Saturday 22 June 2013


Pada tahun 2011, dunia pertama kali dibuat kebingungan dan kemudian menjadi terpesona oleh video musik keluaran BABYMETAL "Doki Doki☆Morning".

Bukan musik yang metal, bukan juga musik idol, video dari tiga gadis jepang ‘dangerous kawaii’ yang masih SMP bernyanyi dan menarikan musik heavy metal itu begitu sulit bagi beberapa orang untuk memahaminya. Apakah mereka nyata? Apakah tidak apa-apa bagi kita menyukai mereka? Dan kenapa kita tidak bisa berhenti mendengarkan lagu ini?

Dua tahun kemudian, grup ini telah membuktikan diri mereka untuk bisa menjadi apa pun dan bukan lagi menjadi bahan lelucon, dengan para gerombolan penggemar di Jepang dan luar negeri. Hari rabu ini (19 Juni), mereka merilis single major-label kedua mereka, yang berjudul "Megitsune," jadi kami duduk dengan grup ini untuk sebuah wawancara eksklusif untuk mempelajari lebih banyak tentang mereka.

  •     Siapakah BABYMETAL itu?
BABYMETAL utamanya terdiri dari tiga gadis muda yang bernyanyi, menari, dan berteriak dengan dukungan dari live band yang sangat berbakat. SU-METAL, vokalis utama, berusia 15 tahun, sementara YUIMETAL dan MOA-METAL, backing singer / Screamers / dancers, baru berusia 13 tahun. Dalam penampilan konser, SU-METAL, beberapa inci lebih tinggi dari yang lain, mengambil posisi di tengah, dengan YUIMETAL dan MOA-METAL mengapit di kedua sisinya.

(Catatan: Pada hari wawancara, MOA-METAL, sayangnya, tidak dapat bergabung dengan kami karena acara sekolah. Mudah-mudahan kita akan mendapatkan kesempatan untuk mendengar dari dia di kesempatan selanjutnya.!)
  •     Apakah BABYMETAL itu?
BABYMETAL dibentuk oleh KOBAMETAL, seorang produser di Amuse, Inc. Ketertarikannnya yang kuat untuk menggabungkan antara heavy metal dan musik idol memunculkan ide untuk membentuk BABYMETAL. "Di Amuse, kami memiliki grup yang disebut Perfume dan aku benar-benar menyukai mereka. Tapi aku pikir, jika aku akan membuat sebuah grup, aku ingin membuat grup seperti apa yah? Aku benar-benar menyukai musik metal, jadi saya pikir saya akan mencoba menggabungkan musik metal dan musik idol."

Musik Idol, bagi mereka yang mungkin tidak akrab dengan istilah itu, adalah genre musik pop Jepang dengan fokus yang kuat pada gambaran yang manis dan imut, lagu yang sangat catchy dan imut. Dalam dunia musik Jepang, Amuse adalah salah satu label terbesar dan paling berpengaruh. Namun, sulit untuk menyatukan dua genre yang berbeda ini. Namun, seperti KOBAMETAL katakan kepada kami, "Ketika kita benar-benar mencobanya, ternyata lebih baik dari yang saya bayangkan!"


▼ Lihatlah single pertama BABYMETAL ini "Doki Doki Morning"

  •     Apa yang menjadi inspirasi untuk menciptakan sesuatu yang begitu berbeda?
"[Aku berharap] untuk mendorong kalian mendapatkan perasaan aneh yang membuat anda mempertanyakan 'apaan ini?'" jelas KOBAMETAL, kemudian dilanjutkan dengan memberikan contoh yang konkret, "Seperti film Kill Bill. Saya pikir Tarantino mungkin benar-benar menyukai Jepang, dan dia bekerja keras untuk mereproduksi itu di dalam film, tapi itu hanya sebagian kecilnya, kan? Namun tetap, film ini memiliki banyak sisi keasliannya." Untuk KOBAMETAL, di situlah letak hiburannya. "[Jika] kita melakukan ini cuma sekedar dengan musik metal - lalu menyuruh para gadis untuk melakukan screaming - itu mungkin tidaklah menarik!"

Sebuah kata frase yang banyak muncul ketika berbicara dengan kru BABYMETAL adalah "Cuma
Satu-satunya," yang artinya adalah untuk membangkitkan statusnya relatif unik mereka di dunia musik. Walaupun ada banyak band-band metal dan grup idola untuk dipilh, tapi cuma hanya ada satu BABYMETAL dengan citra "dangerous kawaii" mereka.

