Friday 18 October 2013


Kata kawaii saat ini menjadi salah satu istilah yang paling penting bagi para anak perempuan dan wanita di Jepang sekarang ini.

Meskipun kata ini di dalam bahasa inggris diterjemahkan langsung sebagai "cute (imut)," namun ada banyak aspek dari fenomena kata ini yang tidak bisa disimpulkan dengan satu kata dalam bahasa Inggris . Kawaii adalah cara hidup - ini adalah sebuah budaya. Idol adalah salah satu dari banyak manifestasi kreatif kata ini - dan melalui mereka, dan "kawaii" mereka, kita bisa melihat Jepang "yang sekarang" dan budaya kawaii-nya ini.

Kawaii (untuk tahun 2013 ):
Pada tahun 2013, tidak mudah untuk menjelaskan sesuatu atau seseorang berdasarkan kawaii-esque. ini dapat merujuk kepada :

■ Kawaii yang menarik bagi para fans cowok dalam komunitas yang di dominasi oleh pria
■ Kawaii yang menarik bagi para fans cewek dalam komunitas yang di dominasi oleh pria
■ Kawaii yang menarik bagi para fans cewek dalam komunitas yang di dominasi oleh wanita


Dan bagi banyak orang di Jepang, bahkan bagi mereka yang selalu menggunakan istilah ini, mungkin tidak sepenuhnya sadar mengenai tiga poin di atas. Di dalam artikel ini, istilah "cowok" dan "cewek" akan mengacu kepada para pria dan wanita dari segala usia (ya, termasuk orang dewasa juga ) .

AKB48

■ Idol (kawaii) yang menarik bagi fans cowok. Atau, para fans cewek yang hidup dengan cara cowok memandang (contohnya AKB48) :

Jepang terstruktur sebagai masyarakat yang di dominasi oleh pria. Ada aturan umum yang tak terhitung jumlahnya dan norma-norma yang diterima yang didasarkan pada kebutuhan para pria. Inilah alasan mengapa AC ruangan kantor menjadi panas karena dipenuhi dengan para pria yang mengenakan setelan kemeja, atau pegawai kantor. Ini juga adalah alasan mengapa begitu banyak majalah fashion yang memiliki artikel yang berfokus mengenai moteru, atau "bagaimana untuk menjadi lebih menarik." (Idol) Wanita adalah untuk para cowok, dan dipilih oleh para cowok.

Tokyo Girls Style

Jenis Kawaii semacam ini jelas hanya berlaku untuk para fans cowok. Selama "era keajaiban ekonomi" (pasca - Perang Dunia II - tahun 1991) di Jepang, pada jaman keemasan bagi masyarakat pria, hal ini berada di masa puncaknya. Model seperti ini menjadi mainstream. Unit Idol seperti AKB48 berasal dari periode ini, dan merupakan gadis yang merefleksikan pemikiran dalam sudut pandang fans cowok. Pada umumnya, para idol seperti ini tidak terlalu populer bagi para cewek, kecuali mereka yang dianggap "Sangat terkenal."

Jadi, seperti situasi politik di Jepang yang terkendala dengan hak pilih suara yang tidak menentu, dengan orang-orang yang akan datang dan pergi di antara partai politik yang ada, para fans idol ini juga datang dan pergi. Jadi, hal ini tidak terlalu penting apakah mereka benar-benar menyukai mereka atau tidak - jika mereka pikir orang-orang di sekitar mereka menyukai itu, mereka akan menyukainya juga. Aspek kunci dari jenis kawaii semacam ini adalah untuk bisa memainkan peran yang diterima secara mainstream di dalam dunia yang didominasi oleh pria ini.

Yang termasuk Unit Idol ini adalah AKB48, TOKYO GIRLS' STYLE, SUPERGIRLS dan Idoling!!!.


Momoiro Clover Z

■ Kawaii yang menarik bagi para fans cewek dalam komunitas yang di dominasi oleh pria, dilihat dari cara para fans cewek memandang' (contohnya Momoiro Clover Z ) :

Tapi, "keajaiban " tidaklah selamanya bertahan, dan para pegawai kantoran ini menjadi tidak dapat menggunakan biaya perusahaan mereka. Tanpa kas perusahaan mereka, mereka menjadi miskin. Jadi, arus utama keuangan di Jepang bergeser dari para pria kepada para wanita. Tetapi walaupun begitu para pria yang kekurangan uang ini masih merasa perlu untuk menghabiskan uang mereka bagi para gadis ini, jadi mereka sendiri menghabiskan waktu luang yang kurang itu.

Hal ini menyebabkan para (idol) wanita mulai mencari rasa feminitas mereka sendiri, Suatu hal yang tidak diciptakan oleh lawan jenis. Wanita dan idol, kedua hal ini selalu ada didalam benak para anak laki-laki ketika mereka memikirkan tentang kawaii, tapi pemikiran itu kini mulai bergeser .

BiS

Dikatakan bahwa, jenis kawaii seperti ini masih berada di dalam dunia yang berorientasi di kalangan para pria di jepang, dan masih merupakan pemikiran sosok para gadis (idol) menurut para fans cowok. Namun, perbedaan dengan kawaii yang pertama adalah bahwa para fans cewek juga memilih jenis ini, meskipun jenis ini lebih cenderung ditentukan oleh para fans pria. Para fans pria dari para idol ini menerima jenis feminitas ini, dan bahkan melalui pusat perhatian dari para fans laki-laki di jepang, para gadis idol ini dapat mulai restrukturisasi kawaii mereka sendiri.

Idol Unit seperti Momoiro Clover Z mewakili jenis "kawaii baru" ini, dan para wanita dari segala usia secara impulsif menjadi fans mereka - kini, dunia idola tidak hanya untuk fans cowok lagi, itu terbuka secara adil bagi para wanita juga.

