Sunday 8 December 2013

AKB48 dan sister groupnya bisa jadi merupakan bagian menakutkan dari dunia idola untuk dipelajari. Tentu, kalian secara samar-samar mungkin telah mengetahui tentang bagaimana grup ini bekerja, gambaran umum tentang konsep mereka sebagai 'Para idol yang dapat kalian temui' dan member utama mereka, tetapi dengan hanya sedikit informasi yang tersedia tampaknya benar-benar sulit untuk masuk ke setiap sudut dan celah atas dunia Idol Group ini dengan jumlah member yang terlalu banyak untuk disebutkan semua namanya dalam satu napas saja.

Untuk itulah posting ini ada. Di sini, mudah-mudahan kalian akan belajar cukup tentang AKB48, untuk memahami konsep grup, sejarah mereka, dan mungkin cita rasa music mereka-khususnya beberapa bagian yang kurang dikenal sebagai harta berharga mereka. Perlu diingat, aku tidak mengatakan bahwa kalian harus melihat terlalu mendalam mengenai grup ini, ini hanyalah sebuah informasi khusus untuk fans AKB48. Dikhususkan bagi kalian yang bersedia untuk mengambil risiko itu.


Mari kita mulai dengan perjalanan menyusuri jalan kenangan.
Di mana kalian berada pada tanggal 8 Desember 2005? Aku? Saya mungkin menghitung hari hingga Natal tiba, hari-hari membosankan di kelas 9. Sementara itu di tempat lain, adapun 20 anak perempuan di Tokyo Akihabara District, mereka dengan gugup sedang menunggu debut teater mereka. Mereka adalah para member pendiri grup musik yang dibentuk oleh  sang produser terkenal Akimoto Yasushi yang terbaru, Akihabara48.


Ya, sebelumnya Akimoto Yasushi telah mengumumkan mengenai AKB48Project, dimana kali ini dia berencana membuat idola grup baru, dengan konsep yang benar-benar berbeda untuk saat itu. dengan menempelkan poster dan menyebar brosuk ke jalan-jalan dan stasiun kereta api. secara cepat terdapat 7.924 surat lamaran yang masuk saat itu, kemudian surat lamaran itu di saring hingga 45 orang dan akhirnya didapatkan pula 24 orang member generasi 1 saat itu. 4 hari setelah pengumuman penerimaan member, pada 3 November 2005, adalah hari pertama untuk memulai latihan "neraka" theater mereka dimulai. dibawah tangan dingin Koreografer Training mereka Natsu Mayumi mereka berlatih dengan sangat keras. pada saat ini disiplin diri adalah nilai penting yang di utamakan untuk mereka bisa bertahan. Takamina bahkan dianggap sebagai murid yang paling lamban untuk belajar. hal itu juga membuat dia harus rela menambah waktu latihannya lebih banyak dari waktu normal.  


 (FYI: pada saat itu, ada 3 benda yang selalu dibawa oleh member yaitu Cooling Patch untuk kepala, Cold Compress, dan Masker)

Sementara itu beberapa member generasi awal yang tidak kuat dengan latihan tersebut memutuskan untuk mengundurkan diri. total terdapat 4 orang dari 24 member awal, memutuskan untuk berhenti. Dan pada akhirnya hari debut itupun tiba, setelah 1 minggu penundaan theater, pada akhirnya para gadis ini bersiap-siap untuk membuat sejarah mereka. Bisa dibayangkan bagaimana suasana belakang panggung tersebut, sementara itu mungkin beberapa gadis disana sedang bertanya-tanya tentang empat member yang berhenti datang latihan, yang lain mungkin sedang meninjau lirik atau koreografi dari setlist lagu pertama mereka, dan sebagian besar mungkin merasa mual dan pastinya gugup. Dengan kata bijak dari sensei mereka, Netsu Mayumi: "Beam from Your Eyes, Power from Your Hands, Aura from Your Pores (Sinar dari matamu, Kekuatan dari tanganmu, Aura dari kulitmu)". Pada akhirnya merekapun bersiap untuk tampil.  