▼ SU-METAL


Meskipun begitu, KOBAMETAL menekankan bahwa "Musik Metal, sebagai sebuah genre, benar-benar terbuka lebar. Dalam musik metal ada banyak variasi, dan bahwa berbagai rasa inilah yang membuat gambaran metal menjadi benar-benar menarik, pikirku."

Sekalipun itu bukan dimaksudkan untuk mengabaikan dunia idol. Seperti yang ditekankan oleh Sean McPhillips, Vice President Senior Amerika Utara di Tokyo untuk Dream Link Entertainment (lebih dikenal dengan DLE) dan mantan eksekutif Mirimax Film, ketika berbicara dengan kami tentang band, "Di Jepang, pada saat ini, para idol mencoba melakukan tindakan baru lebih banyak dari sebelumnya, dan pandangan ini berubah menjadi salah satu tempat yang paling menarik untuk dunia hiburan- dimana konsep, penampilan, seni, dan perdagangan semuanya di gabungkan." Sean mengatakan kepada kita bahwa dia sangat tertarik melihat perkembangan grup yang sedang berjalan sekarang, baik secara musikalitas maupun sebaliknya.

Sejauh ini, BABYMETAL telah merilis empat single-dua single adalah "indie" dan dua di label major, Toy Factory. Seperti banyaknya grup idol, BABYMETAL masih belum merilis album penuh. Faktanya, hal ini adalah umum bagi musisi Jepang untuk hanya merilis single pada saat mereka sedang berkembang dan kemudian dalam perjalanan karir mereka mengeluarkan album penuh.

Video musik BABYMETAL ini, seperti anti-intimidasi "ijime, Dame, Zettai," telah mengumpulkan banyak perhatian baik secara domestik maupun internasional.

▼ "ijime, Dame, Zettai"


  •  Jadi, apa yang para gadis ini pikirkan mengenai semua ketenaran di kalangan internasional?
"Yah, aku benar-benar tidak bisa berbicara bahasa selain bahasa jepang," kata SU-METAL tertawa. "Jadi saya tidak benar-benar tahu apa yang orang-orang tulis di komentar YouTube pada awalnya. Tapi mendapatkan komentar dari semua negara yang berbeda ... Aku benar-benar terkejut! Dan aku bahkan belum pernah ke luar negeri! "

Pada tahun 2011, grup ini memainkan pertunjukkan pertama mereka di acara internasional: sebuah konvensi di Singapura. YUIMETAL, seperti halnya SU-METAL, benar-benar terkejut dan senang dengan kehadiran banyak orang. "Orang-orang datang dari negara-tempat lain seperti Hong Kong dan Malaysia-ke Singapura, jadi saya berharap kami akan bisa pergi ke negara asal mereka untuk tampil dan mengucapkan terima kasih!"

▼ YUIMETAL


Ini mungkin mengejutkan banyak orang yang melihat betapa terkenalnya grup ini di kalangan internasional, terutama di Amerika Serikat, rumah konsentrasi terbesar mereka dari fans internasional. Setelah semuanya ini, untuk waktu yang lama, asumsi populer adalah bahwa para artis yang menggunakan bahasa lain selain bahasa Inggris tidak bisa datang di Amerika Serikat. Keberhasilan artis Korea Psy, jelas, menunjukkan betapa salahnya asumsi ini dan mengisyaratkan potensi pasar yang besar untuk BABYMETAL.

Tidak hanya ada banyaknya fans internasional, tetapi beberapa dari mereka juga begitu terpikat dengan grup ini sehingga mereka kemudian melakukan rekaman video dengan versi mereka sendiri, dengan sudah lebih dari 70 kontribusi unik yang ada di YouTube!

▼ Berikut ini adalah salah satu fans yang merekam "Doki Doki Metal"



  •     Apa yang para gadis ini pikirkan tentang video fans mereka?
"Pada video 'Doki Doki ☆ Morning', ada banyak bagian di mana kita tidak menari," SU-METAL menjelaskan, "Itu hanya, kau tahu, cuma wajah kami. Tapi para fans memikirkan gerakan dan tarian untuk bagian-bagian mereka sendiri, dan mereka membuatkan banyak pakaian, juga. Jadi, meskipun itu lagu yang sama, setiap orangnya adalah berbeda! Dan itulah yang menjadi tujuan dari BABYMETAL yaitu untuk menjadi: 'Cuma satu-satunya." Itu benar-benar menyenangkan dan menarik!"

