Saturday 13 July 2013


Industri entertainment Asia, bisa dibilang tak lepas dari campur tangan Korea dan Jepang. Selain budaya Hallyu K-Pop yang sangat mendunia, kamu tak boleh melupakan budaya Jepang. Bahkan jauh sebelum K-Pop populer di Indonesia, remaja Indonesia sudah menjadi penggila J-Pop sampai saat ini.
Salah satu yang begitu diterima baik di Indonesia soal budaya Jepang adalah musiknya terutama idol grup perempuan. Membicarakan idol grup perempuan Jepang, pasti tak akan lepas dari nama besar AKB48 yang kebetulan memiliki sister grup di Indonesia yakni JKT48.

Dengan semakin populernya JKT48, semakin banyak istilah Jepang yang kamu dengar. Namun tak semua orang memahaminya. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Kenali Dulu Otaku


Istilah Otaku berasal dari kebudayaan hiburan Jepang. istilah yang menggambarkan seseorang yang anti sosial dan tidak pernah keluar rumah karena hanya fokus pada hobinya. Karena itu Otaku sering dianggap negatif. Walaupun pada umumnya Otaku mengarah para penggemar anime dan manga, tetapi setiap orang bisa menjadi seorang otaku tergantung dari hobi/minat.

2. Jenis-Jenis Otaku

Otaku rupanya memiliki banyak sekali macamnya tergantung hobi yang digeluti. Beberapa yang terkenal seperti mereka yang menyukai berbagai hal soal manga bernama Manga Otaku. Lalu ada Seiyuu Otaku (otaku yang menggemari pengisi suara tokoh anime), dan Wota (otaku yang menyukai idol Jpop (penyanyi, aktris, aktor drama atau model majalah).

3. Lalu Apa Itu Wota?

Wota (dilafalkan sebagai Ota, sebagaimana pada Otaku; huruf "w" tidak disebut) adalah sebuah istilah yang merujuk kepada fans dari Jpop idol, yang terkadang melakukan semacam tarian khusus pemberi semangat, yang dikenal sebagai Wotagei. (yang secara harafiah berarti, "pertunjukkan ota").

Wota bisa disebut juga sebagai sekelompok orang yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti perkembangan idola mereka. Mereka yang menyebut dirinya sebagai Wota berarti memiliki obsesi yang lebih tinggi dari fans sampai tak ragu mengorbankan imej, uang, dan waktu untuk hobinya demi sang idola. Karena hal itu membuat orang normal menganggap Wota sebagai sosok yang gila/aneh. Jadi, apakah kamu seorang Wota?

4. Wota Itu Negatif?

Wota adalah panggilan untuk fans idol grup di Jepang (bukan hanya 48 Family). Beberapa tindakan Wota yang ekstrim membuat mereka begitu peduli pada sang idola. Bahkan saking cintanya pada idola, ada Wota di Jepang yang sampai bunuh diri saat sang idola berpacaran atau menikah. Tindakan ekstrim semacam itu yang membuat banyak orang menganggap Wota adalah sesuatu yang negatif karena terlalu obsesif.

5. Fans JKT48 Bukan Wota?

Meski menjadi sister grup AKB48, JKT48 rupanya enggan menyebut fans mereka dengan nama Wota karena JKT48 adalah idol grup Indonesia yang memakai budaya Indonesia. Bahkan para fans JKT48 juga tak setuju jika Wota diartikan sebagai tingkatan fans yang lebih tinggi.

Jadi kesimpulannya, entah kamu baru atau lama menyukai JKT48, entah obsesif atau biasa saja, nama para penggemar JKT48 disebut dengan Fans JKT48. Meski demikian ada juga yang beralasan karena penulisan/penyebutan Fans JKT48 terlalu panjang, maka mereka memakai istilah Wota yang hanya dianggap sebagai sebutan saja bukan artian sebenarnya seperti di Jepang.

6. Tindakan Fanatisme Lain

Sekedar informasi, ada banyak sekali tindakan yang kerap kali dilakukan seorang Wota. Seperti sorakan/gerakan khas fans idol grup saat pertunjukkan sang idola itu disebut dengan Wotagei. Ada juga salah satu unsur dari Wotagei yakni Mix yang kerap kali diartikan sebagai bentuk sorakan khas. Sering juga para Wota ini memiliki Oshimen (member grup yang paling diidolakan), tapi tak jarang mereka mengalami Oshihen (seorang Wota yang merubah Oshimen).

7. Regulasi di Idol Grup 48 Family

Membicarakan soal Wota tak lepas dari idol grup di Jepang. Dan membicarakan soal idol grup Jepang tak bisa menghindari AKB48. Menjadi idol grup paling populer di dunia, AKB48 memiliki banyak sekali istilah. Sebut saja Senbatsu (member paling populer yang sering tampil di PV atau media lainnya), lalu ada Senbatsu Seousenkyo (pemilihan Senbatsu) sampai Janken Senbatsu (penentuan Senbatsu menggunakan suit Jepang). Apakah kondisi ini juga berlaku untuk JKT48?

8. Popularitas Member 48 Family

Banyaknya member yang ada di idol grup 48 Family membuat ada member yang populer dan tidak. Mereka yang popularitasnya di bawah Senbatsu mendapat julukan Undergirls. Ada juga Kami7 (Kami dalam bahasa jepang berarti Dewa) yang berarti 7 member dengan tingkat popularitas tak pernah tergoyahkan selama bergabung di AKB48. Sampai Kenkyuusei yang bisa diartikan sebagai tim cadangan. Lantas siapa menurutmu Kami7 dalam JKT48?

source: kapanlagi
with edited! :v

For More Info, Read Also: 
12 Type Otaku di Jepang: http://j-cul.com/12-type-otaku-di-jepang/
Wota: http://gothicmarshmallon.page.tl/Wota.htm

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^