Monday 16 September 2013


Hampir setiap hari ratusan remaja yang didominasi kaum adam memadati sebuah teater di fX Sudirman F4. Mereka antre hanya untuk melihat sang idola tampil. Sang idola itu ialah JKT48.

Baru terbentuk sejak Desember 2011, nama JKT48 sudah menggema dimana-mana. Tak hanya tampil di layar kaca atau panggung-panggung acara musik saja, JKT48 juga tampil secara rutin di tempat kebanggaan mereka, JKT48 Theater.

Grup yang memiliki 49 anggota ini sepertinya telah berhasil membuat komunitas musik tersendiri yang solid, ditambah dukungan para penggemar setia yang menamai diri mereka sebagai Fans JKT48.

Sebuah fenomena baru yang menarik untuk dikulik!



Tim J dan Tim KIII JKT48



JKT48 memiliki 49 anggota yang terbagi menjadi 23 anggota Tim J, 17 anggota Tim KIII dan 9 siswi pelatihan (generasi kedua). Tim J diketuai oleh Devi Kinal Putri sementara Tim KIII diketuai oleh Shinta Naomi.

Di Tim J terdapat anggota AKB48 yang ditransfer untuk meramaikan JKT48. Mereka adalah Aki Takajo dan Haruka Nakagawa, anggota Tim A AKB48. Sementara itu, ada anggota JKT48, Rena Nozawa, yang menjalani posisi ganda yakni di Tim J dan Tim K AKB48.

Sebelum terbentuk menjadi Tim, mereka menjalani pelatihan terlebih dahulu. Generasi pertama (Tim J) menjalani pelatihan sejak 17 Mei hingga 13 Desember 2012 dengan membawakan setlist (daftar lagu) Pajama Drive di JKT48 Theater.

Generasi kedua (Tim KIII) terbentuk pada bulan November 2012, namun baru diresmikan menjadi sebuah Tim pada bulan Juni 2013. Sebelum terbentuk menjadi Tim, mereka menjalani pelatihan sejak 11 Januari hingga 12 Mei 2013 membawakan setlist Pajama Drive dan setlist Boku no Taiyou (Matahari Milikku) sejak 17 Mei hingga 25 Juni 2013.

Pemilihan nama Tim disesuaikan dengan nama idol group itu sendiri. Contohnya untuk AKB48 yang memiliki tiga Tim yaitu Tim A, Tim K dan Tim B. Untuk Tim kedua di JKT48 diberi nama Tim KIII karena senada dengan nama Tim di AKB48 dan SKE48.


JKT48 Punya Golden Rules



Sebagai idola remaja saat ini, JKT48 memiliki beberapa peraturan yang diterapkan oleh manajemen. Peraturan ini dinamakan Golden Rules. Golden Rules tak hanya berlaku bagi JKT48 saja, melainkan untuk semua keluarga 48. Apa saja peraturannya?

1. Dilarang pergi ke diskotek
2. Dilarang tanda tangan di sembarang tempat (kecuali untuk merchandise yang akan di jual)
3. Tidak boleh mabuk-mabukan dan merokok
4. Tidak boleh pacaran
5. Pergi ke tempat wisata harus ditemani pengawas
6. Sekolah atau Pendidikan yang utama
7. Tidak boleh memakai pakaian yang mencolok (yang ini tergantung zaman) dan make-up yang tebal.



Loyalitas Fans JKT48


Tak lengkap rasanya jika mengulik tentang JKT48 tanpa membahas para penggemarnya. Fans JKT48 didominasi oleh kaum adam. Mereka setia mendukung sang idola baik saat di teater maupun di setiap acara yang didatangi oleh JKT48.

Keberadaan mereka akan ditandai dengan teriakan-teriakan penyemangat (chant) seperti Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya jya sambil mengayunkan lightstick ke udara.

Fans JKT48 memiliki loyalitas yang cukup tinggi. Itu diakui pula oleh JKT48.Kecintaannya terhadap JKT48 membuat mereka rela mengantre (masuk daftar waiting list) untuk mendapat tiket nonton pertunjukkan di JKT48 Theater. Padahal, mereka sudah sering menontonnya.

Tak hanya itu, mereka paling anti membeli barang-barang bajakan yang dikeluarkan JKT48, seperti CD, kartu, foto, buku dan berbagai aksesoris JKT48 lainnya.

Namun, beberapa dari mereka juga memiliki kecemburuan yang cukup tinggi apalagi ketika melihat Fans JKT48 lainnya yang pamer foto bersama anggota JKT48. Contohnya seperti yang dialami oleh stand up comedian Kemal Palevi. Saat itu, Kemal mengunggah foto dirinya bersama para personel JKT48 di Twitter. Sesaat kemudian, hujatan datang dari mereka yang mengaku sebagai Fans JKT48.


source: 12 | 3 | 4

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^