Friday 4 April 2014


Mungkin dunia idola wanita saat ini mungkin masih didominasi oleh AKB48, tapi pada tahun 2012, kita telah melihat Momoiro Clover Z mendapatkan kesuksesan besar mereka di industri ini. Dan tahun lalu, meskipun mereka mungkin tidak pada tingkat ketenaran yang sama seperti MomoClo, namun "sister grup" mereka Shiritsu Ebisu Chuugaku, alias Ebichu, berhasil mengadakan konser solo pertama mereka di Saitama Super Arena, di depan kerumunan lebih dari 10.000 orang. Sementara kita seringkali telah terbiasa dengan istilah "periode peperangan para idola", mungkinkah kita saat ini sedang melihat kelahiran untuk grup hits besar berikutnya yang mungkin bisa menyaingi naga kembar industri ini? Di jaman ini, di mana popularitas grup idola bisa cepat datang dan pergi, Ebichu mewakili grup yang berada pada trend "kebangkitan sister grup" dan "karir solo".

Nanairo no Stardust - 3Bjunior

Munculnya grup yang menyaingi AKB dan MomoClo?

Mungkin ada banyak grup idola saat ini yang telah telah mengadakan konser dan pertunjukan mereka di Nippon Budokan, yang menampung sekitar 5.000 ~ 10.000 orang, tapi sampai saat ini, satu-satunya grup yang disebut-sebut bisa mengisi stadion dengan kapasitas puluhan ribu orang seperti Nissan Stadion hanyalah AKB48 dan MomoClo.

Kusuyama Yukihide, Pemimpin Redaksi Idol-Journal.Inc, yang pernah mewawancarai para idola kelas atas seperti AKB48 dan menghadiri acara pertemuan fans dengan "para idola bawah tanah" yang kurang dikenal, memprediksi dunia idola pop wanita tahun ini akan terjadi seperti ini:

"Standar dan hambatan untuk menjadi grup "Kelas-Stadion" (*grup yang bisa mengisi penonton di dalam stadion secara penuh) itu sangatlah tinggi, sehingga tidak mungkin bahwa kita akan dapat melihat kemunculan grup "Kelas-Stadion" yang lain pada tahun 2014. Sementara itu bagi sebagian besar grup lainnya yang telah menetapkan tujuan mereka dengan mengadakan konser di Nippon Budokan, adalah hal yang memungkinkan bahwa kita mungkin dapat melihat kemunculan grup lainnya, seperti Ebichu, yang menetapkan target selanjutnya pada sebuah hall event yang lebih besar untuk penampilan konser mereka berikutnya."

Dikelilingi oleh "Sister Grup"

Ebichu mencatatkan diri pada tahun lalu sebagai artis tercepat yang bisa mencapai target untuk tampil di Saitama Super Arena, sejak debut utama mereka pada bulan Mei 2012. Selain itu, mereka juga mengamankan kesepakatan kontrak iklan TV dengan CircleKsunkus, dan mengambil langkah-langkah besar ke depan dalam mendapatkan eksposur media yang lebih besar. Seperti MomoClo, Ebichu berasal dari agensi yang sama, Stardust Productions, yang berarti mereka juga menerima lagu yang ditulis oleh komposer MomoClo Maeyamada Kenichi, dan mereka juga bisa tampil sebagai bintang tamu di konser MomoClo. Dari peningkatan pesat atas ketenaran Ebichu, Pemimpin Redaksi Kusuyama berpendapat bahwa "mereka mengambil fans dari MomoClo". Mereka juga mengumumkan, pada bulan Desember tahun lalu, mengenai "transfer" mendatang atas 3 member mereka dalam konser musim semi mereka selanjutnya di Budokan. Oleh karena itu, Tahun 2014 ini jelas merupakan tahun di mana seluruh kegiatan mereka harus diawasi dengan ketat.

