Friday 15 February 2013


Videografers musik dan produser acara televisi di Jepang semakin banyak yang memandang rendah peralatan yang besar, kamera video yang mahal dalam mendukung digital single-lens reflex cameras, mengatakan mereka seperti berharga dan pemirsa akan menyukai perbedaan.

Video pop seperti untuk chart-topping girl band AKB48 sekarang secara rutin mengambil gambar dengan DSLR, jenis kamera yang bahkan para peng-hobi mampu menggunakannya, dan produser drama dan film mengikuti cara ini.

SLR unggul dalam membuat gambar dengan kedalaman dangkal lapangan. Hal ini menciptakan subjek taktik-tajam dengan latar belakang artistik kabur, kualitas yang fotografer di seluruh dunia merujuknya sebagai "bokeh."

"Sebuah kamera seharga beberapa ratus ribu yen dapat membuat gambar tak tertandingi bahkan oleh kamera video profesional yang biayanya lebih dari 10 juta yen ($ 107.000)," kata salah satu pengguna.

Toppan Printing Co sutradara video Eiki Takahashi yang telah bekerja dengan kameramen Taku Murakami pada video musik AKB48 sejak grup ini berada di ranking tiga.

Pada bulan Desember 2008, ia menggunakan Canon Inc 's terbaru yang dirilis oleh EOS 5D Mark II untuk menangkap video untuk "Junen Zakura" (10-year cherry blossom).

"Ini memberi nada warna seperti yang terlihat di film-film," kata Takahashi. "Saya pikir ini adalah cara untuk melakukannya"

Pada saat itu, AKB48 adalah hanya sebuah kelompok pendatang baru yang baru naik daun dengan dana sederhana dan terbatasnya akses peralatan. Ini adalah ide Murakami untuk mencoba sesuatu yang tidak lazim.

"Saya terkejut dengan gambarnya. Mereka seperti foto yang hidup," kata Takahashi. "Jadi kami mengambil sisa video dengan menggunakan DSLR."

Sebagaimana nasib AKB yang melonjak, begitu pula kesadaran untuk cara baru ini dalam menghasilkan video.

Para Produser mempergunakan DSLR di Japan Broadcasting Corp. TV drama "Carnation" dan fitur film Hollywood "Black Swan." Laporan dari Swedia mengatakan acara TV live diambil menggunakan Nikon Corp.s' D800.

DSLR pertama yang mampu mengambil video adalah Nikon D90, yang dirilis pada September 2008. Hanya dalam empat tahun, SLR menjadi pekerja keras industri video musik Jepang.

"Produksi anggaran menyusut karena deflasi," kata seorang pejabat senior video rumah produksi Omnibus Japan Inc, mengacu pada masalah ekonomi makro Jepang yang menyusut dalam angka harga dan anggaran.

"Tindakan ini seperti angin berikutnya untuk SLR, yang kita bisa beli untuk ratusan ribu yen," katanya.

Kamera memperoleh kualitas dari sebuah sensor pencitraan relatif besar yang dikembangkan dengan tujuan memperoleh definisi-tinggi pada fotograf. Sensor ini biasanya 11 kali ukuran itu dalam kamera video tingkat konsumen - dan lebih dari dua kali lipat dalam kamera mahal top-end yang dirancang untuk industri film.

Sebuah sensor gambar yang lebih besar memungkinkan videografer untuk fokus pada subjek erat dan meninggalkan sisa gambar tidak fokus. Ini adalah mengapa SLR adalah alat pilihan selama beberapa dekade yang tetap digunakan fotografer.

Produsen bangga dengan apa yang sekarang kamera tawarkan.

"Kami sekarang dapat membuat gambar yang sama tidak kalah dengan kamera video di Hollywood yang senilai puluhan juta yen," kata Atsuo Kasamatsu dari Canon.

Tapi DSLR memiliki beberapa kelemahan untuk videografer.

Kedalaman dangkal lapangan dapat menjadi cacat ketika penembak perlu menunjukkan semua bagian dari gambar dalam fokus sekaligus, persyaratan dari cuplikan berita, misalnya.

Dan kamera pada umumnya perlu menggunakan tripod kokoh karena tubuh cahaya mereka genggam lebih lemah dibandingkan genggaman tradisional bahu-mulut kamera video.

Selain itu, kamera umumnya mampu hanya untuk merekam klip video hingga 29 menit dan 59 detik dalam durasi. Panjang ini adalah masalah yang melumpuhkan bagi para profesional.

Batas ini dilaporkan diadopsi setelah Uni Eropa memutuskan perangkat yang mampu mengambil 30 menit atau lebih lama adalah "video" kamera - dan tarif impor yang berbeda harus diterapkan.

source: http://ajw.asahi.com/article/economy/technology/AJ201302140079


1 comments:

  1. akhirnya gw nemu fanweb 48 yg sekaligus ngebahas hal di belakang panggung :') btw utk yg EOS 5D.. kurang kontras utk ukuran "video TV"

    ReplyDelete

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^