Saturday 16 February 2013

JKT48 akhirnya resmi merilis debut album mereka, Heavy Rotation. Peluncuran album ini dilaksanakan hari Jumat (15/2) di Gedung Annex RCTI, Jakarta Barat. Perasaan lega turut mengantar rilisnya album ini. Yap, album ini adalah salah satu bentuk pencapaian lainnya setelah JKT48 berjalan selama lebih dari setahun. Nggak hanya pihak official dan label yang muncul, tetapi para fans juga sudah sangat menantikan kehadiran album perdana JKT48. Akhirnya pencapaian selama setahun lebih sejak JKT48 ada akhirnya terpuaskan dengan kehadiran album perdana JKT48. album perdana JKT48 yang diberi judl Heavy Rotation ini berisikan 10 lagu dengan dua tipe berbeda yakni:

1. Tipe A (warna kuning, Rp. 99.000, bonus DVD, regular hand shake event ticket, special post card, special photo, message card ditulis oleh member JKT48 secara acak) dan,

2. Tipe B (warna putih, Rp. 50.000, bonus special post card dan janken card).


Kenapa untuk keluarnya album perdana JKT48 membutuhkan waktu yang agak lama, Manajemen JKT48 sendiri beralasan kenapa mereka baru release setelah 1 tahun, adalah untuk memperkuat fanbase mereka. “JKT48 ini kan baru setahun, kita pengen memperkuat fanbase di indonesia, dalam satu tahun itu lah yang ditunggu tunggu, kalo 3 bulan atau 6 bulan, itu impactnya belum kuat, kalo sekarang kita udah kuat, saat ini kita bisa full 10 lagu” Kata Ghopta Chandra manajer talent JKT48 saat diwawancarai oleh okezone. CD ini sendiri bisa mulai dibeli mulai tanggal 16 Februari di teater JKT48 Jakarta, kemudian di situs Rakuten dan nadatop.com dan akan tersedia di toko CD mulai tanggal 2 Maret 2013.

Tipe A (CD + DVD) Harga Rp 100.000

CD Tracklist

1. Heavy Rotation

2. Kimi no Koto ga Suki Dakara

3. Ponytail to Shushu

4. Baby! Baby! Baby!

5. Shonichi

6. Wasshoi J

7. Oogoe Diamond

8. Gomen ne, Summer

9. Namida Surprise

10. Hikouki Gumo

DVD Tracklist

1. Heavy Rotation Music Video

2. Memories - Looking Back on The 1st Year

Bonus tipe A

1. 1 foto eksklusif member JKT48 (foto tidak bisa dipilih, ada dalam CD)

2. 1 tiket regular handshake event

3. 1 Post Card JKT48 (kartu pos ini adalah tempat untuk menempel kupon yang sebelumnya ada di CD promo, masukkan ke kotak undian yang ada di teater JKT48 untuk memenangkan kejutan spesial)

4. 1 message card (kartu ucapan dari member JKT48)

Tipe B (CD Only) Harga Rp 50.000

CD Tracklist

1. Heavy Rotation

2. Kimi no Koto ga Suki Dakara

3. Ponytail to Shushu

4. Baby! Baby! Baby!

5. Shonichi

6. Wasshoi J

7. Oogoe Diamond

8. Gomen ne, Summer

9. Namida Surprise

10. Hikouki Gumo

Bonus Tipe B

1. 1 Janken Card (random member)

2. 1 Post Card JKT48 (kartu pos ini adalah tempat untuk menempel kupon yang sebelumnya ada di CD promo, masukkan ke kotak undian yang ada di teater JKT48 untuk memenangkan kejutan spesial)

3. Khusus untuk pembelian CD Tipe B di teater JKT48, teman-teman juga akan mendapatkan bonus 1 tiket individual handshake event

