Sunday 9 June 2013



Idol group AKB48 baru saja merilis single ke-31 mereka, Sayonara Crawl yang rilis pada 22 Mei 2013 silam. Hingga kini, single tersebut sudah mencapai 1.872.000 kopi dengan penjualan sebanyak 1.763.000 kopi pada pekan pertama, ditambah 109 ribu kopi pada pekan kedua, seperti diwartakan Tokyo Hive (7 Juni 2013).

Total penjualan single Sayonara Crawl mengalahkan rekor yang dipegang oleh grup vokal wanita SPEED. Sebelumnya, SPEED berhasil menjual single White Love yang rilis pada Oktober 1997 sebanyak 1.845.000 kopi. Ini artinya, AKB48 telah memecahkan rekor yang telah dipegang SPEED selama 15 tahun.

Sebelumnya, total penjualan single AKB48 terbanyak dipegang oleh single ke-26 mereka, Manatsu no Sounds good! dengan angka 1.822.000 kopi. Penjualan ini juga pecah oleh Sayonara Crawl yang juga menjadi rekor tersendiri di kalangan artis wanita dan pria sekaligus.

Sayonara Crawl yang dirilis pada 22 Mei lalu tersebut, sukses meledakkan pasar musik Jepang di awal perilisan. Pada hari pertama, single tersebut telah diserbu oleh fans hingga mencapai lebih dari 1.450.000 kopi.

AKB48 telah menyapu 6 kategori single untuk grup perempuan, yang termasuk "total jumlah single teratas terbanyak dalam chart", "jumlah single teratas dalam chart secara berturut-turut", "total jumlah penjualan single terbanyak dalam jutaan", "jumlah penjualan single terbanyak dalam jutaan secara berturtu-turut","total jumlah penjualan untuk semua single", dan "jumlah penjualan untuk minggu pertama. "

Dan dengan single terbaru mereka, mereka menambahkan satu kategori lagi untuk status mereka, yaitu kategori "himpunan penjualan terbanyak untuk sebuah single".

source: tokyohive

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, to prove that this blog is useful. if you not mind please do so. i will be very happy. let's cheers our idol girls! :)

Please, put your name in the Open ID, so that I could greet you back. I do not appreciate Anonymous. :)

join our facebook and twitter too! ^_^