Friday 22 February 2013


Mereka yang telah mencoba untuk membeli album Heavy Rotation JKT48 secara online akan pernah melihat situs NadaTop.com, yang saat ini merupakan satu-satunya alternatif ke Rakuten–MNC JKT48 Official Online Shop. Pembeli mungkin juga telah memperhatikan desain yang relatif buruk dari situs ini. Seharusnya tidak mengherankan kemudian untuk mengetahui bahwa NadaTop memang diciptakan di menit-menit terakhir oleh Media Nusantara Citra network.

Catatan WHOIS yang tersedia untuk umum mengungkapkan bahwa nama domain NadaTop.com telah didaftarkan pada tanggal 10 Januari 2013, hanya lebih dari satu bulan sebelum album JKT48 itu dirilis. Sementara satu bulan mungkin waktu yang cukup untuk mempersiapkan beberapa pengembangkan infrastruktur web yang layak, desain kasar dari NadaTop mengindikasikan bahwa itu adalah upaya secepatnya untuk segera membangun kehadiran web dalam rangka persiapan untuk peluncuran album.

Selain itu, domain nama TopNada.com juga didaftarkan pada hari yang sama. Situs yang saat ini didaftarkan sebagai kedok untuk NadaTop.com.

Catatan WHOIS untuk kedua domain itu menunjukkan bahwa mereka didaftarkan ke PT. Impact Makmur Sejahtera, yang juga beroperasi di bawah nama dagang Impact Music. Perusahaan yang saat ini dimiliki TokoRohani.com, sebuah distributor Musik rohani kristen. Perhatikan bahwa desain website ini mirip dengan NadaTop.com, yang menegaskan hubungan di antara kedua website ini.

Retailer (pengecer/penjual) musik indonesia DiscTarra juga mendaftarkan perusahaan ini sebagai salah satu mitra distributornya, yang menunjukkan bahwa DiscTarra bisa menjadi pilihan retail JKT48 untuk rilisan di masa depan.

Kedua catatan WHOIS juga mengungkapkan Alberd Tonani sebagai kontak pendaftar. Tonani muncul dalam beberapa detik pertama di video YouTube tentang konferensi pers peluncuran Heavy Rotation di Channel Resmi JKT48 sebagai juru bicara NadaTop.com. (Hal yang juga menarik untuk dicatat bahwa Tonani telah merilis sebuah album musik kristen di iTunes, dan Impact Makmur Sejahtera dihubungkan sebagai distributor album.)

Penyelidikan lebih lanjut tentang koneksi Tonani mengungkapkan bahwa ia adalah kepala eksekutif atas keduanya, Impact Makmur Sejahtera (sebagai distributor album) dan Hits Record (sebagai produser album). Karena Hits Records adalah anak perusahaan dari RCTI sebagaimana disebutkan dalam artikel sebelumnya, hubungan antara NadaTop.com dan Grup MNC adalah cukup jelas.

Karena hubungan antara NadaTop.com dan Hits Record telah ditetapkan, kita mungkin juga dapat berspekulasi bahwa masalah tertundanya produksi rilis Heavy Rotation berasal dari salah satu dari dua perusahaan ini. NadaTop.com mulai beroperasi satu minggu sebelum hujan lebat datang di Jakarta, yang seharusnya menunjukkan bahwa rencana untuk merilis album yang dijadwalkan sampai dengan jangka waktu tersebut.

Sangat mungkin bahwa banjir yang selanjutnya menghambat produksi pada Hits Record atau distribusi oleh Impact Makmur Sejahtera, atau kombinasi dari keduanya.

source: http://www.jkt48stuff.com/2013/02/the-story-behind-nadatop-com/


0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^