Friday 31 May 2013


Akhir pekan lalu saya akhirnya memiliki kesempatan untuk terbang ke Jakarta lagi dengan beberapa teman untuk menonton JKT48. Ini bahkan belum 2 bulan sejak saya menjadi penggemar JKT48 pada kunjungan saya sebelumnya tapi aku sudah tidak sabar untuk kembali, dan saya meraih kesempatan pertama yang saya bisa. Sementara aku masih berada di bala tentara, cuti saya sangat terbatas sehingga saya harus menunggu sampai Hari libur Waisak di Singapura pada hari Jumat untuk meminimalkan penggunaan cuti saya.

Tidak seperti perjalanan pertama saya di mana hanya ada pertunjukkan JKT48 Trainee, kali ini keduanya ikut tampil baik Team J stage [Renai Kinshi Jourei] pada Sabtu, 25 Mei, serta stage baru JKT48 Trainee' [Boku no Taiyou] pada Minggu 26 Mei . Sayangnya pada siang hari Team J adalah acara khusus perempuan dan anak-anak saja, jadi saya hanya membuat laporan saya hanya pada 1 pertunjukan malam saja.

Tapi sebelum saya mulai dengan laporan stage, saya harus menyebutkan bahwa pengetahuan saya tentang Bahasa Indonesia belum bertambah baik sejak kunjungan terakhir saya. Paling-paling saya telah belajar beberapa kata baru.


Tim J 2nd Stage [Renai Kinshi Jourei]

Tanggal: 25 Mei 2013
Performer:
Ayana Shahab, Beby Chaesara Anadila, Cindy Gulla, Frieska Anastasia Laksani, Gabriela Margareth Warouw, Ghaida Farisya, Haruka Nakagawa, Jessica Vania, Jessica Veranda, Melody Nurramdhani Laksani, Nabilah Ratna Ayu Azalia, Rena Nozawa, Rica Leyona, Sendy Ariani, Shania Junianatha , Stella Cornelia

Songs

Seperti biasa, aku memiliki kesulitan menyesuaikan untuk pengubahan bahasa. Saya telah mendengarkan versi Jepang yang asli sejak stage itu dirilis sehingga selama acara aku terus bernyanyi bersama-sama dengan lirik bahasa jepang lol. Hal lain yang membutuhkan beberapa adaptasi dengan adalah gaya nge-chant unik yang berbeda dari para wotas JKT48. Sebagai contoh di Jepang, para wotas tidak nge-chant ke lagu-lagu seperti Nagai Hikari dan JK Nemurihime. Tapi itu adalah perubahan yang baik dan tentu saja memeriahkan pertunjukan.

MC

MC Team J juga menyenangkan dan meriah. "MC Tim J yang Melegenda" saya menamainya demikian, karena setiap orang mengatakan bahwa mereka terkenal karena pasti bisa menghidupkan acara, bahkan walaupun setengah dari MC itu adalah Haruka yang tertawa. Dia terus mencuri pertunjukan dengan sifat kekanak-kanakannya dan ketidakmampuannya untuk mengucapkannya dalam Bahasa Indonesia dengan baik (spell huruf R dan L dll). Misalnya ketika ditanya apa film yang dia ingin bintangi, dia menjawab Iron man, tapi ia mengucapkannya dalam bahasa Indonesia "ayo man" (come on, man), menyebabkan kebingungan yang heboh dan ketika seluruh member akhirnya mereka menyadari apa yang dia maksud dan mengkoreksinya, dia tertawa lepas selama 5 menit penuh. Hal ini terjadi selama MC ke-2. Saya sangat kagum pada betapa banyaknya Bahasa Indonesia yang telah dipelajari oleh Haruka. Dia berbicara hampir secara alami sekarang. Tetaplah bekerja dengan baik Haruka.