Selanjutnya, selain dari Ebichu, MomoClo memiliki sister grup lain seperti "Team Syachihoko" yang berbasis di Nagoya, "Takoyaki Rainbow" yang berbasis di wilayah Kansai, dan "KAGAJO ☆ 4S" yang berbasis di wilayah Kanagawa-Shounan, semua grup ini merupakan pesaing yang layak diperhitungkan dalam hal ketenaran. Sama seperti AKB48 dan SKE48 dan sister grup mereka yang lain; "Morning Musume", "℃-ute" dan "Juice=Juce" di "Kelompok Hello Project"; "SUPER☆GiRLS" dan "Cheeky Parade" di “kelompok iDOL Street". Kecenderungan pengelompokan para idol grup ini menjadi trend yang lebih umum saat ini, sehingga dengan cara ini sangat mudah untuk bisa saling berbagi pangsa pasar dan fans di periode peperangan para idola ini.

Ganbare! - Sakura Gakuin

Munculnya BABYMETAL dan Sakura Gakuin

Sebagaimana popularitas dari grup spin-off yang semakin meningkat, ada juga sinergi yang dibawa oleh para fans yang juga telah mengikuti grup utama. Ambilah contoh BABYMETAL, perpaduan unik dari grup idola dan band heavy metal, yang merupakan grup spin-off dari "Sakura Gakuin", dimana grup itu sendiri dikenal karena memiliki aturan bahwa member harus lulus dari grup ketika mereka memasuki kelas 3 SMP. BABYMETAL baru-baru ini tampil dihadapan 8000 penonton yang besar pada tahun 2013, dan seringkali dinyatakan bahwa mereka lebih bagus daripada grup induknya Sakura Gakuin. Menurut Pemimpin Redaksi Kusuyama, dari pengamatan yang telah dilakukan, ada trend dimana para fans dari BABYMETAL kemudian mulai menghadiri konser dari Sakura Gakuin.


Inikah waktunya untuk melakukan karir Solo? Bakat baru dari internet telah lahir

Di satu sisi, Pemimpin Redaksi Kusuyama memprediksi bahwa "era karir solo" akan datang kepada kita sekitar 1 atau 2 tahun kedepan. "Ada kasus di mana para artis yang baru memulai kegiatan karir solo dia setelah meninggalkan grup mereka. Kasus yang perlu dicatat di sini adalah mengenai mantan member Sakura Gakuin Muto Ayami, yang memulai karir solo dia pada tahun 2013 dan sudah menjadi topik hangat di kalangan para fans idola garis keras."


Demikian pula, Hashimoto Kanna, yang menjadi sangat populer setelah dia ditemukan di internet dan diberi judul berita seperti "malaikat dari surga". Hashimoto yang berasal dari "Rev. from DVL", grup idola yang berbasis di Fukuoka, dan meskipun sampai saat ini dia masih banyak dicari di internet, pada kenyataannya dia tidak mendapatkan perhatian liputan media. Pemimpin Redaksi Kusuyama dengan penuh semangat berkomentar "Sesungguhnya pada tahun 2014 ini, mengikuti contoh utama dari Hashimoto Kanna, ada kemungkinan bahwa ada idola pop lainnya yang akan menemukan kesuksesan besar mereka untuk menjadi terkenal melalui internet. Mereka mungkin adalah grup yang cukup bagus yang berasal di daerah terpencil dari yang pernah kita tahu, sesuatu yang tidak terprediksi inilah yang menjadikan ini menarik."

Apakah Anda merasa bahwa trend "Sister Grup" itu menghasilkan sebuah dampak? Atau akankah era karir solo sedang berlangsung dihadapan kita? Atau mungkinkah, idola nasional berikutnya akan membuat gebrakan mereka dari internet? Dunia pop idola tahun 2014 ini memang berputar pada 3 kata kunci utama ini, yaitu "sister grup", "karir solo" dan "internet".

source: 14年注目アイドル : エビ中ら“妹分”の台頭なるか!? ソロの時代の到来も… (mantan-web)Idol Newsbites


jika kalian tidak berkeberatan, silahkan berpartisipasi di, masih ada waktu untuk voting hingga 5 hari lagi.   

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^