Namun tetaplah, hal ini mengejutkan bisa memiliki begitu banyak fans internasional. SU-METAL menjelaskan bagaimana pada awalnya ia tidak bisa percaya bahwa orang di luar Jepang benar-benar mau mengikuti mereka. "Di Singapura, ketika kita benar-benar bertemu dengan para penggemar asing dan berbicara dengan mereka, itu seperti 'Wow! Mereka benar-benar ada!'" Katanya sambil tersenyum.

▼ MOA METAL

  •     Jadi, apakah mereka menyukai musik heavy metal?
"Pada awalnya saya pikir [ini] agak menakutkan. Mereka tampak seperti hantu dengan cat wajah putih mereka, dan jeritan mereka ..." YUIMETAL mengakuinya, tapi kini ia meyakinkan kita bahwa sekarang ini ceritanya sudah berbeda. "Ini menyenangkan dan saya melihat mengapa orang dapat begitu menikmati ini! Aku masih tidak sepenuhnya memahami hal itu, tapi aku tertarik."

SU-METAL menambahkan, "Aku bahkan tidak tahu kata-kata bagian awalnya, sehingga ketika mereka memainkan musik 'Doki Doki☆Morning' Aku cuma berpendapat seperti, 'Apa sih ini?'" meskipun pada akhirnya dia sungguh-sungguh terbiasa atas musik itu, dan para fans-nya telah menyediakan para gadis ini dengan banyak musik untuk membantu mendidik mereka. "Jumlah CD yang kita dapatkan dari para fans selalu meningkat. Jadi, kalian tahu, meskipun saya tidak bisa menjelaskan makna lagu atau segalanya... tapi aku sudah mendengarkan banyak dari mereka," ia mengangguk dengan antusias.

  •     Tanda Rubah
Dengan kesempatan manggung di acara Summer Sonic dan pembukaan panggung internasional, ini merupakan waktu yang menarik bagi BABYMETAL. Para gadis itu sendiri mungkin masih belum cukup menjadi penggemar heavy metal tapi kesalahpahaman kecil dan perpaduan unik dari genre itulah yang membuat band ini begitu menarik.

"Kita pasti ingin pergi ke luar negeri, untuk bertemu para fans dan menyebarkan BABYMETAL lebih jauh," kata YUIMETAL. "Kalian tahu bagaimana perasaan anda saat melambaikan tangan anda pada waktu mengucapkan selamat tinggal? Sebaliknya, Kami menginginkan mendapatkan tanda kitsune sebagai gantinya dari sebagian besar orang yang menggunakannya!!"

Tanda kitsune, bagi kalian yang bertanya-tanya, apakah para gadis ini 'menggunakan tanda heavy metal "tanduk setan." Selama sesi pemotretan, mereka mengira itu adalah tanda tanduk untuk lambang rubah ("kitsune") dan mereka akhirnya memutuskan untuk tetap menggunakannya. Sementara SU-METAL mengatakan, ketika ditanya apa yang membuat BABYMETAL begitu menonjol, "Meskipun kami tidak selalu 'melakukan kegiatan yang' metal, kami berusaha melakukan yang terbaik. Banyak hal datang dari kesalahan kami!" Ini bahkan membuatnya lebih pas bahwa grup tersebut telah mengadopsi kitsune sebagai maskot mereka secara de fakto.

▼ BABYMETAL menunjukkan tanda kitsune


Dalam legenda Jepang, rubah dilambangkan sebagai penipu dan bentuk sesosok pencuri; metafora yang sangat baik untuk fluiditas grup musik ini. Hal ini juga menunjukkan seberapa baik grup ini telah memasukkan aspek ikonografi dan budaya tradisional Jepang dengan musik kontemporer.