Untungnya bagi saya hari itu, saya merasa senang duduk di baris ke-3 bersama dengan Richardson dari JKT48stuff, yang membantu menerjemahkan sedikit dan potongan MC untuk saya sehingga saya tidak merasa terpinggirkan. Saya tidak ingat sebagian besar isinya tapi aku ingat bahwa di salah satu MC Haruka mengatakan ia ingin film dokumenter dari JKT48, yang kemudian disetujui oleh seluruh penonton. Kemudian dia menambahkan bahwa dia ingin menjadi produser, juru kamera dan pada saat yang sama membintangi film tersebut. Hahaha. Pada topik yang sama, Gaby juga mengatakan bahwa ia ingin agar JKT48 memiliki Cafe & Shop seperti apa yang dimiliki AKB48. Saya pikir bahwa itu akan cukup bagus jika keinginan ini dapat direalisasikan.

Member

Saya harus mengakui bahwa meskipun JKT48/Team J telah mengeluarkan semuanya setelah selama lebih dari satu tahun, saya belum mendapatkan banyak perhatian untuk mereka, hingga perjalanan saya sebelumnya di mana saya melihat para trainee. Paling-paling saya menonton beberapa video dari mereka, tetapi tidak benar-benar menarik minat saya. Semua teman-teman saya yang telah menyaksikan JKT48 memiliki anggota favorit di Tim J, jadi aku tinggal sebagai satu-satunya orang dari kelompok ini yang belum memiliki oshi Trainee, tapi saya memiliki rasa bersalah di wajah karena saya belum melihat Tim J secara pribadi .

Aku datang ke pertunjukkan ini berharap untuk akhirnya menemukan oshimen Tim J, tapi aku meninggalkan pertunjukkan dengan tangan hampa dan dengan perasaan saya yang lebih kuat untuk Rona.

Sekarang jangan salah paham, para member ini sangatlah bagus. Mereka bisa menyanyi dengan enak dan menari yang bahkan lebih baik. Secara khusus, Stella, Jeje dan Beby paling mengesankan saya. Stella menyanyikan kalimat pembuka di Nagai Hikari dan kecakapan vokalnya tak tertandingi dibandingkan dengan member lainnya. Baik dia dan Beby mengguncang Renai Kinshi Jourei. Dan Jeje memberi Kuroi Tenshi kepada tingkatan baru atas keseksian yang belum pernah saya lihat sebelumnya ketika AKB48 tampil di Singapura.

Tapi ada sesuatu yang hilang. Entah kenapa aku tidak bisa menemukan koneksi dengan member seperti yang saya rasakan dengan Rona ketika pertama kali aku melihatnya. Mungkinkah aku masih belum ditakdirkan untuk menemukan favorit di Tim J? Saya menyadari bahwa menemukan oshimen tidak semudah seperti kelihatannya, dan menghargai ikatan yang saya temukan bersama Rona.

Keputusan Akhir

Aku memiliki harapan yang sangat tinggi pada stage ini dari semua komentar dan tweet mengenai laporan saya sebelumnya saat menonton stage trainee, tapi entah kenapa aku kurang terkesan. Saya tidak yakin apa yang kurang, tapi itu pasti bukan karena membernya. Mereka mempertunjukkan vokal dan tarian mereka dan saya jelas-jelas terkesan ketika itu datang ke departemen ini. Juga bukan karena MC, seperti yang disebutkan di atas. Mungkinkah karena setlist stage itu sendiri? Saya dan teman-teman saya setuju bahwa dibandingkan dengan Pajama Drive, Renai Kinshi Jourei ini lebih santai dan, mengutip kata-kata "bersantai di pantai pada sore musim panas". Jika itu adalah alasannya, maka saya akan mengatakan bahwa Pajama drive akan lebih seperti "remaja yang menyenangkan" dengan banyaknya jumlah lagu energik dan ceria disana. Kalau saja dulu aku di sini untuk menonton stage Pajama Drive Tim J, tapi itu sudah terlambat.

Meskipun kadang-kadang saya merasa kuper ketika teman-teman saya berbicara tentang hari-hari awal JKT48 dimana para member dapat men-tweet secara pribadi dengan Anda dll, dan betapa saya ketinggalan waktu terbaik dari Tim J, tapi saya yakin bahwa ini bukan alasannya. Aku tahu pasti bahwa saya belum melihat yang terbaik seperti yang ditawarkan oleh oshimen saya Rona dan saya yakin dia juga mampu mencapai ketinggian baru yang belum terlihat sebelumnya.