Jam 7:00 overture-pun mulai dimainkan dan para gadis mulai naik ke panggung untuk penampilan pertama mereka di teater Akihabara48 yang baru dibangun di lantai 8 di Don Quixote department store. Ada 72 orang di kursi penonton teater yang berkapasitas 250 orang itu. Kebanyakan dari mereka dapat dikenali sebagai para keluarga dari para gadis-gadis atau para staff, teman-teman dan anggota pers mengisi sebagai sebagian besar penonton pertama kelompok itu. Pada hari itu, hanya 7 tiket yang terjual (65 orang sisanya merupakan undangan).
"Member pendiri Minami Takahashi mengatakan: Dua puluh member lulus audisi pertama, tetapi hanya lima yang tetap bertahan. Pada awalnya, itu hanya memutuskan kami akan menyanyikan lagu-lagu dalam acara yang diproduksi oleh Mr Akimoto dengan teater di distrik Akihabara Tokyo sebagai basis aktivitas kita.
 "Ketika ditanya apakah dia punya kesulitan setelah bergabung ke grup, Takahashi mengatakan," Ya. Saya tidak mempunyai pengalaman panggung. Aku sangat gugup ketika saya menyanyikan lagu atau menari di bawah lampu sorot di depan orang asing. Sementara kita biasanya memakai pertunjukan di teater yang dapat menampung 250 orang, hanya tujuh orang muncul untuk salah satu penampilan kami. Butuh waktu untuk menarik semua orang untuk mengisi sebuah teater... Kami benar-benar tidak dikenal selama lima tahun pertama. Kami berusaha keras, tetapi hal-hal tidak berjalan dengan baik atau kita merasa tidak dihargai. [Sumber: Yomiuri Shimbun, 1 Juni 2012]

Setelah penampilan grup yang pertama, pada hari itu, mereka langsung turun ke sekeliling jalan dan sekitar mall untuk membagikan brosur. dan mereka terus melakukan pertunjukkan itu hampir setiap hari. Hari demi hari mereka melakukan penampilan itu hanya untuk para penonton yang jumlahnya sangat sedikit.  

(FYI: tepat 1 minggu setelah debut, pada tanggal 16 desember 2005. untuk pertama kalinya di adakan acara handshake (jabat tangan), peristiwa ini dilakukan karena pada waktu itu terjadi "Stage Trouble" di sebabkan oleh kerusakan di peralatan sound systemnya. akibatnya, pertunjukkan tidak dapat dilakukan. ada 50 penonton pada saat itu, mereka akhirnya mengadakan acara handshake, tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan two shoot bersama dengan member favorit mereka.)

Maeda Atsuko ingat ketika di beberapa pertunjukan, di mana para jumlah para gadis ini kalah banyak dengan orang yang menonton. Beberapa gadis-gadis itu di hampir berhenti, sebagian besar menangis setelah pertunjukkan selesai. Tak lama kemudian, produser mereka mengumumkan audisi untuk generasi ke-2 atas grup. Bagaimana mereka bisa berfungsi dengan banyaknya gadis dan penggemar yang begitu sedikit? Rasanya sia-sia. Tapi entah kenapa, Akimoto akan mengerjakan sihirnya nantinya.


Pada awal tahun 2006, grup ini bersiap untuk single pertama mereka, Sakura no Hanabiratachi. Lagu ini menjadi favorit penggemar dari pertunjukan panggung mereka dan sedang dirilis tepat pada waktunya untuk musim kelulusan, saat lagu dengan tema-tema seperti Sakuhana yang paling populer. Mereka juga cukup beruntung bahwa lagu-lagu itu termasuk dalam single yang disisipkan lagu untuk drama dan variety show. Ketika mereka siap untuk hari rilis, mereka melihat peningkatan jumlah penonton ke teater.

Antusias yang diciptakan oleh audisi generasi ke-2 juga telah berhasil meningkatkan jumlah fans, meskipun hanya sedikit. Mereka tidak berhasil membuatnya mencapai kapasitas penuh, tapi kerja keras mereka dapat terlihat dengan semakin terpenuhinya ruangan. Kemudian pada tanggal 1 februari 2006, hari rilis tiba. AKB48 telah menjadi HIT lebih besar dari yang diharapkan, Sakura no Hanabiratachi masuk ke dalam 10 tangga lagu Oricon mingguan. Walaupun dirilis dengan label indie, tetapi ini adalah kesempatan besar dan mengumpulkan beberapa perhatian untuk grup ini.