Ini jenis yang berkembang, di samping melodi yang catchy, riff yang head banging, dan menyanyikan pada bagian chorus secara bersama-sama, benar-benar menambahkan citra BABYMETAL secara keseluruhan. Vice Presiden Sean menjelaskan visinya untuk band ini, menggambarkan bagaimana ia merasakan kemampuan mereka untuk membebaskan genre sehingga menghasilkan sesuatu yang baru dan menarik. "BABYMETAL memiliki kualitas untuk menjangkau melampaui para penonton utama yang merupakan para otaku dan pada waktu yang tepat bagi mereka untuk membuat itu menjadi lebih dari sekedar dampak internasional. Mereka memiliki konsep yang fantastis yang menggunakan penjajaran untuk mencapai tujuannya. Keras dan lembut. Heavy metal (dan banyak genre musik lainnya) yang dikaitkan dengan melodi J-pop. Kejahatan dan kepolosan. Bagi saya pribadi, itu membangkitkan nuansa genre dalam animasi Jepang yang disukai oleh saya dan banyak orang lainnya, dimana para gadis ini dengan menggunakan tenaga dari kekuatan kegelapan untuk memerintah kankemenangan."

Para gadis menyambut pernyataan dari Sean ini. Untuk SU-METAL, "Ketika saya tampil di grup idol, rasanya seperti itu semacam diri saya yang sebenarnya, tapi dengan BABYMETAL, itu seperti aku berubah! Jadi seperti disini terdapat dunia yang lain - disini juga terdapat hal yang lain bagi saya. "

YUIMETAL juga merasa bahwa musik memungkinkan sisi lain kepribadiannya untuk timbul, dengan
mengatakan, "Saya melakukan hal-hal di dunia idol juga seperti biasa. [...] Tapi dengan BABYMETAL, rasanya seolah-olah disini ada 'YUIMETAL' yang keluar dari dalam diri saya. "

  •     "Megitsune"


Single terbaru ini dirilis pada hari Rabu, 19 Juni dengan video yang sudah dapat dinikmati secara online untuk para penggemar dan pendatang baru yang ingin mencari tahu, karena telah telah dilihat ratusan ribu kali. Judul lagu "Megitsune" secara harfiah berarti "perempuan rubah," tetapi memiliki arti lain juga dalam budaya populer: seorang wanita licik, yang digambarkan baik sebagai roh rubah betina yang memiliki sifat pendendam dan pembantu yang sering muncul dalam teater tradisional Noh Jepang. Megitsune dapat terlihat menipu prajurit angkuh atau melindungi orang yang mereka pedulikan (atau berhutang budi). Citra amorf ini sesuai untuk grup ini secara indah saat mereka menjalani garis di antara musik metal yang marah dan musik idol yang lucu.


"Di Jepang, kami memiliki kata ini 'wayou secchu,' yang pada dasarnya berarti campuran sesuatu jenis dari Jepang dan jenis Barat," kata KOBAMETAL kepada kami. "Lagu ini benar-benar campuran dari segala sesuatu yang telah kita lakukan sejauh ini, ini memiliki catchiness dari 'Doki Doki☆Morning' dan juga memiliki semacam kesulitan, vokal yang galak dari 'ijime, Dame, Zettai.'" Pada saat yang bersamaan, jelasnya, ada banyak unsur Jepang yang berperan di sini: melodi tradisional "Sakura" yang ditenun menjadi breakdown, dan di dalam video ini para gadis ini mengenakan masker rubah Noh dan menari dengan melakukan tarian kipas klasik Jepang.

Kita tidak bisa menunggu untuk melihat apa yang grup ini hasilkan di toko untuk kita berikutnya! Pasti ada banyak ruang untuk cerita yang lebih menyenangkan dan unik!

source: rocketnews24

7 comments:

  1. keren tuh babymetal, gk kalah ma ig 48family.. kunbal di diatrian.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. baru kenal sama BABYMETAL belum 1 minggu, tapi mereka bener-bener bisa bikin aku speachless, aku langsung jatuh cinta sama lagu mereka 'MEGITSUNE' sering kuputar lagu itu di laptopku...

    apalgi wajah mereka yang memang kawaii, jadi ngga bosen liat mv mereka...
    ganbatte buat BABYMETAL.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama , belom seminggu udah jatuh cinta sama BABYMETAL . lagunya keren" :)

      Delete
  4. Kak, nama fans dari baby metal apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai sekarang belum pernah denger kalo fans babymetal punya nama fans khusus. :)

      fans babymetal aja kayak nama fans jpop idol grup pada umumnya. :)

      Delete

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^