Tunggu sebentar bukan terlalu dini untuk mengatakan itu? Aku bahkan belum berbicara tentang stage Trainee JKT48. Mari kita langsung membahasnya. LOL



JKT48 Trainee 2nd Stage [Boku no Taiyou]

Tanggal: 26 Mei 2013
Performance:
Alicia Chanzia, Cindy Yuvia, Della Delila, Intar Putri Kariina, Jennifer Hanna, Jennifer Rachel Natasya, Lidya Maulida Djuhandar, Nadila Cindi Wantari, Natalia, Noella Sisterina, Ratu Vienny Fitrilya, Riskha Fairunissa, Rona Anggreani, Shinta Naomi, Thalia, Viviyona Apriani

JKT48 Trainee mengadakan Senshuuraku (penampilan  terakhir) untuk stage mereka sebelumnya [Pajama drive] pada awal bulan ini. Jika saya tidak terbang selama perjalanan saya sebelumnya, saya mungkin akan melewatkan stage terbaik yang ditawarkan JKT48. Namun meskipun saya sangat sedih bahwa saya tidak bisa melihat Pajama Drive lagi, pada saat yang sama itu adalah pengalaman yang luar biasa untuk melihat stage baru yang masih belum dipoles. Bukan berarti para member tidak melakukan hal yang buruk, faktanya mereka itu luar biasa tapi aku melihat mereka masih menyesuaikan gerakan tariannya.

Ini adalah pertama kalinya saya dalam dua bulan bersatu kembali dengan Para Trainee. Sayangnya untuk perjalanan ini, saya hanya memenangkan Super Far Seat untuk pertunjukkan Tim J kemarin (meskipun saya meminta untuk Super Far Seat Tim Trainee lol) jadi saya harus puas dengan tiket General. Itu tidak berjalan dengan baik karena untuk kedua acara bingo kami dipanggil yang terakhir dan harus berdiri di belakang. Ini tidak masalah untuk pertunjukkan ke-1 tapi setelah pertunjukkan ke-2 berturut-turut kaki saya mulai kram.

Noon Show
Aku akan melewatkan laporan untuk pertunjukkan ke-1, karena terus terang mayoritas penonton tidak benar-benar ada disana. Mereka hanya duduk di sana tidak melakukan apa-apa, lightsticks mereka dihidupkan tetapi berada di pangkuan mereka bukan di tangan mereka. Satu orang dekat saya bahkan duduk pertengahan penampilan, di daerah berdiri! Memang itu adalah stage baru jadi saya bisa mengerti jika tidak ada chant, tapi bahkan selama perkenalan diri penonton secara umum tetap diam. Edan, teman saya bersorak lebih daripada orang-orang yang lain. Itu hanya terjadi sampai Lay Down kemudia orang-orang ini akhirnya menghidupinya.

Interaksi fans bekerja dua arah
. Jika para gadis melihat sepertinya para penonton tidak bersemangat, mereka tidak akan terlihat perlu untuk memberikan segala yang mereka punya. Dan itu persis seperti apa yang saya lihat. Setelah 4 atau lebih lagu, tarian mereka mulai kendur. Saya tidak meminta kalian untuk mengetahui chant untuk setiap lagu atau berteriak semua nama member', karena terus terang saya tidak tahu bahkan setengah dari nama membernya atau chant. Tapi setidaknya yang bisa kalian lakukan adalah menunjukkan kepada para gadis ini bahwa kalian tertarik pada apa yang terjadi.

Night Show

Acara ke-2 ini adalah perbaikan besar atas yang pertama.
Dan sebagai bonus, ini adalah acara ulang tahun Acha. Hal ini tidak saya ketahui begitu juga sebagian kelompok saya jadi kami beruntung telah mengajukan dan memenangkan pertunjukan ini. Karena ini adalah acara ulang tahunnya, dia akhirnya menjadi subjek dari semua MC. Salah satu topik MC ini adalah "ngomongin member lainnya", tetapi pada akhirnya mereka semua hanya berbicara tentang Acha lol. Ini lucu melihat Acha mendapatkan ejekan selama pertunjukan ulang tahunnya. Sayangnya karena mereka trainee, tak ada kue ulang tahun untuk Acha pada akhirnya.