Pada tanggal 26 Februari 2006 Audisi generasi kedua dimulai, dengan menggunakan sistem audisi yang unik, pada waktu ini, pelamar hanya cukup menggunakan foto HP saja. tercatat ada 11.892 surat lamaran yang masuk, dan pada akhirnya hanya 19 yang diterima. dan merekapun diresmikan sebagai Tim K. Dua bulan kemudian, 1 April 2006, generasi ke-2 AKB48 memulai debutnya sebagai tim kedua member: Tim K. Sebelumnya, salah satu member original grup, Usami Yuki, lulus dengan keinginan untuk menjadi model. Grup ini juga mendapatkan member lain sebagai tambahan grup pertama, Shinoda Mariko. Dia telah populer di antara para fans AKB pada saat itu meskipun dia hanya bekerja di sebuah kafe, dan penggemar menyelenggarakan petisi untuk menambahkan dia ke grup setelah ia gagal di audisi pertamanya.

Pada pertunjukan pertama Tim K, mereka akhirnya mencapai tujuan lama yang sudah lama ditunggu oleh mereka yaitu jumlah penonton teater yang penuh. Walaupun keadaan itu cuma bertahan 3 hari, dan setelah itu jumlahnya mengalamai penurunan secara signifikan hingga setengahnya setelah itu, tetapi tujuan memiliki theater yang penuh kapasitasnya terus membuat grup ini terus berjalan. Team A memulai stage keduanya, dan kelompok terus mendapatkan penggemar. Pada 6 Juni, 2006, AKB48 merilis single indies ke-2 nya, juga lagu populer dari stage pertama mereka: Skirt, Hirari. disini juga akhirnya mereka membuat debut penampilan tv pertama mereka di Music Station dan Music Fighter.
 

Lagu ini memperkenalkan konsep anggota terpilih untuk single AKB, yang sekarang disebut senbatsu oleh para fans. Tujuh anggota yang dipilih untuk menyanyikan versi single dari lagu ini disebut 'SukaHira7' oleh para fans dan itu dimaksudkan kepada member utama grup ini. Pada pertunjukkan theater Team A stage 2 terdapat beberapa perubahan formula member ini dengan mengganti Narita Risa dengan penambahan baru Shinoda Mariko, tapi 6 member lainnya dipertahankan posisi sentralnya didalam grup.

Pada pertengahan tahun 2006, audisi tim B diumumkan dan pada 22 agustus para fans membentuk fanclub pertama mereka yang diberi nama "Hashira no Kai" yang menunjukkan bahwa mereka memiliki fans yang setia, dan pada 25 oktober AKB48 akhirnya merilis "Aitakatta", debut single pertama mereka dibawah label besar. dan sekali lagi ini adalah sebuah lagu populer dari lagu pertunjukan stage theater mereka, tapi berbeda dengan sebelumnya, kali ini mereka tidak hanya menggunakan para member dari Team A saja atau beberapa member keseluruhan, kali ini mereka menggunakan seleksi member dari kedua tim. Single ini tidak masuk tangga chart sebaik single pertama mereka yang indies, namun tetap menjadi lagu favorit penggemar dan sering ditampilkan di teater untuk pertunjukan penting/bersejarah dan di setiap konser mereka.


Pada tanggal 3-4 november 2006, AKB48 mengadakan konser hall pertama di Japan Youth Hall dengan 1400 kursi (5 kali lebih banyak daripada yang ada di theater) yang di beri judul "Aitakatta ~ Hashira wa Naize~" dan mereka secara teratur melakukan untuk orang banyak lebih besar dan lebih besar. Pada akhir konser pertama mereka, diumumkan bahwa grup akan di shuffle ke dalam dua kelompok permanen: Baragumi dan Yurigumi, walaupun saat itu hanya ada Team A dan Team K. Pengumuman itu mengejutkan untuk para penggemar dan para gadis, namun tidak pernah direalisasikan.




(FYI, pada konser ini pula terjadi kejadian dimana waktu konser harus berakhir lebih lama daripada waktu yang telah ditentukan, itu disebabkan karena saat salam perkenalan para member yang terlalu lama dan bertele-tele. Anyway, konser outdoor pertama AKB48 di adakan pada tanggal 23 agustus 2008 di Hibiya Outdoor Concert Hall.)
 

