Thursday 28 February 2013


Interaksi antar sesama member idol group JKT48 di jejaring media sosial ternyata bisa dipantau oleh para fans mereka. Salah seorang programmer yang juga fans JKT48 bernama Achmad Baihaqi membuat aplikasi web yang memudahkan fans memantau perkembangan popularitas member JKT48 di jejaring twitter. Melalui halaman web achmadbaihaqi.koding.com, ia menampilkan informasi ter-update tentang perkembangan follower dari tiap member JKT48.


Tidak hanya itu, halaman ini juga menampilkan pola hubungan antar sesama member di sosial media alam bentuk diagram interaktif. Yang menarik, melalui diagram korelasi antar member ini ternyata kita dapat melacak siapakah member yang paling sering dan paling jarang dimention oleh member lainnya. Kita juga dapat memantau jumlah member lain yang pernah me-mention seorang member. Dari data ini, bisa dilacak keakraban interaksi antar sesama member di JKT48.


Dalam diagram korelasi antar member JKT48 ini, terlihat nama setiap member dikelilingi lingkaran dengan ukuran yang berbeda-beda. Semakin besar lingkaran yang mengelilingi nama member, berarti semakin banyak mention yang masuk dari member lainnya. Selain itu, jika lingkaran tersebut disorot dengan kursor, akan terlihat jumlah member lain yang pernah me-mention si member tersebut. Jumlah member yang melakukan mention ini memunjukkan seberapa populer sang member dimata member lainnya

Berdasarkan diagram korelasi antara 52 orang member Generasi 1 dan 2, ternyata Hanna dan Natalia (Generasi 2) menjadi member yang paling sering dimention oleh member lainnya, baik generasi 1 maupun 2. Hal ini terlihat dari besar lingkaran di nama keduanya yang memiliki ukuran paling besar dalam diagram tersebut. Sedangkan di generasi 1 (tim J), dari ukuran lingkarannya, Haruka dan Jeje menjadi member yang paling sering dimention baik oleh member generasi 1 dan 2. Meskipun ukuran lingkaran keduanya kalah jauh dari Hanna dan Natalia, jumlah member yang me-mention Jeje (42 member) dan Haruka (40 member) paling banyak dibanding member lainnya.


Trus, siapa ya yang paling jarang dimention member lain? Diagram ini menunjukkan Melody adalah yang paling kecil lingkarannya, kemudian disusul oleh Diasta. Meskipun dari segi jumlah follower adalah yang tertinggi kedua setelah Nabilah, jumlah member yang memention Melody ternyata adalah yang paling sedikit, dengan hanya 6 member. Hal ini kemungkinan karena Melody termasuk member yang paling sedikit ngetwit dibanding member lainnya, sehingga jarang berinteraksi dengan member lain.

Selain diagram gabungan generasi 1 dan 2, kita juga bisa melihat interaksi antar member dari generasi yang sama. Untuk generasi 1 (Tim J) bisa di cek di sini (link:http://goo.gl/ahNFN) dan untuk generasi 2 (Trainee) bisa dicek di sini (link: http://goo.gl/bMHYt).

source: langitberita
original post: FAN48

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^