Yang termasuk Unit Idol ini adalah Momoiro Clover Z , UP UP GIRLS dan BiS .


Kyary Pamyu Pamyu

■ Kawaii yang menarik bagi para fans cewek dalam komunitas yang di dominasi oleh wanita - "The Girls Revolution" :

Jenis kawaii ini muncul sebagai kebalikan pemikiran kawaii dari bentuk sudut pandang pria, dan apa yang awalnya dimulai sebagai sebuah gerakan bawah tanah, masuk ke arus mainstream dengan munculnya Kyary Pamyu Pamyu.

Ambilah contoh straight bangs (rambut poni lurus), yaitu pinggiran rambut yang dipotong dengan potongan garis lurus. Baru-baru ini mulai digunakan oleh para idol untuk menggabungkan tampilan ini, karena model ini tidak dianggap menarik oleh para fans pria sampai saat ini. Padahal sebelum straight bangs hanya muncul dalam penerbitan aomoji-kei untuk para cewek, mereka mulai memunculkan ini di majalah pria juga.

Dempagumi.inc

Dengan para gadis yang menjadi pusat ekonomi Jepang, sebuah jenis sistem nilai baru telah lahir: Satu jenis yang tidak dimiliki oleh komunitas pria. Satu jenis yang tidak cuma mendikte cara berpenampilan, tapi juga bertindak melawan balik apa yang diyakini oleh para fans pria menarik melalui gaya perempuan mereka sendiri. Jika pada jenis sebelumnya, Para Idol dalam masyarakat yang didominasi laki-laki tidak memiliki kehendak mereka sendiri, mereka hanya mencoba untuk membentuk diri mereka menjadi ilusi yang diciptakan oleh fans cowok. Namun dengan jenis kawaii seperti ini membuat DEMPAGUMI.inc menjadi hits mainstream sekarang. Ini adalah apa yang saya sebut sebagai "The Girls Revolution'."

Yang termasuk Unit Idol ini adalah Kyary Pamyu Pamyu dan DEMPAGUMI.inc.

source: Idols: I Just Wanna Be Adored (mtv81) 





mungkin banyak yg bingung yah ama artikel ini, singkatnya seperti ini. tulisan ini dibuat untuk menjelaskan perbedaan makna kata "kawaii" ketika melihat idol dalam sudut pandang cowok dan cewek. (idol yang dibicarakan disini adalah cewek)

untuk poin pertama, para fans cowok yg menyukai idol dimana target pasar utamanya adalah cowok
.  bagi para cowok yg menyukai musik idol, sosok idol digambarkan sebagai sosok "gambar" yang diciptakan menurut gambaran mereka. oleh karena itu banyak sekali mmber dari idol group kelompok ini yang terpaksa harus "mengorbankan" keinginan hati mereka demi memuaskan keinginan para fans. dan oleh karena hal ini juga, fans cewek juga terpaksa harus menerima image yg telah tercipta itu. mereka terpaksa harus mendefinisikan kata kawaii sesuai dengan pemikiran cowok. (termasuk gravure) walaupun terkadang itu juga sangat mengganggu mereka. AKB termasuk dalam kategori ini.

poin kedua, para fans cewek yg menyukai idol yang sebetulnya target pasar utamanya adalah cowok
. disini walopun target idol adalah menjaring para cowok, tetapi para cewek merasa mendapat tempat tersendiri karena merasa mereka mendapatkan wadah ngidol yg tepat. Momoiro Clover Z adalah contoh yg bagus untuk hal ini. selama 2 tahun ini mereka sudah mengadakan acara yg disebut On'na matsuri, yaitu konser musik khusus mononofu cewek. dan semakin hari semakin banyak cewek di jepang yg jadi fans mereka. karena kawaii yg mereka lihat bukanlah cantiknya, tetapi kepribadian mereka yg lucu.

poin ketiga, fans cewek yg menyukai idol yg target pasar utamanya adalah cewek. ini adalah kebalikan dari yg pertama.
disini idol merancang grup/kepribadian mereka sehingga menjadi nuansa girls yg kuat. sehingga terpaksa, para fans cowok yg ingin menjadi fans mereka harus bisa menerima sosok imut mereka. karena style yg mereka bangun, mereka ciptakan sendiri di luar kehendak para fans. KPP adalah contoh yg bagus untuk kategori ini.

fakta yg terungkap dari artikel ini, orang yg menjadi fans dunia idol, cenderung untuk berubah2. fleksibel. mereka akan mengikuti pendapat masyarakat sekitar. jadi ketika di sekeliling mengidolakan AKB, mereka otomatis menjadi fans AKB. tetapi waktu ada grup lain yg mengadakan konser disana, mereka sangat mudah berubah menjadi fans mereka pula. this is swing fans.
  added: FAN48








*ps: maaf, untuk menghindari kata ambigu, disini ada banyak kata yang harus disesuaikan maksudnya dengan kata-kata bahasa indonesia. seperti kata boys (anak laki-laki) yang lebih cenderung maksudnya pada fans pria dan girls (anak perempuan) yang cenderung pada fans wanita. jadi kesalahan penerjemahan harap dimaklumi. 

silahkan tulis kritik dan saran di kolom komentar

1 comments:

  1. ane sependapat sama artikel ini. . . kalo dirangkum lebih spesifik lagi, misalkan dari segi musikalitas, AKB48 adalah Idol yg mewujudkan implementasi pemikiran pria. Tampil lucu dan imut . . . Sedangkan musik dari Momoiro Clover Z telah mengimplementasikan pemikiran perempuan sekarang. Musik yang sedikit berani. . . *mohon dikoreksi kalo salah*

    ReplyDelete

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^