3 desember 2006, Team B akhirnya di bentuk, dengan menerima 12.828 surat lamaran yang masuk, pada akhirnya hanya 19 orang yang diterima. Sekitar waktu ini juga diumukan bahwa empat member original dari Team A: Hirajima Natsumi, Urano Kazumi, Masuyama Kayano dan Watanabe Shiho akan ditransfer ke tim baru, Tim B. Namun, tepat sebelum akhir stage ketiga Team A , Orii Ayumi mengumumkan ia akan meninggalkan grup dan Masuyama tetap dengan Tim A.
Pada 8 Desember 2006, ulang tahun pertama AKB48, 18 gadis ini memulai debutnya di panggung dengan tiga member Tim A original sebagai 'Tim B'. Pada 31 Januari 2007, single mayor kedua mereka, "Seifuku ga jama wa suru" dirilis



Pada tanggal 8 April 2007, Team B membuat debut Theater yang lama ditunggunya. Dari 21 gadis yang terpilih setelah 5 bulan sebelumnya ditunjuk menjadi member tim baru, hanya 16 yang tetap bertahan. dan hingga akhirnya AKB48 mencapai tujuannya dengan 48 anggota, 16 member di masing-masing tim.

Tahun 2007, Single demi single yang dirilis, semuanya adalah lagu favorit penggemar dari penampilan stage. Tiap single menampilkan lineup yang sedikit berbeda dari setiap gadis, dan terlihat beberapa gadis masuk dan pergi di dalam pemilihan sepanjang tahun. hingga akhir tahun, AKB masih belum membuat gebrakan kepada publik, sehingga untuk single ke-4 grup untuk tahun itu (dari 5), diumumkan bahwa untuk konser AKB berikutnya ini para fans akan bisa memilih setlist. Setiap copy berisi pemungutan suara di mana Anda bisa memilih lagu favorit Anda, dan diurutkan menjadi Top 100 lagu yang ditampilkan dalam acara konser selama empat hari pada Januari, 2008. Praktek ini telah menjadi acara tahunan sekarang. 

(FYI, ada 4 single yang di rilis pada tahun ini: Keibetsu Shite Aijo (18 april), BINGO! (18 juli), Boku No Taiyo (8 agustus), Yuuhi wo Miteiruka? (31 oktober).

Pada musim panas 2007, Sebuah pengumuman mengejutkan diberikan secara tak terduga, setelah sebelumnya pada akhir tahun 2006 diumumkan tentang Baragumi dan Yurigumi. Kini diumumkan bahwa untuk stage terbaru di teater berikutnya, Tim A dan K akan di shuffle ke dalam satu tim 'Himawari-gumi,' dan terdiri dari dua tim yang berbeda yang terdiri dari member dari kedua tim melakukan stage yang sama sepanjang akhir tahun 2007 hingga memasuki tahun 2008. Stage Himawari-gumi 1 dan 2 juga merupakan tonggak sejarah untuk grup karena mereka menampilkan 16 lagu, bukan 15 lagu pertunjukkan seperti yang telah dilakukan sebelumnya. Himawari-gumi stage 2 juga terlihat meninggalkan dari seifuku klasik di kostum mereka dan mengambil tema idol yang lebih umum.

Pada saat itu, para gadis itu ragu atas masa depan grup: apakah grup himawari itu permanen? Tidak ada yang bisa meyakinkannya sampai akhir dari grup stage ke-2 Himawari-gumi selesai: lalu Diumumkan bahwa Tim A akan ditampilkan kembali (Revival) stage ke-4 dan Tim K akan memulai stage ke-4 mereka. Pada tanggal 31 desember 2007 AKB48 untuk pertama kalinya tampil kedalam acara Kohaku Uta Gassen ke 58. disini mereka membawakan lagu "Aitakatta" yang sejatinya berdurasi 3 menit, di potong hanya 95 detik saja. disini juga mereka memecahkan rekor artis terbanyak yang pernah tampil di Kouhaku dengan membawa 43 member. mereka tampil bersama dengan Leah Dizon dan Shoko Nakagawa.

>>next

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^