Songs

Stage Boku no Taiyou adalah persis seperti apa yang saya harapkan untuk terjadi.
Sebelumnya saya menyebutkan bahwa Renai Kinshi Jourei adalah untuk "bersantai di pantai" dan Pajama drive akan seperti "remaja yang menyenangkan". Maka, Boku no Taiyou adalah hampir sama dengan Pajama Drive tapi sedikit mengurangi "remaja yang menyenangkan" dan menambahkan lebih banyak lagi "hormon yang mengamuk", yang tidak lain berasal dari Lay Down.

Lay Down secara pasti menjadi sorot utama dari stage ini bagi banyak orang. Setelah semua itu siapa yang tidak akan menghargai para gadis ini yang menyentuh kulit satu sama lain secara sugestif, bertindak gaduh dan melakukan headbanging? Untungnya itu tidak disensor seperti banyak pemikiran akan karena liriknya yang mencolok. Tapi itu bukan benar-benar merupakan lagu favorit saya, yang ingin didengar di stage Boku no Taiyou ini. Ini hanya seperti sebuah lagu yang menyenangkan bahwa saya akhirnya menari bersama dengan para member selama pertunjukan, bukan hanya tangan tetapi tubuh ini juga. Maafkan aku jika aku menyenggol siapapun sementara aku tadi menari lol.

Dreamin' Girls adalah salah satu lagu yang ingin saya lihat secara live sejak pertama kali saya mendengarnya. Berapa kali Anda pernah melihat grup idola bernyanyi Acappella? Sayangnya itu bukan oleh member asli Himawari-gumi, tapi versi bahasa Indonesianya masih menghidupkan harapan saya. Para gadis ini berhasil untuk menariknya tanpa ada memperlihatkan kuncinya. Kerja Bagus Girls.

Member

Tahukah kalian bahwa apa yang akan saya katakan itu ternyata benar?

Rona menakjubkan selama Boku to Juliet Jet coaster. Ketika stage pertama debutnya, banyak orang men-tweet kepada saya tentang bagaimana sempurnanya dia di unit, dan ketika aku melihatnya untuk diriku sendiri Aku hanya bisa mengatakan bahwa mereka memang benar. Dia benar-benar terasa seperti Oshima Yuko muda. Setiap kali saya melihat dia, dia tidak pernah gagal membuat saya takjub, bahkan ketika aku kembali ke teater.

Acha juga bersinar malam itu dan berhasil menarik perhatian saya jauh dari Rona beberapa kali bahkan selama Boku to Juliet Jet Coaster. Setelah semua itu adalah acara ulang tahunnya, dia ingin memberikan semua tenaganya. Rachael dan Della yang menawan selama Himawari, dan meskipun bukan menjadi center, tetapi 2 member untuk unit ini saya pikir mereka telah memunculkan pesona mereka.

Aku menyesal bahwa saya tidak punya banyak hal lain untuk dikatakan tentang sisa member lainnya, tapi aku masih asing dengan sebagian besar member JKT48. Saya pikir untuk perjalanan lainnya ke Theater yang dibutuhkan adalah untuk mengenal lebih banyak para member :D

Keputusan Akhir

Saya selalu menganggap stage Himawari-gumi menjadi stage terbaik yang pernah diproduksi Akimoto Yasushi, dengan keseimbangan yang baik antara lucu, santai, dan lagu sengit, dan saya masih memikirkan itu. Para gadis ini masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk disesuaikan dengan mitra Jepang mereka, tapi stage yang masih baru dan seperti yang saya katakan sebelumnya mereka masih menyesuaikan langkahnya. Waktu selanjutnya aku pergi ke sana adalah sekitar bulan September, penampilan mereka harus jauh lebih baik, dan begitu juga saya ketika datang kepada member JKT48.

source: melosnomichi

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^