Setelah berita tentang peluncuran album JKT48 keluar akhirnya para fans berbondong-bondong untuk membeli album mereka di situs www.nadatop.com, disitus nadatop mereka menjual sebanyak 15.000 copy album dan ternyata antusias para fans luar biasa dalam waktu sehari album JKT48 sudah terjual sebanyak 14.500an untuk yang tipe B berikut tweet salah satu fans:

@SaidEkek39 : buset…dari 15000 keping di nadatop udah tinggal 500an Ini JKT48 dapet GOLD AWARD cepet nih, cuma 30,000 keping dah berhak koq

Sampai tulisan ini dibuat album yang tersedia di nadatop tersisa sebanyak 512 items. Sementara untuk tipe B masih tersedia sebanyak 13973 items. Well dengan fenomena awal seperti ini nampaknya JKT48 beruntung mempunyai fans yang loyal dan setia, demi untuk berkomitmen memerangi pembajakan yang saat ini sangat marak terjadi di Indonesia para fans membeli album asli mereka. Semua itu dilakukan untuk menghargai hasil karya mereka, suatu hal yang sangat jarang terjadi pada saat ini dimana pembajakan semakin marak dan merajalela.

Saat ini pembajakan sudah sangat marak terjadi di Indonesia, pembajakannya tidak hanya berupa album music, tetapi juga film dsb. Hal ini terjadi karena maraknya penjualan kaset music, dvd, cd bajakan dipinggir jalan yang banyak beredar dan kaset bajakan tersebut dijual secara murah meriah, sehingga masyarakat berpikir “buat apa beli yang mahal-mahal kalo ada yang lebih murah dan isinya sama saja dengan yang asli”, hal inilah yang membuat bajakan tumbuh subur dan membuat toko kaset semakin sepi, hal ini tidak hanya merugikan toko kaset, tetapi juga para pekerja seni khususnya dibidang music yang sangat rugi dikarenakan album penjualan mereka tidak laku dipasaran karena kalah bersaing dengan yang bajakan.

Pembajakan memang susah untuk diberantas, tetapi sebenarnya masih bisa, asalkan kita bisa mengubah mindset bahwa “buat apa beli yang mahal-mahal kalo ada yang lebih murah dan isinya sama saja dengan yang asli”, disini dibutuhkan peran aktif dari masyarakat selain tentunya pemerintah untuk setidaknya mengurangi pembajakan yang terjadi di Indonesia. Dengan membeli barang-barang yang original setidaknya kita bisa menghargai hasil jerih payah orang lain, kalo kita ingin dihargai oleh orang lain, kita harus menghargai orang lain. Kalo seandainya kita mempunyai sebuah karya tetapi karya kita dibajak apakah kita tidak miris dan prihatin kita sudah susah payah untuk membuat sebuah karya tetapi ternyata hasil jerih payah kita tidak dihargai sama sekali sungguh menyakitkan. Dengan membeli yang bajakan yang untung ya si pembajak bukan orang yang punya karya tersebut.

Kembali ke topic awal, dengan fenomena para fans JKT48 yang berbondong-bondong untuk membeli album mereka setidaknya diharapkan menjadi oase ditengah maraknya pembajakan yang terjadi di Indonesia. Mereka (fans JKT48) tidak hanya sekedar membeli album, tetapi juga ada komitmen untuk mulai saat ini membeli album yang original dan menghargai para musisi. Mereka juga secara tidak langsung mengajak dan menghimbau ke masyarakat untuk selalu membeli album music yang original dan menghargai karya para musisi.

Well tetapi itu semua kembali kepada diri kita masing-masing apakah masih suka yang bajakan atau yang asli. Sudah saatnya kita menjadi masyarakat yang cerdas dan bisa menghargai hasil karya para seniman di Indonesia

http://hiburan.kompasiana.com/musik/2013/02/16/peluncuran-album-pertama-jkt48-dan-komitmen-para-fans-untuk-memberantas-pembajakan-534184.html

CC, muhammad abdillah II<<< jempolers JNF


original post: http://www.facebook.com/official.FAN48/posts/249129475222399

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^