Wednesday 26 February 2014


Di penghujung dari AKB48 Group Daisokaku Matsuri, sebuah foto ikonik muncul dari materi publikasi oleh AKS; di mana Rina Chikano duduk sendiri sebagai anggota terakhir yang dipanggil naik ke atas panggung untuk penetapan tim barunya.

Ini bukanlah kebetulan. Chikano adalah salah satu dari 287 anggota yang berpartisipasi dalam shuffle terbesar dalam sejarah grup setelah konser Tokyo Dome pada Agustus 2012. Penetapan ke dalam tim internasional diumumkan pada urutan terakhir, namun tidak ada yang bisa memperkirakan kepindahannya ke JKT48. “Saya rasa fans yang menonton di belakang dan anggota yang menonton di depan mungkin bertanya-tanya, ‘Ada apa dengan Chikano? Mereka tidak lupa namanya, kan?’” tulisnya kemudian di blognya.

Rina Chikano bergabung dengan AKB48 pada Oktober 2007 sebagai trainee generasi kelima; bahkan lebih awal dari Aki Takajo, yang merupakan generasi keenam AKB48. Dari ke 13 audisi yang sukses pada generasi tersebut, Chikano merupakan member ketujuh yang diangkat sebegai anggota penuh (dari total sembilan orang yang pernah diangkat), bergabung ke Team K pada tanggal 26 Maret 2009. Ia dipindahkan ke Team B beberapa bulan kemudian pada saat shuffle pertama AKB48 sebelum kembali ke Team K setelah shuffle di Tokyo Dome.

Chikano—lebih dikenal dengan nama panggilan Chikariina—telah berpartisipasi di keseluruhan lima pemilihan senbatsunamun belum pernah mendapatkan peringkat. Ia hanya muncul sekali sebagai senbatsu CD single di “Chance no Junban”, hasil dari berhasil masuknya dia ke 16 besar turnamen Janken di tahun 2010. Karena ia tidak terlalu dikenal oleh fans luar negeri AKB48, transfernya ke JKT48 menghasilkan lautan lalu lintas  web traffic baik dari Indonesia maupun negara lain kepada beberapa situs penggemar dan forum.

“Saya telah belajar banyak hal di enam tahun saya bersama AKB48,” tulisnya, bercermin pada pengalamannya. “Maka dari itu, saya ingin melanjutkan dengan langkah yang berikutnya, dan saya pikir, saya ingin mengambil tantangan untuk bekerja di luar negeri.”


Chikano dilahirkan pada 23 April 1993 di Tokyo, anak kedua dari tiga bersaudara. Saat ia secara resmi bergabung dengan JKT48, ia akan menjadi anggota tertua keempat di grup tersebut setelah Rica Leyona, Haruka Nakagawa, dan Melody Nurramdhani Laksani. Ia adalah salah satu dari dua anggota Grup AKB48 yang diperkerjakan oleh agensi bakat Itoh Company, bersama dengan Reina Fujie.

Tidak diketahui saat ini di tim mana di JKT48 Chikano akan berlabuh. Walaupun ia telah mengekspresikan niatannya dalam menerima keanggotaan di Jakarta, transfer ini belum resmi sampai batas waktu banding berakhir pada tanggal 26 Februari. Saat itu berakhir, ia akan menjadi anggota kelima dari AKB48 yang pernah memegang keanggotaan di grup saudari di luar negeri.

1 comments:

  1. Kenapa enggak sekalian 2 sama temennya chikano, fujie :3

    ReplyDelete

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^