton. Ada banyak lagu mellow yang harus dibawakan dengan penghayatan yang baik. "Di RKJ nari itu nggak cuma nari, nyanyi itu nggak cuma nari, gimana caranya penonton bisa bawain dan ngerti lagu-lagunya. Pokoknya aku seneng banget sama setlist RKJ ini," ungkap member asal Bandung itu.

Setlist ini punya kenangan tersendiri di hati tiap member. Seperti Haruka yang berkata RKJ adalah setlist pertamanya di JKT48. Setlist ini juga menemani Haruka yang dulunya nggak bisa berbahasa Indonesia hingga jago. "Satu tahun lalu aku belajar RKJ, nyanyinya susah karena pakai bahasa Indonesia, jadinya diulang-ulang lagi. Aku sedih karena nggak bisa. Tapi sekarang (sudah) bisa," kisah Haruka.

Suasana haru juga mewarnai gelaran terakhir setlist berisi 16 lagu itu. Shania Junianatha misalnya, ia sempat tak mampu menahan jatuh air matanya. RKJ telah memberi begitu banyak pelajaran bagi member 15 tahun itu. dia merasakan betul bagaimana banyaknya perubahan pada dirinya saat timnya membawakan setlist itu. Apalagi, ketika beberapa member mempunyai fokus yang lainnya seperti pendidikan. "Terima kasih banget buat setlist RKJ ini yang udah ngajarin banyak pelajaran buat aku gimana caranya untuk kompak, gimana caranya untuk selalu solid," tuturnya.

Ujung-ujungnya, tidak jarang harus ada show yang cuma diikuti hanya 15 orang. Padahal, kesatuan utuh untuk sebuah show adalah 16 orang diluar penari latar. Saat itulah kekompakan sebuah tim diuji. ’’Kerjasama makin meningkat. Saat ada yang sakit, member lain tiba-tiba langsung menggantikan,’’ timpal Sendy Ariani.

Member lain, Beby Chaesara Anadila ingat, bagaimana penampilan timnya mendapat banyak pujian dari fans saat tampil bagus. Tapi, tidak jarang juga munculnya kritikan yang menyebut pertunjukan Tim J garing. ’’Kita evaluasi, supaya menari nggak cuma menari. Menyanyi nggak cuma menyanyi,’’ tuturnya.

source: detik | hai-online



Kelulusan Stella



Show tersebut berakhir sekitar pukul 21.30 dengan pelepasan Stella sebagai member. Dia mendapat bunga dan surat. Air mata mengiringi pemain Bima Satria Garuda itu saat memberikan kata perpisahan. Dalam pesannya, dia berjanji untuk terus melanjutkan dan meraih mimpi-mimpinya yang lain.

"Aku berhenti disini bukan berarti aku nyerah. Aku mau melanjutkan mimpi aku lagi. JKT48 udah kayak keluarga, aku juga bingung nantinya gimana ya kalo udah nggak di JKT48. Aku nggak akan ketemu sama mereka (member lain) setiap hari lagi, biasanya kita ketemu tiap hari latian sampe malem,"’
ucapnya. JKT48, lanjut Stella telah mengubah banyak hidupnya. Banyak pelajaran yang bisa dia gunakan untuk mewujudkan impiannya yang lain. Suasana makin haru karena tangis member saat itu pecah.

"Berat meninggalkan kenangan-kenangan yang ada, kebiasaan-kebiasaan yang ada. Hampir 2 tahun lebih sama mereka, susah senang, nangis bareng, ketawa bareng, aku belajar banyak dari JKT48, dari member, dari semua staf, dan semua yang udah ngedukung JKT48 dari awal sampe sekarang,"
tuturnya.

Stella menilai dirinya selama ini belum sempurna dan masih banyak kekurangan. Namun, JKT48 telah memberi banyak pelajaran yang dapat ia jadikan bekal untuk lebih baik lagi.

"Pelajaran yang udah aku dapetin dari JKT48, aku akan bawa itu keluar, aku akan bawa semua yang udah aku dapet untuk ngeraih mimpi aku diluar sana. Pokoknya yang terbaik buat semuanya, yang terbaik buat aku. Mohon doanya, mohon dukungannya,"
jelasnya.


Lepas dari itu semua, member Tim J JKT48 bakal langsung bekerja keras. Sebab, mereka sudah mendapatkan setlist baru yang berjudul Dareka No Tame Ni alias Demi Seseorang. Belum ada tanggal pasti kapan setlist baru itu bisa mulai ditampilkan di Teater JKT48.

Biasanya, tidak butuh waktu lama bagi tim yang dipimpin Kinal itu akan menggelar pertunjukan setlist baru. Kapten JKT48, Melody Nurramdhani Laksani berjanji bahwa Tim J akan berlatih keras supaya hasilnya memuaskan. ’’Setelah ini akan kerja lebih keras untuk performing setlist baru,’’ katanya saat konser di JCC Senayan beberapa waktu lalu.



source: detik | hai-online


Stella JKT48: Semoga Ini yang Terbaik Buat Semuanya



Stella Cornelia bisa dibilang keluar dari JKT48 saat kariernya mulai menanjak. Tahun ini ia juga merambah karier akting dengan membintangi Bima Satria Garuda. Tapi demi mimpi, ia keluar dari JKT48. "Aku bersyukur banget masih bisa tampil di 2nd Anniversary JKT48 dan di last show RKJ. Berat memang meninggalkan JKT48, tapi semoga ini yang terbaik buat semuanya," ucapnya. "Aku harap semua member menerima keputusanku."

Meski keluar, Stella tetap menjalin hubungan dengan member JKT48 lainnya. Apalagi adiknya, Sonia Natalia juga masih tergabung di idol group tersebut. "Mohon dukungannya ya, semoga JKT48 makin sukses juga! Masih ada Winarto (nama keluarga Stella, RED) yang lain, kok," lanjutnya lagi.

source: hai-online

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^